Struktur Penulisan dan Contoh Kata Pengantar

Struktur Penulisan dan Contoh Kata Pengantar – Bagi kamu yang sering bergelut dengan karya tulis, seperti makalah, skripsi, novel dan sebagainya, pastinya kamu diharuskan untuk menuliskan kata pengantar, karena kata pengantar merupakan komponen utama yang harus ada dalam suatu karya ilmiah.

Adanya kata pengantar dalam suatu karya ilmiah, adalah sebagai rasa hormat penulis kepada para pembaca, yang didalamnya berisikan ucapan-ucapan dari penulis atas keberhasilannya dalam menyelesaikan tesis, skripsi ataupun makalah penelitian.

Dalam membuat kata pengantar, harus menggunakan kalimat efektif, yang bertujuan agar pembaca mudah memahami isi dari kata pengantar tersebut.

Sebelum membuat kata pengantar, kamu harus mengetahui struktur dalam penulisannya. Berikut ini, akan kami ulas struktur penulisan kata pengantar yang benar. Silahkan menyimak!

Artikel terkait: Contoh pengumuman tidak resmi

Struktur dan contoh kata pengantar

Struktur Penulisan dan Contoh Kata Pengantar

1. Pembukaan

Pada bagian pembukaan, pada paragraf pertama dan kedua, berisikan ucapan syukur penulis atas terselesaikannya karya tulis yang penulis buat. Kata pengantar yang sering digunakan adalah ucapan rasa syukur kepada Tuhan, kemudian dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang terlibat atau telah mendukung dalam pembuatan karya tulis, sehingga karya tulis dapat terselesaikan.

2. Isi

Pada bagian isi ini mengandung gambaran tentang isi dari karya tulis yang telah dibuat oleh si penulis, yang biasanya dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis, kemudian dijelaskan sedikit mengenai pembahasan dan bagaimana penulis menuliskan isi tersebut dalam karya tulisnya. Tulislah secara singkat, padat dan jelas pada bagian isi, karena hanya untuk mengisikan kata pengantar.

3. Penutup

Pada bagian penutup, berisi kalimat permintaan maaf penulis, jika ada kesalahan dalam penulisan, seperti penulisan gelar, nama, atau isi dari karya tulis.

Nah, setelah kamu sudah mengetahui, bagaimana struktur penulisan dalam kata pengantar, alangkah baiknya jika kamu langsung coba praktik membuat kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar

Berikut ini adalah beberapa contoh kata pengantar :

• Contoh kata pengantar makalah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan anugerah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah kami. Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada kami, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah kami.

Pada kesempatan ini, kami membahas mengenai “Karya Seni Rupa Batik”.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, dan masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan didalamnya. Untuk itu, kami mengharapkan kritik dan saran oleh para pembaca, agar makalah ini dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya.

Pemalang, 15 April 2018

Baca juga: Pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur

• Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat dan inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Magang kami yang berjudul “Gambaran Sistem Managemen Pelayanan Radiologi Rumah Sakit Royal Taruma” telah selesai tepat dengan waktu yang telah ditentukan.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian laporan magang ini, hingga selesainya laporan magang ini.

Kami menyadari bahwa pada laporan magang ini masih jauh dari kata sempurna, masih terdapat banyak sekali kekurangan dan kesalahan dalam penulisan. Untuk itu, kami mengharapkan kritik dan saran oleh para pembaca untuk kemudian dapat kami revisi menjadi laporan yang lebih baik lagi.

Demikianlah laporan magang kami, semoga dapat berguna bagi setiap pihak, khususnya bagi para pembaca.

Jepara, 9 Mei 2018

Itulah artikel mengenai Struktur Penulisan dan Contoh Kata Pengantar , Semoga bermanfaat!. Artikel terkait: Pengertian, Ciri-Ciri dan Struktur Teks Ulasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *