Contoh Artikel

  • Whatsapp
Contoh artikel
Contoh artikel

Sebelum kita membahas contoh artikel marilah kita pahami dulu pengertian dari artikel itu sendiri. Artikel merupakan karya tulisan yang dimaksudkan untuk tujuan tertentu misalnya mendidik, meyakinkan, menghibur,  menyampaikan gagasan atau pemikiran, fakta atau opini.

Panjang tulisan artikel tidak dibatasi dan dapat dipublikasikan secara umum seperti media cetak atau media online.

Contoh Artikel Berita

Artikel berita dibuat dengan tujuan menyampaikan informasi terkait kejadian sacara aktual. Kita bisa melihatnya seperti di bawah ini.

Hari Bersih Nasional, Masyarakat Kota Bima Membersihkan Pantai Lawata

Minggu (26/9), sejumlah masyarakat Kota Bima terlihat sedang membersihkan Pantai Lawata dari sampah yang terbawa oleh arus pantai. Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi sosial memperingati Hari Bersih Nasional 2021.

“Jadi masyarakat dan komunitas pemuda saat ini sedang melakukan pembersihan pantai dari sampah dalam rangka Hari Bersih Nasional.” jelas Solikhin selaku ketua panitia kegiatan.

Terlihat beberapa komunitas yang hadir diantaranya komunitas pecinta alam, komunitas pemuda, komunitas ojek online, siswa-siswi SMP-SMA dan beberapa perwakilan dari instansi terkait.

“Kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat. Rencananya akan dilakukan setiap tahunnya 1 kali.” jelas Solikhin.

Kegiatan membersihkan Pantai Lawata yang dimulai sejak pukul 06.30 WITA ini telah berhasil mengumpulkan 45 karung sampah yang dominannya merupakan sampah plastik dan ranting kayu.

“Sampah yang terkumpul ini nantinya akan diangkat oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah.” pungkasnya.

Artikel berita seperti di atas merupakan produk jurnalistik yang dibawakan oleh media masa yang bertujuan menyampaikan informasi adanya kegiatan gotong royong membersihkan Pantai Lawata dalam rangka Hari Bersih Nasional.

Contoh Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait kesehatan baik itu kesehatan manusia, hewan maupun tumbuhan.

Langkah Nyata Cegah Penularan Rabies

Virus rabies yang menyerang hewan dapat pula menyerang manusia melalui gigitan hewan. Meski pencegahan melalui vaksin telah ditemukan namun bahaya penyakit ini tidak bisa dianggap remeh.

Seseorang yang terkena penyakit rabies dapat terganggu keseimbangan tubuhnya, rusak metabolismenya dan jauh lebih parahnya lagi yakni dapat mengakibatkan kematian.

Mari kita waspadai rabies dengan empat langkah nyata:

1. Kita lakukan vaksi hewan peliharaan agar antibodi hewan meninggkat sehingga virus rabies dapat dilawan oleh imun tubuh.

2. Hindarilah bersentuhan dengan hewan liar terutama bila hewan tersebut menunjukan gejala tidak sehat.

3. Apabila hendak memelihara hewan, bawalah hewan tersebut ke dokter hewan terdekat untuk memeriksa kesehatannya. Jangan sampai penyakit hewan bisa membahayakan kesehatan keluargamu.

4. Jangan biarkan hewan peliharaan berkeliaran secara bebas tanpa adanya pengontrolan.

Ikutilah petunjuk di atas supaya keluarga dan hewan peliharan kesayanganmu terjaga.

Contoh Artikel SEO

Artikel SEO artinya artikel yang kuantitas dan kualitasnya baik sehingga sebuah website akan mendapatkan lalu intas pengunjung/pembaca secara organik dari mesin pencari seperti google, bing dsb.

Dalam membuat artikel SEO yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Strukturnya misalnya judul (H1), sub judul (H2) dan seterusnya.

2. Berilah gambar utama berukuran minimal lebar 1200 px dan panjang 900 px.

3. Tidak boleh melakukan plagiat. Apabila mengambil dari sumber lain, maka wajib mencantumkan sumbernya di akhir artikel.

4. Artikel ditulis secara jelas, mudah dipahami, menarik dan sesuai kaidah bahasa.

5. Masukkanlah artikel sesuai kategorinya, misalnya artikelnya bertema resep masakan, maka masukkanlah ke dalam kategori masakan. Jangan dicampur dengan kategori olah raga.

Berikut salah satu contoh artikel SEO yang bisa kamu baca:

Artikel ini bertema tutorial: Cara Membuat Copywriting Menarik Donasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *