Pantai So Ati

Di sepanjang teluk Bima tepatnya di sisi sebelah timur ada rentetan pantai yang indah, salah satunya adalah pantai So Ati. Pantai So Ati ini berjarak sekitar 20 km ke arah utara dari kota Bima yaitu terletak di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Pantai So Ati

Gambar. Pantai So Ati

Pantai So Ati memiliki ciri khas hampir mirip dengan Pantai Buntu yakni banyak ditumbuhi pohon kelapa dengan diselingi beberapa jenis pepohonan seperti pohon mangga dan asem. Bila pada musim hujan, di bawah pepohonan kelapa yang sangat rindang akan tumbuh rerumputan hijau yang bisa menambah keasrian pantai ini.

IMG_1818

Pantai ini sangat dekat dengan pemukiman penduduk yang mayoritas beragama Islam dengan mata pencaharian sebagian besarnya sebagai nelayan. Terkadang kita dapat melihat beberapa kapal kayu berukuran besar hingga kecil ada di pantai So Ati ini yang sedang bersandar saat siang hari.

Jalanan menuju Pantai ini 90% nya sudah beraspal dengan kondisi jalan yang sangat baik sehingga dapat ditempuh oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat selama sekitar 20 menit. Hanya saja, kondisi jalan yang sangat berliku dan curam ini akan mampu menyulitkan bagi Anda yang tidak mahir dalam mengendarai kendaraan.

Pohon yang tumbuh di tepi Pantai So Ati

Pohon yang tumbuh di tepi Pantai So Ati

Hingga tulisan ini ditulis, belum ada tiket retribusi atau biaya parkir bagi para pengunjung. Belum ada pembentukan managemen pengelolaan tempat wisata disini sehingga masyarakat diperbolehkan berkunjung secara bebas. Terdapat beberapa fasilitas umum yang tersedia seperti musholla, bilik toilet dan beberapa penjaja makanan dan minumam ringan.

Apabila Anda ingin berkunjung di Pantai So Ati ini bawalah perbekalan yang cukup seperti tikar atau makanan serta minuman dari rumah.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan