Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Gambar. Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Al Khwarizmi dikenal sebagai bapak matematika dengan nama lengkap Abu Ja’far Muhammad bin Musa al-Khwarizmi yang lahir pada tahun 780 di kota Khwarizmi, pinggiran sungai Oxus, Uzbekistan. Di Eropa ia dikenal dengan sebutan Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma. Pada waktu ia masih kecil, kedua orang tuanya membawanya pindah dari daerah Uzbekistan menuju kota Baghdad, Irak.

Al Khwarizmi memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Ia mengeluarkan teori algoritma dan ilmu hitung lainnya yang sampai saat ini selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh karyanya yakni al Jabar atau yang disebut sebagai aritmatika. Disini ia menggunakan angka-angka dalam bahasa arab. Karyanya yang fenomenal lainnya yakni berjudul al-Jabr wa al-Muqabilah yang berisi tentang tabel trigonometri dan kalkulus dasar.

Karya lainnya yang juga populer yakni berjudul Trattari d’Arithmetica yang membahas contoh soal hitungan, sejarah angka-angka yang sampai sekarang selalu kita gunakan. Buku ini kemudian diterbitkan di Roma pada tahun 1857. Selain itu Al Khwarizmi juga memiliki karya di bidang astronomi yang membahas ilmu perbintangan.

Pada masanya, Al Khwarizmi juga mampu mengoreksi kesalahan matematis karya Diophantus dari Yunani yang kemudian ia sempurnakan dan ia kembangkan. Ia juga mampu mengoreksi karya ilmuwan Yunani seperti Ptolemeus tentang permasalahan geografi.

Sang bapak matematika dunia ini wafat pada tahun 850 di Baghdad, Irak.

[color-box]kolombiografi.com, diakses tanggal 13 Maret 2014.
Murtiningsih, Wahyu.2008.Biografi Para Ilmuwan Muslim.Yogyakarta: PT. Pusaka Insan Madani.[/color-box]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *