Pantai Nglambor Gunung Kidul

       

Pantai Nglambor merupakan pantai yang terdapat di daerah Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini menghadap ke Samudra Indonesia namun tidak memiliki gelombang laut yang besar sehingga dapat menjadi habitat terumbu karang, rumput laut dan ikan-ikan berukuran kecil.

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Gambar. Pantai Nglambor Gunung Kidul (Foto: Siswa Team)

Gelombang kecil di Pantai Nglambor memang merupakan fenomena yang tidak biasa. Mengapa? karena pada umumnya gelombang di pantai yang menghadap ke Samudra Indonesia memiliki gelombang yang besar, misalnya Pantai Kwaru, Pantai Baru, Pantai Goa Cemara dsb. Fenomena tak biasa ini disebabkan karena adanya dua pulau karang di Pantai Nglambor yang berperan dalam memecah gelombang dan angin yang datang dari daerah selatan. Selain itu peran dua bukit karang di sebelah barat dan timur pantai juga berperang dalam memecah hembusan angin dari arah lain sehingga kesemuanya ini mengakibatkan gelombang yang merambat ke Pantai Nglambor menjadi lebih kecil.

Tepi Pantai Nglambor Dengan Gelombang Yanga Sangat Kecil

Gambar. Tepi Pantai Nglambor Dengan Gelombang Yanga Sangat Kecil (Foto: Siswa Team)

Pantai Nglambor Gunung Kidul memiliki demografi seperti teluk berukuran mini yang terdapat dua pulau karang di depannya. Kondisi gelombang yang kecil membuat kita bisa melakukan snorkeling. Disini kita dapat melihat keindahan biota laut seperti coral-coral, terumbu karang atau ikan-ikan kecil yang beraneka ragam.

Bagi kita yang ingin melakukan snorkeling dapat menyewa peralatannya atau bawa sendiri dari rumah. Peralatannya diantaranya kacamata selam, selang pernapasan dan pelampung. Selain itu, kegiatan ini juga tidak boleh asal-asalan. Dibutuhkan pengawas dari pihak pengelola wisata agar pengunjung tidak mengganggu atau merusak ekosistem laut. Perhatikanah gambar di bawah ini.

Jalur snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul

Gambar. Jalur snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul (Foto: Siswa Team)

Pada area yang diberi bendera warna merah, pengunjung dilarang menginjak karena merupakan area Acorpora. Sedangkan bendera kuning merupakan area terumbu karang yang sebagian hidup secara berkoloni. Nah, untuk bendera warna hijau, disinilah kita bisa menginjak atau mendaratkan kaki kita. Adapun garis bewarna putih adalah rute snorkeling.

Berenang di Pantai Nglambor Yogyakarta

Gambar. Berenang di Pantai Nglambor Yogyakarta (Foto: Siswa Team)

Pantai Nglambor terletak sekitar 4 km ke barat dari Pantai Siung. Pantai ini masih sangat alami dan masih jarang pengunjungnya karena relatif masih baru. Hal ini mengakibatkan fasilitasnya masih sangat sederhana dan tidak selengkap pantai Siung. Jalannya pun belum diaspal, hanya ditutup oleh batu-batu pegunungan. Fasilitasnya hanya ada posko penyewaan perlengkapan snorkeling, warung makan, toilet dan tempat parkir.

Biaya Tiket Masuk Pantai Nglambor

Biaya tiket masuk pantai nglambor tertanggal 15 Maret 2015 adalah gratis. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3000,-/motor dan Rp 5000,-/mobil.

Peta Lokasi Pantai Nglambor

Peta lokasi Pantai Nglambor bisa dilihat pada denah di bawah ini.

Peta lokasi Pantai Nglambor Gunung Kidul

Gambar. Peta lokasi Pantai Nglambor Gunung Kidul

Jarak antara Pantai Nglambor dengan kota Yogyakarta sekitar 70 km dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam perjalanan. Kondisi jalan sudah beraspal halus dan penuh tikungan dan tanjangan yang merupakan ciri khas jalur pegunungan.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *