Cara Menggambar Kartun Wanita Hijab

  • Whatsapp
Cara Menggambar Kartun Wanita Hijab

Cara menggambar kartun wanita hijab atau berjilbab kali ini menggunakan software Corel Draw 2017. Kamu bisa mencoba menggunakan versi lainnya karena fitur yang kita gunakan merupakan fitur dasar yang pasti ada di setiap versinya.

Langsung saja akan kita mulai, jika ada yang dibingungkan dalam langkah-langkahnya, kamu bisa menanyakannya di kotak komentar. Oke?.

Baca juga: Cara menggambar bunga

Cara Menggambar Kartun Wanita Hijab Dengan Mudah

1. Bukalah lembaran kerja baru di Corel Draw yang ada di laptopmu. Gunakanlah mouse untuk mempermudah dalam mendesain gambar.

2. Gunakanlah RECTANGLE TOOL untuk membuat sebuah persegi.

3. Kemudian kita tumpulkan sudut-sudutnya menggunakan SHAPE TOOL. Kita tinggal klik tekan (jangan dilepas) sambil digeser sedikit, maka keempat sudut akan menjadi tumpul.

4. Rubahlah bentuk persegi tersebut menjadi bentuk wajah yang menggunakan jilbab. Pertama-tama, klik kanan pada persegi -> CONVERT TO CURVES. Setelah itu kita rubah bentuknya menggunakan SHAPE TOOL.

5. Klik 2 kali pertengahan sisi bagian atas sehingga muncul sebuah titik lalu tarik ke atas. Cara menariknya yaitu dengan mengklik pada titik (jangan dilepas) tersebut kemudian geser ke atas. Setelah itu pada titik ini kita klik sekali lagi -> CUSP NODE. Kita “Cups Node” supaya ketika sisi lain dirubah, maka tidak mempengaruhi bentuk titik ini (yang di”Cusp Node”).

6. Buatlah sisi sebelah bawah menjadi melengkung ke bawah, caranya klik 1 kali pada sisi tersebut kemudian -> CONVERT TO CURVES. Maka akan muncul tanda anak panah biru yang berlawanan arah. Klik tekan terus (jangan dipelas) lalu ditarik kebawah sedikit.

7. Bersihkan semua titik (2 sudut kanan atas dan 2 sudut kiri atas). Caranya menggunakan SHAPE TOOL ->  klik 2 kali pada titik yang mau di hapus. Setelah itu menggunakan SHAPE TOOL pula, rubahlah menjadi seperti bentuk kubah masjid. Lalu kita beri warna cokelat muda dengan mengaturnya di OBJECT PROPERTIES.

8. Buatlah persegi lagi yang caranya seperti di atas kemudian atur agar bentuk wajah yang mirip kubah layernya berada di atas layer persegi yang baru. Caranya, klik kanan gambar persegi -> ORDER -> TO BACK OF PAGE.

9. Setelah itu, kita rubah bentuknya dengan cara seperti pada langkah nomor 4. Nah, langkah nomor 1-9 bisa dilihat pada gambar berikut.

Gambar dasar cara menggambar kartun wanita jibab

Cara membuat gambar mata wanita berhijab

Untuk membuat mata, dibutuhkan imajinasi yang lebih dan ada seninya. Kita akan membuat beberapa bagian mata seperti kornea, pupil, iris dan alis lalu menyatukannya.

10. Pertama, kita membuat korneanya terlebih dahulu, caranya kita membuat gambar elip menggunakan ELLIPS TOOL yang kita rubah bentuknya menjadi seperti kedelai hijau. Cara merubahnya seperti pada nomor 4. Aturlah menjadi warna putih dengan cara klik gambar -> OBECT PROPERTIES -> FILL.

11. Kemudian kita buat iris yaitu berupa gambar elip yang bewarna hitam. Caranya seperti di atas.

Baca juga: Cara menggambar Hello Kitty

12. Buatlah pupil dengan cara membuat gambar elip lalu diberi warna cokelat. Kalau orang eropa warnanya biru. Terus pada bagian tengahnya kita buat lagi elip yang warnanya hitam dengan border garis bewarna kuning. Untuk mengatur warna dan border, keduanya bisa diatur via OBEJCT PROPERTIES.

13. Kedua bagian gambar pupil kita satukan (ditumpuk) kemudian klik kanan -> GROUP OBJECTS. Setelah itu klik gambar tersebut -> OBJECT PROPERTIS -> TRANSPARENCY -> FOUNTAIN TRANSPARENCY  -> LINEAR FOUNTAIN TRANSPARENCY. Aturlah agar bagian atas pupil semakin kabur gambarnya.

14. Aturlah tumpukan layernya menjadi pupil berada paling atas, di bawahnya yaitu iris kemudian dibawahnya lagi kornea. Cara mengaturnya tinggal klik kanan gambar yang akan diatur -> ORDER. Dengan ini, akan menjadi sebuah mata.

15. Buatlah 2 buah pantulan cahaya berupa lingkaran putih yang kemudian kita tumpuk di atas gambar mata. Artinya layer pantulan cahaya berada di atas layer mata.

16. Buatlah duplikasi mata, caranya klik semua bagian mata -> tekan CTRL + D. Kemudian duplikasinya kita klik 1 kali -> MIRROR HORIZONTALY, maka akan menjadi mata kiri. Setelah itu aturlah pantulan cahayanya agar sama posisinya.

17. Buatlah alis mata, caranya duplikasikanlah kornea mata sebanyak 2 kali kemudian kita tumpuk dengan sedikit terlihat pada tumpukan yang bawah. Pada tumpukan bawah kita beri warna hitam.

18. Klik kedua duplikasi kornea di atas kemudian klik -> BACK MINUS FONT. Maka gambar kornea hitam akan terpotong sesuai bentuk gambar kornea putih sehingga jadi alis mata. Lalu setelah menjadi alis kita duplikasi lagi -> MIRROR HORIZONTALY kemudian letakkan di bagian atas mata.

Langkah 10 – 18 bisa dilihat di bawah ini.

19. Gabunglah gambar mata ke gambar muka.

20. Buatlah gambar elip bewarna merah muda lalu tempatkan di bawah mata.

21. Buatlah mulut, caranya buat lingkaran menggunakan ELLIPSE TOOL -> ARC. Kita rubah bentuknya seperti tersenyum menggunakan SHAPE TOOL. Supaya garisna tebal, bisa di atur di OBJECT PROPERTIES -> OUTLINE.

22. Buatlah cup jilbab, caranya duplikasi sebanyak 2 kali pada gambar wajah kemudia kita rubah bentuknya menggunakan SHAPE TOOL. Berilah warna biru muda dan biru tua.

23. Setelah itu duplikasilah gambar jilbabnya lalu tarik ujung bawah kiri menuju pipi kiri dan ujung kanan bawah ke pipi kanan menggunakan SHAPE TOOL.

24. Kemudian kita bisa menambahkan bayangan di muka dan di dekat leher, caranya masih seperti di atas.

Gambar wajah wanita berjilbab

25. Buatlah motif garis atau terserah mana yang menurutmu bagus. Kalau gambar di atas, kami beri gambar motif baris kemudian garis bordernya sebagian dihilangkan dan sebagian warna bordernya diganti dari warna hitam menjadi abu-abu, maka akan menjadi seperti ini.

Cara Menggambar Kartun Wanita Hijab bagian pertama.png

Nah, demikianlah tutorial kali ini, untuk menggambar bagian tubuhnya akan kita bahas pada halaman berikutnya yang berjudul Cara Menggambar Kartun Wanita Berjilbab (bagian ke-2).  Mengapa kita bagi menjadi dua halaman? karena artikelnya kepanjangan hehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebanyak-banyaknya untuk ilmunya. benar-benar sangat bermanfaat untuk saya yang baru menggambar dengan corel untuk yang pertama…