Contoh Kata Pengantar Laporan

Contoh struktur Kata Pengantar Laporan

Contoh kata pengantar laporan, buku, magang, makalah dan sebagainya itu bisa kita lihat pada halaman depan setelah bagian cover atau sampul.

Oleh karena bagian sampul itu biasanya tidak dihitung sebagai sebuah halaman, maka halaman kata pengantar itu bisa dikatakan berada di halaman pertama.

A. Struktur Kata Pengantar

Secara garis besar, kata pengatar disusun dalam beberapa paragraf yang terdiri dari tiga bagian yakni bagian pembuka, isi dan penutup.

1. Bagian Pembuka

Pada bagian pembuka, biasanya ditulis kedalam beberapa paragraf, bisa 2-4 paragraf dimana isinya berisi ungkapan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan yang dilaporkan.

Misalnya pada paragraf pertama berisi ungkapan syukur kepada Tuhan dimana redaksinya disesuaikan dengan kepercayaannya masing-masing.

Nah, kemudian pada paragraf selanjutnya berupa ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu atau mendukung dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaporkan.

Pada umumnya, urutan penyusunan nama disesuaikan dengan seberapa besar dukungan yang diberikan kepada si penulis atau bisa juga disusun berdasarkan tingkatan jabatannya.

2. Bagian Isi

Pada bagian isi hendaknya menjelaskan secara garis besar atau poin-poin penting dari kegiatan yang dilaporkan sehingga harapannya si pembaca akan lebih tertarik lagi untuk membaca laporan kegiatan secara lebih mendalam.

Uraian yang disampaikan jangan sampai bertele-tele, tapi harus singkat, padat namun tetap menarik.

3. Bagian Penutup

Pada bagian penutup, disini si penulis mengungkapkan permohonan maaf apabila kegiatan yang dilaporkan ada kesalahan dan kekurangan. Selain itu, pada bagian penutup juga terdapat ungkapan yang berisi harapan si penulis kedepannya terkait kegiatan yang dilaporkan.

B. Contoh Kata Pengantar

Berikut tiga contoh kata pengantar laporan magang/PKL, praktikum dan makalah kelompok.

1. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang atau PKL

KATA PENGANTAR

(Bagian Pembuka)

Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang melalui berkat rahmat dan petunjukNya saya mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK 1 Kota Banteng, jurusan otomotif angkatan tahun 2026.

Tak lupa pula saya sampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Purwanto, S.pd. selaku guru pembina Praktek Kerja Lapangan SMK 1 Kota Banteng dan Bapak Mukidi selaku pemilik Bengkel Motor Aji Mumpung yang telah banyak membantu dan mendukung terselesainya program magang ini.

(Bagian Isi)

Program magang ini telah berhasil dilakukan selama waktu 3 bulan. Dalam rentang waktu ini, saya mendapatkan berbagai macam ilmu dan pengalaman terkait manajemen keuangan perbengkelan, praktek operasional dan pelayanan costumer bengkel.

(Bagian Penutup)

Meskipun begitu, saya menyadari bahwa waktu magang yang dilakukan selama tiga bulan ini dirasa terlalu singkat sehingga masih banyak kekurangan. Maka dari itu, segala kritik dan saran akan senantiasa saya terima dan semoga laporan magang di Bengkel Motor Aji ini bermanfaat bagi pembaca terutama adik-adik kelas saya di SMK 1 Kota Banteng.

Kota Banteng, 21 Juni 2026

Muhammad Irianto

2. Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

KATA PENGANTAR

(Bagian Pembuka)

Puja dan puji syukur selalu saya panjatkan kepada Allah swt yang dengan rahmat serta karuniaNya saya berhasil menyelesaikan tugas Praktikum Fisika Dasar yang berjudul “Menghitung besaran gravitasi bumi” tepat sesuai pada waktunya.

Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Maemunah, M.Si. selaku dosen pembimbing praktikum dan Bapak Marwoto, M.Si. selaku penanggung jawab laboratorium fisika yang telah membimbing, mengarahkan serta mendukung kegiatan praktikum ini.

(Bagian Isi)

Praktikum telah dilaksanakan dalam waktu dua jam di dalam ruangan tertutup di gedung laboratorium fisika Universitas Sapi Perah. Guna mengetahui seberapa besar perubahan gravitasi bumi terhadap ketinggian tempat, maka pengambilan datanya dilakukan di lantai satu hingga lantai lima.

Dari praktik ini kita bisa membandingkan nilai besaran gravitasi secara teori dengan hasil perhitungan di lokasi. Selain itu diketahui pula bahwa besaran gravitasi bumi itu ternyata berbeda untuk setiap tempatnya.

(Bagian Penutup)

Meskipun begitu, saya menyadari bahwa pengambilan data ini masih kurang sempurna karena adanya batasan waktu saat pendataan. Oleh karena itu, saran serta kritik yang membangun akan selalu saya terima guna menyempurnakan praktikum ini.

Besar harapan saya, semoga laporan praktikum ini bisa bermanfaat bagi para pembaca terutama adik-adik kelas di Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Sapi Perah.

Kota Sapi, 11 Agustus 2027

Reynaldi Tukul

3. Contoh Kata Pengantar Makalah kelompok

Oleh karena makalah ini dikerjakan secara berkelompok, maka penggunaan kata “saya” diganti menjadi kata “kami”. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini.

KATA PENGANTAR

(Bagian Pembuka)

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah swt yang dengan anugerahNya kami berhasil menyelesaikan makalah ini sebagaimana yang diharapkan. Adapun penyusunan makalah yang berjudul “Fungsi Hutan Bakau Untuk Mencegah Abrasi” ini tidak bisa selesai dengan baik tanpa bantuan berbagai pihak.

Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam membatu penelitian ini hingga bisa menjadi sebuah makalah. Tak lupa, terutama kami ucapkan terima kasih kepada, Bapak Prof. Suparwoto yang bersedia menemani kami sebagai pembina dan penasehat.

(Bagian Isi)

Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara Indonesia merupakan negara maritim. Dengan luas pantai yang sangat panjang tentu terdapat ancaman besar dari abrasi yang disebabkan oleh tekanan gelombang air laut.

Abrasi dapat mengikis daerah di sepanjang pantai dalam waktu yang lama sehingga jika tidak ditanggulangi, maka akan menjadi problem kerusakan lingkungan yang fatal di masa depan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian terkait pencegahan abrasi ini, salah satu yang bisa kita lakukan yaitu dengan memanfaatkan tanaman manggrove atau bakau.

Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa penanaman manggrove dengan pola dan jarak tanam tertentu ternyata mampu mengecilkan dan memecahkan gelombang air laut sebelum gelombang tersebut menerjang bibir pantai sehingga mampu meminimalisir terjadinya abrasi.

(Bagian Penutup)

Meskipun hasil penelitian ini sesuai seperti yang diharapkan namun kami berharap ada penelitian lanjutan yang lebih kompleks dengan mempertimbangkan banyak hal. Kami juga terbuka bila ada kritik dan saran yang membangun. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca terutama para akademisi.

Kota Sragentina, 17 Agustus 2030

Tim Penyusun

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *