Taman Lampion atau taman pelangi Yogyakarta

       

Taman lampion atau taman pelangi Yogyakarta letaknya masih di dalam area Monumen Jogja Kembali yaitu sebuah menumen bersejarah sebagai tanda menyerahnya penjajah Belanda saat terjadi perang kemerdekaan di Yogyakarta.  Secara administratif  terletak di jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta .

Taman Lampion atau taman pelangi Yogyakarta

Taman Lampion atau taman pelangi Yogyakarta

Taman lampion ini dahulunya belum ada alias masih berupa taman biasa yang menunjang tempat pariwisata bersejarah Monjali (Monumen Jogja Kembali). Kalaupun dilakukan aneka kegiatan atau even-even tertentu itupun hanya bersifat sementara.

Sebelumnya, area Monjali ini hanya dibuka pada siang hari saja namun setelah dibuatnya taman lampion atau taman pelangi ini kemudian dibuka untuk umum sampai malam hari. Peresmian pembuatan taman lampion ini telah dilakukan pada tanggal 17 Desember 2011.

Adapun jam buka taman pelangi jogja dapat dilihat pada keterangan berikut.

  • Hari senin-kamis buka pukul 17.00 wib sampai dengan pukul 22.00 wib dengan biaya masuk Rp 10.000/orang
  • Hari jum’at-minggu buka pukul 17.00 wib sampai dengan pukul 23.00 wib dengan biaya masuk Rp 15.000/orang

Taman pelangi Monjali ini mempunya sekitar 20 jenis permainan dan 25 stand yang menjual aneka jajanan dan minuman. Jenis permainan diantaranya balon air, perahu, bom bom car, rumah setan, kereta onthel, bianglala, becak mini, bugee jumping dsb. Adapun jenis makanan yang diperjualkan diantaranya pecel lele, mie, nasi goring dan aneka jajanan ringan. Oleh karena wisata ini merupakan wisata bertema lampion, maka keunggulan wisata ini yaitu menampilkan beraneka macam lampu lampion.

Lampu lampion dibentuk beraneka macam diantaranya menyerupai bunga, kehidupan bawah laut, ikan, beruang, dinosaurus, pohon, gapura dan sebagainya. Setiap sekitar enam bulan sekali di tempat ini juga diadakan acara live music.

Apa saja fasilitas umum di Taman Lampion atau taman pelangi Yogyakarta ?

Fasilitas lainnya seperti toilet dan parkir sudah tersedia. Tarif parkir dikenakan  Rp 2000/motor dan Rp 5000/mobil. Area parkir berada di sebelah barat Monumen dan buka dari pagi hingga malam hari. Oleh karena  letaknya di jalan ring road utara, maka akses jalan ini sangat bagus dan bisa dilalui dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Untuk datang ke tempat ini sebaiknya dilakukan bukan pada musim hujan karena wisata ini berada di area terbuka (baca juga: hutan pinus mangunan).

Daftar Pustaka:
Informasi di tempat pariwisata taman lampion atau taman pelangi Yogyakarta
Situs www.wisatapedi.com diakses tanggal 13 Agustus 2017.

Ruther Iwannafre

"Hanya dimusiklah semua perbedaan dapat disatukan menjadi karya yang indah"

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Alea berkata:

    cantik banget tamannya..

  2. eztye berkata:

    untuk tiket msukny untuk semua kalangan??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *