Puncak Becici Hutan Pinus Dlingo

Hutan Pinus Dlingo

Hutan Pinus Dlingo (Foto: Siswa Team)

Puncak Becici Hutan Pinus Dlingo terletak di daerah Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan ini bentuknya memanjang dari Desa Mangunan yang berada di sisi paling selatan hingga Desa Terong yang ada di sisi paling utara. Hutan pinus Dlingo ini termasuk sebagai kawasan hutan lindung yang secara administratif berada di Resort Pengelolaan Hutan Mangunan.

Hutan pinus Dlingo dinamakan juga sebagai Hutan Sudimoro, letaknya disepanjang jalan perbukitan Dlingo dan imogiri. Di daerah ini ada wilayah yang udaranya sangat sejuk dan dingin dimana kondisi hutan pinusnya masih belum terjamah sehingga sangat rimbun membentuk seperti lorong-lorong, daerah ini dinamakan sebagai kawasan Nganjir. Di kawasan ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk rekreasi, melakukan kegiatan outbond hingga sebagai background foto pra-nikah.

Area hutan dan Persawahan dilihat dari atas Puncak Becici

Area hutan dan Persawahan dilihat dari atas Puncak Becici (Foto: Siswa Team)

Tak jauh dari Kawasan Nganjir yaitu di sebelah utara sekitar 1,5 km ada sebuah kawasan tertinggi di hutan ini yang terkenal dengan nama Puncak Becici. Di Puncak Becici ini kita bisa melihat sunset dan wilayah sekitar yang pada umumnya masih merupakan kawasan hutan, perkebunan dan pertanian warga. Jika cuaca cerah dari tempat ini kita bisa memandang perbukitan Menoreh di Kulon Progo dan Gunung Merapi yang berada di arah barat daya.

Sunset dari Puncak Becici

Sunset dari Puncak Becici (Foto: Siswa Team)

Untuk menuju ke Puncak Becici Hutan Pinus Dlingo dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Kawasan Nganjir kemudian berjalan setapak sekitar 200 meter melewati hutan pinus yang tidak begitu lebat. Fasilitas yang ada antara lain mushola, warung makanan-minuman ringan, toilet dan tempat parkir. Di lokasi wisata ini, aliran listrik sudah masuk sehingga pada waktu maghrib beberapa titik sudah ada penerangan terutama di bagian tempat parkir dan posko. Keadaan ini berbeda dengan daerah di Kawasan Nganjir yang belum teraliri listrik.

Pemandangan malam hari dari Puncak Becici

Pemandangan malam hari dari Puncak Becici (Foto: Siswa Team)

Pohon pinus yang terletak di Puncak Becici dilakukan penyadapan yaitu pengambilan getahnya. Kita bisa melihat gambar di samping ini.

Penyadapan getah hutan pinus

Penyadapan getah hutan pinus (Foto: Siswa Team)

Penyadapan seperti di atas tidak dilakukan di hutan pinus Mangunan yang letaknya di sisi paling selatan. Getah hasil penyadapan ini digunakan untuk bahan pembuatan Terpentin dan Gondorukem. Di kawasan ini juga sudah tersedia gubuk-gubuk dan bangku kayu yang dapat digunakan untuk bersantai saat melihat sunset. Selain itu, terdapat pula beberapa spot gardu pandang yang berada di atas pohon.

Peta Lokasi Puncak Becici Hutan Pinus Dlingo bisa dilihat pada peta di bawah ini.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan