Pantai So’ Pancala

Pantai So’ Pancala merupakan pantai yang secara administrasi terletak di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asa Kota, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini merupakan pantai berpasir cokelat yang berpadu dengan pecahan batu karang dan kerang yang terhempas di bibir pantai.

Pantai So' Pancala Kolo

Keindahan Pantai So’ Pancala Kolo

Lokasi wisata yang satu ini memiliki spot-spot snorkeling yang menjadi salah satu yang terbaik di sepanjang Pantai Kolo. Selain itu, juga ada berbagai macam ikan hias bewarna-warni dan terumbu karang yang indah. Warga juga sering berburu gurita di Padang Lamun untuk dikonsumsi. Anda bisa melihat gambar bawah laut Pantai So’ Pancala di bawah ini yang diambil dari video “Jalan-Jalan Manja” oleh Anugrah Nurrahman.

Keindahan terumbu karang di Pantai So' Pancala Kolo

Keindahan terumbu karang di Pantai So’ Pancala Kolo (Sumber: Video Jalan-Jalan Manja oleh Anugrah Nurrahman)

Dari pantai ini kita bisa melihat dari kejauhan dataran tinggi Donggo yang terletak di seberang bagian barat. Bila pada musim hujan, dataran ini akan terlihat seperti perbukitan hijau yang ditumbuhi oleh rerumputan. Nuansa ini akan terlihat sangat alami dan asri. Akan tetapi bila musim kemarau tiba, dataran ini akan terlihat kecoklatan karena rerumputan hijaunya akan mengering.

Dataran tinggi Donggo bila dilihat dari kejauhan

Dataran tinggi Donggo bila dilihat dari kejauhan

Oleh karena wilayah ini merupakan pintu gerbang Teluk Bima, maka seskali akan terlihat kapal bertonase besar melintas guna menuju pelabuhan bima. Selain itu juga akan terlihat kapal-kapal kayu berukuran kecil dan berukuran sedang milik nelayan setempat.

Pantai So’ Pancala letaknya tidak jauh dari Pantai Berlayar alias hanya bersebelahan saja yakni di sebelah utara. Pantai ini terletak tepat di tepi pantai sehingga bila kita hendak berpergian ke perkampungan Kolo, kita pasti akan melewatinya. Banyak fasilitas yang sudah tersedia di pantai ini seperti mushola, penyewaan ban, peralatan snorkeling, parkir kendaraan, gubuk-gubuk dan toilet.

Gelombang yang kecil membuat pantai ini aman untuk berenang

Gelombang yang kecil membuat pantai ini aman untuk berenang

Selain itu di tempat ini juga terdapat berbagai macam pedagang yang menjajakan makanan dan minuman ringan. Nah, untuk berpergian ke pantai ini alangkah baiknya menggunakan kendaraan pribadi baik itu berupa sepeda motor atau mobil karena belum tersedia transportasi umum secara memadai.

Jarak Pantai So’ Pancala dari kota Bima sekitar 14,5 kilometer. Nah, dengan jarak ini bila ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor, maka akan memakan waktu sekitar 27 menit. Pantai ini juga terletak sangat dekat dengan Pantai Buntu Bima.

Ruther Iwannafre

"Hanya dimusiklah semua perbedaan dapat disatukan menjadi karya yang indah"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan