Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo merupakan perkebunan teh yang telah dibuka sejak tahun 1990. Perkebunan teh ini terletak di perbukitan menoreh yaitu di Dusun Nglinggo Timur, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Gambar. Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo (Foto: Siswa Team)

Komplek perkebunan teh Nglinggo terletak di dataran tinggi yaitu sekitar 800 meter di atas permukaan laut (dpl). Area tanam kebun teh ini memiliki luas sekitar 72 hektar dengan rincian 57 hektar merupakan kebun teh yang produktif dan 15 hektar merupakan kebun yang kurang produktif (Baca juga: Air Terjun Siluwok).

Wilayah kebun teh Samigaluh ini mayoritas 98% dimiliki oleh masyarakat setempat sedangkan 2% sisanya dimiliki oleh PT. Pagilaran. Meski kebun teh ini sudah ada sejak tahun 1990, akan tetapi baru terkenal sebagai objek wisata sekitar tahun 2015 dimana pengunjungnya rata-rata terdiri dari kaum muda.

Pemandangan dari atas pegunungan bukit menoreh

Gambar. Pemandangan dari atas pegunungan bukit menoreh (Foto: Siswa Team)

Pada mulanya, dibukanya wisata kebun teh Nglinggo ini berdasarkan usulan para penggemar otomotif mobil jip yang melihat adanya potensi wisata alam yang masih bisa dikembangkan lebih jauh. Para driver Jip sering melakukan jelajah medan di tempat ini. Kebetulan masyarakat setempat banyak juga yang ikut ke dalam komunitas ini sehingga terjadilah komunikasi serius untuk mengembangkan potensi wisata alam perbukitan teh Nglinggo. Untuk pengelolaannya, masyarakat setempat kemudian membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pagerharjo (Baca juga: Grojogan Sidoharjo).

Perkebunan teh milik warga

Gambar. Perkebunan teh milik warga (Foto: Siswa Team)

Selain perkebunan teh, di sekitar lokasi ini juga terdapat hutan pinus dan perkebunan warga. Wisata disini masih sangat alami. Adapun satwa liar yang ada antara lain babi hutan dan beberapa jenis burung kecil. Menurut salah satu warga setempat, dulu saat pembukaan lahan pertama kali yaitu sekitar tahun 1990-an pernah ditemukan dua ekor harimau jawa yang mati akibat keracunan obat yang digunakan warga untuk melindungi tanaman dari serangan hama. Namun semenjak kejadian ini, obat-obatan yang sekiranya beracun untuk satwa liar tidak digunakan lagi.

Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dilihat dari Kebun Teh Kulon Progo

Gambar. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dilihat dari Kebun Teh Kulon Progo (Foto: Siswa Team)

Fasilitas yang ada di Kebun Teh Nglinggo antara lain mushola, toilet, tempat parkir dan warung makanan-minuman ringan. Selain itu, di lokasi ini juga bisa dilakukan kegiatan petualangan dan perkemahan. Untuk peta lokasi perkebunan teh Nglinggo dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan