Membuat Denah atau Peta Lokasi

       

Pada halaman ini kita akan mempelajari tentang cara membuat denah atau peta lokasi menggunakan Software Corel Draw setelah pada halaman sebelumnya, kita telah mempelajari tentang Cara Membuat Gambar Kartun Jamur dan Membuat Desain Kaos Sepak Bola. Denah atau peta lokasi banyak kita gunakan untuk menunjukan lokasi sebuah tempat, misalnya toko, rumah, tempat pernikahan dsb.

Nah, bagaimana cara membuat denah atau peta lokasi?

Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka program Corel Draw dan buatlah lembaran kerja baru dengan background bewarna putih.

2. Pertama-tama, kita akan membuat alur jalan nya terlebih dahulu dengan cara klik Freehand Tool dan Bezier Tool. Agar lebih mudah, alangkah baiknya jika Anda membuat coret-coretan denahnya di kertas terlebih dahulu. Dan buatlah alur jalannya sesuai alur yang Anda inginkan.

Membuat alur jalan raya

Membuat alur jalan raya

3. Setelah itu, pertebal garis jalan tersebut dengan cara klik Objek Propetis pilih width 10px atau 8 px (semakin tinggi nilainya, maka garisnya akan semakin tebal). Kemudian tentukan pula warna jalanya sesuai dengan keinginan Anda.

Menentukan ketebalan garis dan warnanya

Menentukan ketebalan garis dan warnanya

4. Setelah itu, kita masukan beberapa ikon tempat dengan cara klik Insert Character. Pada Font, pilih webdings dengan Code Page: All. Pilih character sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Contoh desain denah atau peta lokasi

Contoh desain denah atau peta lokasi

5. Pembahasan tentang cara membuat denah atau peta lokasi telah selesai. Anda bisa menambahkan gambar sungai, jembatan dan sebagainya jika memang itu diperlukan.

[color-box]Gambar dibuat menggunakan software Corel Draw X4 oleh Siswa Tim tanggal 29 Maret 2015.[/color-box]

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *