Kebun Buah Mangunan

       

Kebun buah Mangunan merupakan daerah pegunungan yang digunakan untuk budidaya aneka macam buah-buahan. Kebun ini terletak di daerah Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Sungai Oyo dilihat dari gardu pandang Kebun Buah Mangunan

Gambar. Sungai Oyo dilihat dari gardu pandang Kebun Buah Mangunan (Foto: Siswa Team)

Bermodal tanah di area seluas 23,3415 hektar yang terletak di daerah Dlingo ini, Pemerintahan Kabupaten Bantul pada tahun 2003 melakukan upaya pembudidayaan aneka buah-buahan seperti mangga, duku, sawo, jeruk, durian, manggis dll. Akan tetapi, uniknya kawasan yang diberinama “Kebun Buah Mangunan” ini lambat laun mulai berkembang bukan hanya sebagai kebun buah saja melainkan juga sebagai objek wisata yang menunjukan keindahan alam pegunungan.

Panorama alam dari gardu pandang Kebun Buah Mangunan

Gambar. Panorama alam dari gardu pandang Kebun Buah Mangunan (Foto: Siswa Team)

Di kebun buah Mangunan terdapat sebuah gardu pandang yang terletak di sisi selatan gunung. Disini pengunjung bisa melihat rentetan pegunungan seribu yang di lembahnya terdapat sungai oyo yang terlihat berkelok-kelok.

Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, diantaranya musholla, tempat parkir, loket masuk, toilet, ruangan serba guna dan para penjual asongan yang menjajakan aneka jajanan dan minuman. Selain itu, jalan menuju lokasi pun tergolong baik dengan kondisi jalan beraspal dengan tikungan dan tanjakan tajam khas wilayah pegunungan.

Gedung serba guna

Gambar. Gedung serba guna (Foto: Siswa Team)

Untuk menuju ke kebun buah Mangunan, bila dari kota Yogyakarta kita harus menempuh jarak sekitar 35 km dan bila dari adrah kota Bantul, kita perlu menempuh jarak sekitar 15 km dengan kendaraan pribadi. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat denah di bawah ini.

Peta lokasi Kebun Buah Mangunan

Peta lokasi Kebun Buah Mangunan

Kita bisa mulai perjalanan dari Terminal Giwangan menuju ke arah selatan yaitu melewati Jalan Imogiri Timur. Jalanlah terus ke selatan mengikuti jalanan aspal sampai melewati pasar Imogiri yang terletak di sebelah barat jalan, teruslah berjalan ke selatan sampai ada sebuah pertigaan bila belok ke kanan (arah barat) akan menuju ke Imogiri barat atau menuju ke Pantai Parangtritis dan bila belok ke timur, maka akan menuju ke makam raja-raja dan kebun buah mangunan.

Nah, dari pertigaan tersebut, ambil arah menuju ke timur dimana nanti akan melewati sebuah lapangan di sebelah selatan jalan. Lalu sekitar 400 meter akan ada pertigaan bila jalan lurus ke timur akan menuju makam raja-raja imogiri namun bila belok ke selatan akan menuju kebun buah mangunan dan hutan pinus. Ambilah jalan ke selatan dan ikuti rambu-rambu petunjuk jalan yang ada.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *