Pantai Jogan Gunung Kidul

       

Pantai Jogan merupakan pantai yang terletak di daerah Minangun, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Berbeda dengan pantai lainnya yang berada di daerah Gunung Kidul, pantai Jogan ini memiliki objek wisata yang khas yaitu berupa air terjun di tepi pantai.

Pantai Jogan Gunung Kidul

Gambar. Pantai Jogan Gunung Kidul (Foto: Siswa Team)

Air terjun Jogan yang diambil dari kata dalam bahasa jawa yaitu “grojogan” (air terjun) ini airnya berasal dari sebuah sungai kecil dari pegunungan kars yang berada di sebelah utara yang kemudian mengalir terus ke selatan melalui perkebunan warga hingga menuju ke Samudra Indonesia. Nah, saat tiba di pinggir pantai, air yang mengalir ini kemudian jatuh ke laut. Tinggi sungai sekitar 8 meter dari permukaan laut sehingga air yang mengalir menjadi air terjun.

Lereng curam di Pantai Jogan

Gambar. Lereng curam di Pantai Jogan (Foto: Siswa Team)

Pantai Jogan berada di antara dua Pantai yaitu di sebelah timur ada Pantai Nglambor dan sebelah barat ada Pantai Timang. Jarak Pantai Jogan dengan Pantai Nglambor sangat dekat. Kita bisa menuju Pantai Jogan melewati dengan dua cara yaitu melalui jalan setapak menanjak ke arah barat melewati bukit tebing, jaraknya sekitar 1 km. Tapi bila kita mau melewati jalur masuk dari jalan raya, maka kita harus berjalan ke luar area Pantai Nglambor menuju jalan raya kemudian jalan ke arah barat sekitar 2 km dan harus masuk lagi ke selatan sekitar 1 km.

Sungai yang mengaliri air terjun jogan

Gambar. Sungai yang mengaliri air terjun jogan (Foto: Siswa Team)

Wilayah Pantai Jogan memiliki lebar pesisir Pantai yang sangat kecil hanya sekitar 20 meter. Mayoritasnya berupa tebing yang sangat curam yang diampit oleh dua bukit karang disisi barat dan timurnya. Hal ini mengakibatkan pengunjung tidak bisa bermain di tepian pantainya terutama bila air laut sedang pasang.

Pada dinding air terjun Jogan (Grojogan Manten) ini memiliki rongga seperti goa. Pengunjung bisa turun ke bawah melalui jalur setapak bebatuan yang berada di sebelah barat air terjun ini kemudian masuk di rongga tersebut. Bila kita masuk ke dalam rongga, kita akan berada dibalik air terjun jogan. Adapun fasilitas di objek wisata Pantai Jogan ini cukup lengkap meski masih sangat sederhana. Fasilitas umum tersebut antara lain tempat parkir, warung, mushola dan toilet.

Biaya Tiket Masuk Pantai Jogan

Biaya tiket masuk pantai Jogan pada saat Siswa Team melakukan ekspedisi yaitu tanggal 15 Maret 2015 tidak ada alias gratis. Kita hanya dipungut biaya parkir sebesar Rp 2000,-/motor atau Rp 5000,-/mobil. Jalan menuju lokasi wisata belum diaspal dan hanya bisa dilewati oleh satu mobil.

Peta lokasi wisata Pantai Jogan

Peta lokasi wisata Pantai Jogan bisa dilihat pada gambar denah di bawah ini.

Peta lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul

Gambar. Peta lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul

Jarak pantai ini dengan kota Yogyakarta sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Jalan raya yang melewati daerah ini sudah diaspal halus namun jalan ketika masuk menuju lokasi pantai masih berupa jalan tanah berbatu.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *