Struktur dan Contoh Teks Eksemplum

Struktur dan Contoh Teks Eksemplum – Ketika kita masih SMP ataupun SMA kita sering kali menemukan materi-materi pelajaran bahasa Indonesia dimana terdapat beberapa materi yang disampaikan menceritakan seorang tokoh beserta perilakunya dalam sebuah cerita, inilah yang disebut teks eksemplum.

Teks eksemplum ini sangat erat hubungannya dengan nilai-nilai kehidupan dan pengalaman hidup seseorang tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut.

Teks eksemplum merupakan suatu teks yang menceritakan sifat atau perilaku tokoh dalam suatu cerita. Contohnya, biasanya teks eksemplum diawali dengan pemaparan atau pengenalan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita, kemudian kejadian atau peristiwa yang dialami, dan ditutup dengan interpretasi atau pesan moral yang muncul dari tokoh yang ada.

Ciri-ciri teks eksemplum

Baca juga: Pengertian slogan beserta ciri, macam-macam dan contohnya

Ciri Teks Eksemplum

Teks eksemplum memiliki karakteristik yaitu berisi suatu kejadian atau hal yang jarang terjadi, membuat tokoh utama yang di dalamnya menjadi menyesal, dan mengandung nilai-nilai moral kehidupan yang bermanfaat bagi pembacanya.

Struktur Teks Eksemplum

Struktur teks eksemplum ada tiga yaitu orientasi, insiden serta interpretasi. Orientasi merupakan bagian pengenala tokoh (sifat tokoh, ciri khas tokoh dsb).

Baca juga: Macam-macam atau jenis-jenis makna

Bagian insiden merupakan permasalahan-permasalahan yang dihadapi si tokoh. Sedangkan bagian interpretasi yakni pesan moral, akibat yang diperoleh dari permasalahan yang dihadapi si tokoh dsb.

Unsur kebahasaan teks eksemplum

Contoh Teks Eksemplum

Berikut ini kami sampaikan contoh teks eksemplum singkat yang dapat digunakan untuk referensi ataupun untuk menambah ilmu pengetahuan Anda, ini dia contohnya :

 Contoh Teks Eksemplum singkat

Kesombongan Burung Pipit

Orientasi :

            Di hutan belantara dikisahkan bahwa terdapat  sekumpulan burung pipit yang hidup di tengah hutan. Dalam sekelompok burung pipit tersebut salah satunya terdapat burung pipit yang bernama dira.

Dira tinggal di hutan bersama dengan sekumpulan burung pipit yang lainnya. Dira merupakan burung pipit yang dikenal sebagai hewan yang sangat suka menyendiri dan memiliki sifat yang angkuh karena Dira selalu merasa dirinyalah yang paling benar dan merasa paling mampu dan pintar dari semua hewan yang ada dihutan tersebut.

Baca juga: Pengertian makna menurut para ahli

Insiden :

Disuatu waktu sekelompok burung tersebut membuat sarang baru yang terbuat dari tumpukan jerami yang disusun rapih. Mereka membuat sarang yang ditinggalinya dengan sabar sehingga sarang yang dibuat terlihat bagus dan kuat.

Tetapi Dira membuat sarangnya dengan bahan yang berbeda yaitu dari potongan kertas yang memiliki banyak warna. Menurut Dira , sarangnya merupakan sarang yang lebih bagus dari semua sarang milik teman-temanya.

Di sebelah sarang Dira terdapat sarang beti yang terbuat dari jerami dan  Dira sering mengejek sarang milik beti yang memiliki warna membosankan dan tidak sebagus sarang miliknya. Beti pun hanya diam dan tidak menggubris perkaataan Dira. Beti merupakan seekor burung pipit yang memiliki sifat rendah hati dan tidak sombong berbanding terbalik dengan Dira.

Baca juga: Contoh surat izin tidak masuk sekolah, kuliah dan kerja

Tidak disangka akhirnya turun hujan yang sangat deras yang membuat sarang Dira pun rusak karena terkena air yang banyak dan terbuat dari kertas, dirapun basah kuyup dan merasa panik  karena hujannya sangat lebat. Kemudian beti yang melihat Dira basah kuyup dengan senang hati menawarkan Dira untuk mengajak Dira berlindung bersama disarangnya.

Akhirnya dirapun merasa sangat menyesal karena tidak pernah memedulikan perkataan temannya, Dira juga menyesal atas sifatnya yang sombong dan angkuh kepada temannya. Disaat hujan mulai berhenti Dira membuat kembali sarang yang ditinggalinya dengan jerami.    

Baca juga: 5 Contoh surat izin sakit

Interpretasi ;

Sesudah kejadian tersebut, Dira tidak lagi bersifat sombong kepada temannya dan juga tidak bersikap buruk lagi. Dira berjanji dengan dirinya bahwa ia tidak akan sombong lagi.  

Dira telah sadar bahwa dirinya merupakan mahluk hidup yang perlu teman untuk menjalani kehidupannya sehari-hari.

Baca juga: Contoh teks negosiasi

Nah demikian penjelasan singkat tadi tentang Struktur dan Contoh Teks Eksemplum yang dapat Anda gunakan sebagai acuan ataupun referensi baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk menambah wawasan teman-teman semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *