Pantai Buntu Bima

       

Pantai Buntu Bima merupakan pantai yang berada di sebelah utara kota Bima yaitu sekitar 13 km. Pantai ini meliputi hamparan pasir putih yang landai dengan ditanami pepohonan kelapa dalam jumlah yang banyak sehingga udaranya menjadi sejuk meski di siang hari.

Pantai Buntu Bima

Pantai Buntu Bima

Pantai Buntu terletak di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini berada di dekat ujung teluk bima yang merupakan pintu masuk bagi setiap kapal yang akan berlabuh di pelabuhan Bima. Kapal-kapal berukuran sedang hingga besar seperti kapal kontainer akan membawa barang-barang dari Jawa, Bali, Mataram dan Makassar (Baca juga: Kebun Buah Mangunan ).

Kapal berukuran besar dan kecil keluar masuk di teluk Bima

Kapal berukuran besar dan kecil keluar masuk di teluk Bima

Perjalanan untuk menuju Pantai Buntu memakan waktu sekitar 20 menit bila kita berjalan dari Kota Bima. Dari Kota Bima kita akan melewati Kampung Melayu yang merupakan kampung mayoritas masyarakat nelayan tradisional. Setelah dari Kampung Melayu, kita akan disuguhi kondisi jalan sudah beraspal halus dengan demografi menanjak, menurun serta berliku-liku khas lintasan pegunungan.

Dataran tinggi Donggo dilihat dari Pantai Buntu

Dataran tinggi Donggo dilihat dari Pantai Buntu

Di sepanjang perjalanan kita akan melewati PLTU Bima dan perkampungan nelayan Kolo beserta pelabuhan kecil yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk mensandarkan kapal. Dari sini kita dapat melihat Pelabuhan Bima, Pulau Kambing serta dataran tinggi Donggo yang ada di seberang barat.

Di sisi timur jalan kita akan melihat pegunungan sabana yang ditumbuhi rerumputan hijau saat musim hujan dan bewarna cokelat saat musim kemarau. Sesekali area sabana ini ditumbuhi oleh tumbuhan besar seperti tumbuhan asem, beringin dsb. Di sisi timur jalan akan berbatasan langsung dengan laut yang merupakan Teluk Bima.

Panorama di sepanjang jalan

Panorama di sepanjang jalan

Fasilitas Pantai Buntu masih sangat sederhana dikelola oleh masyarakat sekitar bekerjasama dengan dinas pariwisata. Adapun fasilitas yang ada antara lain musholla, tempat parkir, gazebo, kamar mandi dan penjaja aneka makanan dan minuman ringan. Tidak ada tiket masuk untuk berkunjung ke tempat ini, hanya saja bagi para pengunjung dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2000,-/motor dan Rp 5000,-/mobil.

Pantai Buntu memiliki gelombang yang sangat kecil sehingga aman bila digunakan untuk berenang namun dalam jarak sekitar 13 meter dari bibir pantai kondisi dasar lautnya yang tadinya agak datar akan langsung menjorok kedalam (seperti palung) sehingga bagi para pengunjung yang sedang berenang tetap dituntut untuk berhati-hati. Perhitungan sekitar 13 meter ini dihitung saat siang hingga sore hari dimana kondisi air laut sedang pasang. Namun bila sedang surut, maka jaraknya akan semakin kecil (Baca juga: Puncak Becici Hutan Pinus Dlingo ).

Peta Lokasi Pantai Buntu Bima

Peta lokasi Pantai Buntu Bima bisa kita lihat pada peta di bawah ini.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *