Cara Menggambar Air Terjun dan Gunung

  • Whatsapp
Cara menggambar air terjun dan gunung
Cara menggambar air terjun dan gunung

Bagaimana cara menggambar air terjun seperti gambar di atas?. Untuk menggambarnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya yang akan dijelaskan di halaman ini.

Bagi sebagian orang akan sangat sulit memvisualisasikan gambar air terjun ke dalam sebuah gambar. Kami tahu keadaan ini sehingga muncul ide membuat tutorialnya secara bertahap.

Dalam menggambar terlebih dahulu kita membuat gambaran sketsanya. Pada tahap ini, jangan membuat coretan yang tebal menggunakan pensil (pensil jangan terlalu ditekan ke kertas gambar) supaya ketika gambarnya salah lalu kita hapus, maka tidak akan ada bekas.

Langkah-Langkah Membuat Gambar Air Terjun

  • Sediakanlah kertas gambar kosong, pensil, penggaris, jangka dan penghapus.
  • Buatlah garis border sekitar 1 atau 2 cm dari pinggir kertas gambar. Gambar tidak boleh keluar dari garis border ini, dengan kata lain harus berada di dalam garis border.
  • Mula-mula kita akan menggambar sketsa awal menggunakan pencil. Buatlah tiga buah garis horizontal dengan bantuan penggaris seperti di bawah ini. Di sini kita akan mulai menggambar tebing air terjun.

Baca juga: cara membuat gambar di WhatsApp

  • Buatlah gambar lekukan seperti angka tiga ang ditidurkan. Di sini kita akan menggambar aliran sungainya.
  • Setelah itu, kita buat gambar air terjun yang jatuh dari tebingnya. Pada gambar ini terdapat dua tebing. Tebing di atas ada satu buah air terjun lalu tebing di bawahnya ada tiga buah air terjun.
  • Pada tebing di atasnya kita gambar dua buah gunung yang terlihat dari kejauhan dimana air sungainya mengalir di antara keduanya.
  • Nah, dari tahapan ini sudah mulai terbentuk gambaran secara garis besarnya. Tahap selanjutnya, kita perlindah air terjunnya dengan membuat aliran air dan gelembung air di bawahnya seperti ini.

Baca juga: Cara membuat gambar wanita berhijab

  • Langkah berikutnya yaitu membuat dua bukit di sisi kiri. Jadi bukit ini (tebingnya) berada di pinggir sungai.
  • Satu tebing akan kita buat natural sebagai layaknya tebing pada umumnya dan satunya lagi kita buat gambar rumah sederhana supaya ada kesan bahwa air terjun ini sudah dikelola dengan baik atau dekat dengan kehidupan manusia.

Baca juga: Cara menggambar kucing lucu

  • Pada tahapan selanjutnya, kita akan memperindah dua tebing bertingkat pada air terjun. Caranya hapus bagian yang diperlukan lalu dirubah menjadi seperti ini.
  • Buatlah gambar banyak batu pada sungai dengan jangka pensil. Jadi aliran sungainya kita pecah menjadi dua aliran yakni satu aliran kecil di sisi kiri pembaca dan aliran besar di sisi kanan pembaca. Kamu bisa membuatnya seperti ini atau tidak sama persis juga tidak apa-apa.

Nah, mudah bukan? dengan mengikuti setiap langkah di atas dengan baik, maka kamu sudah bisa membuat gambar air terjun sederhana namun tetap terlihat indah. Selebihnya tinggal diberi warna saja. Adapun hasil pewarnaan kami, bisa dilihat pada gambar paling atas pada artikel ini. Selamat mencoba!.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *