Membuat Gambar Kartun Jamur

Pada halaman ini kita akan membahas tentang cara membuat gambar kartun jamur lucu menggunakan software Corel Draw. Software Corel Draw sangat banyak digunakan oleh disainer untuk membuat gambar kartun, logo dan sebagainya. Hasil akhir gambar kartun jamur yang akan kita buat bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Gambar kartun jamur lucu yang akan kita buat bersama

Gambar kartun jamur lucu yang akan kita buat bersama

Bagaimana cara membuat gambar kartun jamur di atas?

Cara membuat gambar kartun jamur sangat mudah, bagi Anda yang belum mahir menggunakan software Corel Draw tidak usah perlu merasa khawatir. Disini kita akan belajar bersama dan ikutilah langkah-langkah berikut ini.

1. Buka software corel draw dan buatlah lembar kerja yang baru dengan cara klik “File -> New” atau bisa juga dengan cara tekan secara bersamaan tombol “Ctrl+N”. Lembar kerja merupakan tempat kita membuat gambar kartun jamur.

2. Buatlah lingkaran dengan cara klik “Ellips Tools” secara bersamaan tekan tombol “Ctrl” pada keyboard komputer Anda. Penekanan tombol “Ctrl” dimaksudkan agar gambar lingkarannya bena-benar bulat sempurna alias tidak lonjong atau ellips.

3. Klik “Interaktive Envelope Tool” kemudian klik (jangan dilepas) dan tarik ke atas gambar kotak kecil pada lingkaran seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah Anda lakukan, maka gambar lingkaran bulat tadi akan berubah menjadi seperti gambar B.

Penggunaan Interaktive Envelope Tool

Gambar. Penggunaan Interaktive Envelope Tool

4. Kemudian kita gambar lingkaran-lingkaran kecil dengan cara klik “Ellips Tools” seperti pada gambar A di bawah ini. Setelah itu gunakan “Virtual Segment Delete” untuk memotong lingkaran kecil yang menonjol keluar. Caranya? tinggal di klik tepat pada tonjolan lingkaran yang ingin dihapus (lihat gambar B). Dan langsung kita beri warna merah-putih sehingga menjadi gambar C.

Tahap membuat gambar kartun kepala jamur

Gambar. Tahap membuat gambar kartun kepala jamur

5. Nah, gambar kartun jamur bagian kepala telah selesai. Sekarang kita tinggal membuat bagian mukanya. Caranya? klik “Rectangle Tool” sehingga muncul kotak. Agar setiap pojoknya tidak lancip gunakan “Shape Tool”. Kemudian klik kanan -> Order -> To Back Of Layer agar gambar kotak yang kita buat berada di layer paling bawah. Atur posisinya agar terlihat lebih rapi.

Tahap membuat muka gambar kartun jamur

Gambar. Tahap membuat muka gambar kartun jamur

6. Lalu, gunakan “Smudge Brush” untuk membuat janggut supaya ada kesan menonjol. Caranya? klik “Smudge Brush” kemudian pada gambar kotak yang mau dibuat janggut, kita klik. Hasilnya bisa kita lihat pada gambar D di atas.

7. Nah, selebihnya tinggal kita beri gambar mata, mulut, pipi kemerah-merahan, hidung atau kita rubah warnanya. Semua bisa Anda coba sesuai dengan keinginan Anda. Hasil akhirnya seperti ini.

Hasil akhir gambar kartun jamur dan variasinya

Gambar. Hasil akhir gambar kartun jamur dan variasinya

Nah, terkait cara membuat gambar kartun jamur apakah ada pertanyaan?. Jika mengalami kesulitan, bisa dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.

[color-box]Gambar dibuat menggunakan software Corel Draw X4 oleh Siswa Team pada tanggal 16 Januari 2015[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan