Harga Tiket dan Rute Lokasi Air Terjun Kembang Soka Yogyakarta

  • Whatsapp
Titik pertemuan dua aliran sungai di lokasi wisata air terjun kembang soka
Gambar. Titik pertemuan dua aliran sungai di lokasi wisata air terjun kembang soka (Foto: Siswa Team)

Air terjun kembang soka atau curug kembang soka merupakan objek wisata air terjun yang terdapat di daerah Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Air terjun ini memiliki beberapa sumber mata air yang selalu memiliki debit air yang cukup besar. Selain itu, ada keunikan tersendiri di wisata air terjun ini yaitu terdapat berbabagai jenis air terjun antara lain air terjun tunggal, kembar, berundak-undak dan bertingkat.

Air terjun kembang soka

Pada awalnya, air terjun ini hanyalah air yang mengalir seperti layaknya sungai biasa. Namun potensi ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai objek wisata yang bertema alam dan pedesaan.

Baca juga: Puncak Suroloyo Jogjakarta

Posisi air terjun ini terdapat tidak jauh dari jalan raya. Akan tetapi kita harus berjalan setapak, turun ke bawah melewati perkampungan dan perkebunan yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Air terjun berundak
Gambar. Air terjun berundak (Foto: Siswa Team)

Fasilitas di lokasi wisata air terjun kembang soka cukup baik diantara tempat parkir, toilet, loket masuk, warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman ringan.

Disini terdapat perkebunan yang ditumbuhi aneka pepohonan seperti kakao, coklat, pisang, bambu, tumbuhan air, kelapa dan sebagainya.

Artikel terkait: Desa wisata Kalibiru Kulon Progo

Sumber air di air terjun kembang soka diantaranya dua mata air yaitu mata air kembang soka dan mata air jaran. Mata air kembang soka bisa dilihat pada celah bebatuan di atas tanah.

Air akan terlihat merembes keluar dari dalam tanah sedangkan mata air jaran memancar sangat deras, kita bisa melihatnya pada pancaran yang disambung dengan pipa yang terbuat dari bambu.

Kita bisa melihat dua mata air tersebut di bawah ini.

Mata air
Gambar. Mata air kembang soka dan mata air jaran (Foto: Siswa Team)

Selain dua mata air, sumber air di objek wisata ini juga berasal dari beberapa aliran sungai pegunungan yang ada di atasnya. Salah satu sungai akan menghasilkan air terjun tunggal dengan ketinggian sekita 15 meter.

Artikel terkait: Goa Kiskendo Kulon Progo

Sedangkan sungai lainnya akan membentuk air terjun berundak dan kembar. Kemudian semakin kebawah, kedua aliran sungai ini akan bertemu dalam sebuah sungai. Kita bisa mandi atau sekedar berbasahan di tempat ini.

Titik pertemuan dua aliran sungai di lokasi wisata air terjun kembang soka
Gambar. Titik pertemuan dua aliran sungai di lokasi wisata air terjun kembang soka (Foto: Siswa Team)

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk air terjun kembang soka hanya Rp 3000,-/orang dimana kendaraan bermotor dikenakan biaya Rp 2000,-/motor. Untuk mobil sekitar Rp 5000,-/mobil. Ini harga standar yang sangat murah sekali.

Peta lokasi

Nah, lokasi objek wisata ini hanyalah sekitar 1 km ke arah selatan dari objek wisata Air Terjun Sigembor dan Air Terjun Mudal.

Peta lokasi

Jika kita berangkat dari arah kota jogja, kita bisa mulai dari tugu jogja jalan terus ke arah barat. Jangan berbelok dan ikuti terus jalan aspal sampai naik ke perbukitan menoreh.

Jarak yang akan ditempuh sekitar 40 km dengan durasi sekitar 1 jam perjalanan. Kondisi jalan sangat bagus dan sudah beraspal namun masih sepi kendaraan, pom bensin dan bengkel.

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *