Air Terjun Grojogan Sewu

  • Whatsapp
Air Terjun Grojogan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun grojogan sewu merupakan salah satu pesona keindahan alam yang ada di daerah pedukuhan Benteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta yang berupa air terjun yang masih sangat alami. Air yang mengalir ini berasal dari Goa Sumitro.

Berbeda dengan air terjun Curug Setawing yang banyak memiliki debit air hanya pada musim penghujan. Nah, air terjun ini memiliki debit air dalam jumlah yang sangat banyak kapan pun, air akan terus mengalir meski saat musim kemarau tiba.

Foto Air Terjun Gerojogan Sewu Kulon Progo

Air terjun grojogan sewu Jogjakarta
Gambar. Air terjun grojogan sewu (Foto: Siswa Team)

Air yang mengalir masih sangat bening dan jernih. Selain itu di bawah air terjun ini terdapat kedung atau lubuk yang dapat digunakan untuk mandi dan berenang.

Akan tetapi, bagi para pengunjung yang ingin berenang atau mandi harus berada pengawasan petugas jaga yang ada di sekitar lokasi karena kedalaman lubuk ini sekitar 5 meter.

Perkebunan coklat di lokasi wisata air terjun
Gambar. Perkebunan coklat di lokasi wisata air terjun (Foto: Siswapedia)

Di sekitar lokasi air terjun terdapat perkebunan coklat dan kakao, beberapa diantaranya juga terdapat pohon durian dan pohon-pohon besar lainnya. Ini yang membuat kawasan menjadi asri dan sejuk.

Fasilitas Air Terjun Grojogan Sewu

Fasilitas yang disediakan disekitar lokasi air terjun grojogan sewu ini cukup lengkap seperti mushola, kamar mandi, tempat nongkrong maupun warung tradisional yang menjual aneka makanan dan minuman yang membuat kawasan ini menjadi sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga atau hanya sekedar beristirahat.

Gambar. Jalanan setapak menuju lokasi air terjun (Foto: Siswapedia)

Jalan menuju air terjun dibuat sangat alami yakni hanya berupa undak-undakan tanah disertai pagar pengaman yang terbuat dari bambu. Bagi pengunjung yang suka hal-hal ekstrim dan penuh tantangan, jalan menuju air terjun cocok untuk sekedar menguji adrenalin.

Di warung tradisional yang dikelola oleh penduduk sekitar terdapat aneka makanan tradisional, salah satunya yang dinamakan sebagai Dawet Sambel.

Dawet sambel merupakan makanan khas desa Jatimulyo yang harganya cukup murah. Selain itu aneka minuman yang umum seperti kopi, teh dan susu juga dijajakan di lokasi ini.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan telah disediakan tempat penitipan kendaraan yang sangat luas. Oleh karena lokasi wisata sangat jauh dan pada saat tim siswapedia melakukan ekspedisi yakni tanggal 28 Februari 2015, jalan menuju lokasi wisata ini masih sangat sepi dan jarang ada angkutan umum.

Untuk itu, kami menyarankan bila Anda ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, gunakanlah kendaraan pribadi. Selain itu, medan yang sangat berat (karena berada di wilayah pegunungan menoreh), pastikanlah kendaraan dan kondisi Anda dalam keadaan baik dan siap.

Air yang jernih di air terjun
Gambar. Air yang jernih di air terjun (Foto: Siswapedia)

Biaya tiket masuk

Biaya tiket masuk air terjun grojogan sewu tertanggal 28 Februari 2015 adalah gratis. Pengunjung yang hadir hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2000,- dan dimintai sumbangan seikhlasnya. Sumbangan ini nantinya digunakan untuk mengelola lokasi wisata.

Peta lokasi

Nah, peta lokasi air terjun grojogan sewu dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Gambar. Peta lokasi air terjun

Berdasarkan gambar di atas, dapat diketahui bahwa lokasi air terjun grojogan sewu sangat berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya yakni air terjun curug setawing, goa kiskendo dan watu blencong.

Jika kita berasal dari arah kota Yogyakarta, kita bisa menemukan lokasinya yaitu dengan berjalan ke arah barat dari tugu jogja. Jangan berbelok, ikuti saja jalanan aspal itu hingga sampai ke area pegunungan menoreh.

Di area pegunungan, jalanan yang semula datar dan halus akan berubah menjadi naik-turun dan berkelok-kelok. Tetaplah ikuti jalanan aspal itu hingga sampai pasar Jonggrangan kemudian belok kiri ke arah selatan.

Ketika sampai di pertigaan SDN 2 Jonggrangan, ambilah jalanan lurus ke barat hingga nanti akan ketemu lokasi air terjun grojogan sewu yang ada di selatan jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *