Pantai Berlayar

Pantai Berlayar terletak di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini terletak di Teluk Bima sebelah timur yang merupakan pintu masuk bagi kapal-kapal dari Surabaya, Maluku dan Sulawesi yang ingin bersandar di Pelabuhan Bima. Jika kita berdiri lurus menghadap ke teluk, dari kejauhan kita akan melihat dataran tinggi Donggo.

Keindahan Pantai Berlayar Kolo

Keindahan Pantai Berlayar Kolo

Pantai Berlayar merupakan pantai yang memiliki keunikan. Selain ada areanya yang berupa pantai berpasir, pantai ini juga memiliki area yang terdapat banyak bebatuan kecil. Bebatuan ini berasal dari karang atau bebatuan besar yang mengalami pemecahan akibat bertabrakan dengan ombak sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Proses ini membutuhkan waktu yang lama.

Area pantai yang banyak terdapat bebatuan kecil

Area pantai yang banyak terdapat bebatuan kecil

Apabila kita berenang di pantainya, maka kita akan menemukan beberapa titik di pantai ini yang dasar lautnya terdapat banyak karang. Akan tetapi bila kita menjelajah beberapa titik lainnya, maka akan ditemukan sebagian dasar lautnya berupa pasir hitam yang lembut.

Pantai Berlayar Kolo ini memiliki panjang sekitar 1 km dengan lebar sekitar 15 meter dimana di sebelah utara dari pantai ini berbatasan langsung dengan jalan beraspal serta perbukitan tinggi yang ditumbuhi tanaman ladang milik penduduk setempat. Jika kita berkunjung pada musim penghujan, perbukitan di sebelah utara akan terlihat hijau khas perbukitan sabana yang kaya akan rumput. Namun bila kita berkunjung pada musim kemarau, warnanya akan coklat tua karena tanaman akan mengalami kekeringan atau layu.

Kondisi Pantai Berlayar relatif teduh karena banyak ditumbuhi pohon besar seperti pohon trembesi, pohon asem dan banyak rumput ilalang. Oleh karena terletak di pinggir jalan, maka lokasi ini akan terlihat bila Anda ingin pergi ke perkampungan Kolo atau ingin pergi ke Pantai So Ati atau Pantai Sanumbe yang lokasinya lebih jauh.

Pintu gerbang pantai yang di lihat dari perbukitan sebelah utara

Pintu gerbang pantai yang di lihat dari perbukitan sebelah utara

Untuk menuju Pantai Berlayar diperlukan waktu sekitar 25 menit dengan menempuh jarak sekitar 14 kilometer dari Kota Bima. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Nah, di pantai ini terdapat banyak fasilitas diantaranya gubuk-gubuk yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai. Selain itu terdapat pula penyewaan toilet, ban untuk berenang serta aneka penjaja makanan ringan.

Pantai Berlayar lokasinya sangat dekat dengan Pantai Buntu yaitu sekitar 1 km ke arah utara. Setelah melewati tanjakan dengan tikungan tajam, kita akan langsung sampai ke lokasi pantai ini.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan