Pantai Sonumbe

Pantai Sonumbe atau Pantai Sanumbe merupakan salah satu pantai yang termasuk dalam deretan kawasan pesisir pantai Kolo. Lokasinya berada di ujung teluk Bima, sekitar 2 km dari Pantai So Ati atau beralamat lengkapnya di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Bila diukur dari Kota Bima, jaraknya sekitar 20 km ke arah utara.

Panorama di Pantai Sonumbe

Panorama di Pantai Sonumbe

Pantai Sonumbe masih sangat alami, tidak banyak pengunjung yang berkunjung ke tempat ini karena selain jaraknya yang sangat jauh, infrastruktur jalan untuk menuju tempat ini belum beraspal alias masih dalam keadaan jalanan tanah dan berbatu. Akan tetapi keindahan pantai yang satu ini tidak kalah dari pantai lainnya.

Pantai ini terkenal dengan spot keindahan alam bawah lautnya yang banyak ditumbuhi terumbu karang sebagai tempat hidup aneka jenis ikan hias. Ini terjadi karena bentuk pantai ini melengkung menghadap teluk Bima sehingga dengan kondisi ombak yang sangat kecil sangat membantu untuk pertumbuhan terumbu karang. Selain itu di pinggirnya terdapat pula tebing yang tingginya bisa mencapai lebih dari 60 meter dari permukaan laut.

Foto bawah laut di Pantai Sonumbe

Foto bawah laut di Pantai Sonumbe (Sumber: anugrah nurrahman di Jalan-Jalan Manja)

Pemandangan di daerah ini sangatlah indah. Jika kita melihat di sisi barat, maka akan terlihat dataran tinggi Donggo. Disebelah utara ke timur ada tebing yang sangat tinggi. Di sebelah selatan juga ada tebing yang tinggi dimana pada sisi pinggirnya ada sebuah jalan yang menghubungkan antara Pantai Sonumbe dengan Pantai So Ati dan perkampungan nelayan setempat.

Dataran tinggi Donggo dilihat dari Pantai Sonumbe

Dataran tinggi Donggo dilihat dari Pantai Sonumbe

Untuk mencapai pantai ini, kita bisa berjalan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Pada musim kemarau kondisi jalan akan sangat berdebu sedangkan pada musim hujan kondisi jalan akan sangat licin. Hingga tulisan ini ditulis, pantai ini belum dikelola secara profesional sehingga belum ada tiket biaya masuk ataupun fasilitas umum lainnya. Durasi perjalanan bisa mencapai 30 menit (Baca juga: Sejarah Kesultanan Bima).

Tebing yang menjulang tinggi di pinggir pantai

Tebing yang menjulang tinggi di pinggir pantai

Oleh karena lokasi Pantai Sonumbe ini adalah yang paling ujung, jika kita pergi ke pantai ini, maka akan melewati sejumlah pantai lainnya seperti Pantai Buntu dan Pantai So Ati.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Aba Rama berkata:

    ini pantai paling gue suka… selain sejuk juga masih natural,,, tapi akses jalannya masih buruk

  2. Muhammad Sarifuddin berkata:

    2 bulan yang lalu saya pergi ke pantai sonumbe ini BAGUUUUSS!! MASIH ALAMI

Tinggalkan Balasan