Contoh Teks Prosedur Beserta Jenis dan Strukturnya

Contoh Teks Prosedur Beserta Jenis dan Strukturnya – Apa itu teks prosedur? bagaimana struktur teks presedur itu? dan apa saja jenisnya?. Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, simaklah uraian berikut ini.

1. Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisi tentang langkah-langkah untuk melakukan sesuatu hal secara tepat dan berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial untuk melakukan langkah tertentu. Tujuan dibuatnya teks ini untuk memudahkan pembaca dalam melakukan sesuatu hal dengan langkah-langkah yang tepat sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan.

Teks prosedur dapat menyusun suatu hal yang akan disajikan atau menyusun langkah-langkah dalam melakkukan aktivitas tertentu. Teks disertai dengan keterangan-keterangan yang dapat mempermudah pembaca memahami langkah kerja.

Teks prosedur pada umumnya bersifat fleksibel atau tidak memiliki batasan yang bersifat paten. Didalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah. Penggunaan imperatif pada teks prosedur dimaksudkan untuk memerintahkan pembaca melakukan langkah-langkah yang dibahas pada teks prosedur.

Baca juga: Pengertian makna menurut para ahli

Sebelum membahas Contoh Teks Prosedur Beserta Jenis dan Strukturnya pastikan bahwa kamu memahami definsi atau pengertian dari teks prosedur itu sendiri.

2. Ciri-ciri teks prosedur

a. Menggunakan imperatif

Kalimat imperatif adalah kalimat yang bersifat untuk memberikan perintah dan berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang agar tidak melakukan sesuatu. Maka kalimat imperative mengandung perintah.

Contoh;
Mohon menjaga kebersihan ruang kelas!
Dilarang makan di ruangan ini!
Cepat habiskan makanmu, jangan sambil bermain!

Pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur

b. Menggunakan kata kerja aktif

Kata kerja terbagi atas kata kerja aktif dan kata kerja pasif. Untuk teks prosedur digunakan kata kerja aktif. Kata kerja aktif adalah kata yang digunakan untuk memberi tindakan, keberadaan, pengalaman, dan pengertian pada suatu kegiatan objeknya.

Kata kerja aktif mendapat awalan mem- dan dapat disertai akhiran –kan. Contoh;
Menyiram, Meniriskan, Menjemur dan Membilas

c. Menggunakan konjungsi

Teks prosedur menggunakan konjungsi (kata penghubung) supaya langkah kerja dapat runtut dari awal hingga akhir. Konjungsi yang digunakan adalah konjungsi waktu. Konjungsi waktu menghubungkan dengan kronologis pada teks prosedur.

Contoh:
Sebelumnya, Selanjutnya, Kemudian,Lalu dan Setelahnya

d. Menggunakan kata keterangan

Kata keterangan digunakan untuk menyatakan waktu, tempat, dan cara secara akurat. Fungsi kata keterangan tersebut untuk memberikan atau menambahkan keterangan terhadap kata lain.

Contoh:
Tina pulang dari rumah paman siang hari.
Rina membawa sayur dari bibi ke rumahnya.

Baca juga: Contoh surat izin sakit

e. Terdapat tujuan yang ingin dicapai, langkah-langkah, dan penutup.

Jenis teks ini pada umumnya menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, langkah-langkah yang harus di lakukan, dan kata-kata penutup. Contoh:

Cara membuat spaghetti carbonara

Spaghetti carbonara yang dibuat tetap mempertimbangkan komposisi kelengkapan keseimbangan gizi yaitu adanya karbohidrat, protein, serat, dan lemak. Pertama siapkan bahan-bahan, yaitu spaghetti, daging cincang/sosis/daging ayam, wortel/brokoli, keju, susu, dan telur sedangkan bumbu yang disiapkan adalah bawang bombai, garam, gula, lada bubuk, oregano, minyak goreng, dan bubuk cabe (opsional). Lalu panasnya air tambahkan garam satu sendok teh dan minyak goreng satu sendok teh.

Setelah mendidih masukkan spaghetti. Rebus sampai spaghetti kenyal. Sembari menunggu siapakan bawang bombai, daging dan sayur. Potong dadu kecil-kecil. Setelah spaghetti kenyal ditiriskan. Kemudian siapkan panci untuk menumis. Masukkan minyak goreng secukupnya. Setelah panas masukkan bawang bombai, tumis hingga wangi.

Kemudian masukkan daging yang telah dicincang. Setelah itu sayur. Kemudian masukkan susu. Tunggu sampai mendidih. Lalu masukkan spaghetti kemudian masukkan bumbu-bumbu yang tadi telah disiapkan.

Masukkan sesuai selera. Setelah tercampur merata tambahkan keju. Lalu matikan api. Kemudian masukkan telur dalam keadaan mentang dan campur merata. Spaghetti carbonara siap.

f. Menggunakan kalimat saran dan larangan

Teks prosedur menggunakan kalimat yang bersifat larangan atau memberikan saran kepada pembaca.

Seperti teks prosedur cara pembuatan spaghetti diatas. Penulis memberikan saran untuk merebus spaghetti hingga kenyal. Kemudian adanya saran untuk memasak dengan mempertimbangkan kecukupan keseimbangan gizi.

g. Menggunakan akhiran -i dan -kan

Pada umumnya jenis teks prosedur menggunakan akhiran -i dan -kan pada kata kerja yang digunakan.

Contohnya:
Kemudian masukkan telur dalam keadaan mentang dan campur secara merata. Kemudian siapkan panci untuk menumis.

h. Berisi langkah yang terperinci

Teks prosedur berisi langkah-langkah untuk mencapai suatu tujuan dengan terperinci. Maka dari itu pembuatan teks prosedur membutuhkan urutan dari awal hingga akhir. Seperti pada contoh pembuatan spaghetti carbonara.

Dimulai dari persiapan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan hingga cara memasak yang dimulai dari urutan awal hingga akhir. Sehingga akhirnya spaghetti carbonara siap untuk disajikan.

Baca juga: Bagian-bagian surat resmi

i. Disusun secara informatif

Teks prosedur memberikan informasi kepada pembaca terhadap suatu hal dengan cara langkah-langkah yang runtun. contoh diatas memberikan informasi kepada pembaca tata cara pembuatan spaghetti carbonara.

3. Struktur teks prosedur

Teks disusun berdasarkan struktur penyusunan teks supaya teks menjadi baik dan benar. Teks prosedur dibentuk oleh tiga bagian yaitu ungkapan mengenai tujuan, langkah-langkah/material, dan penegasan ulang.

a. Tujuan

Tujuan merupakan pengantar teks prosedur. Tujuan harus ada di teks prosedur. Letaknya diawal sebagai pembuka teks prosedur. Hal ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembaca teks prosedur dibuat.

Contoh:

Pada teks pembuatan spaghetti carbonara disebutkan tujuan pembuatan teks prosedur adalah “Cara membuat spaghetti carbonara. Spaghetti carbonara yang dibuat tetap mempertimbangkan komposisi kelengkapan keseimbangan gizi yaitu adanya karbohidrat, protein, serat, dan lemak.”. Penulis memberikan tujuan bahwa membuat spaghetti dengan mempertimbangkan kelengkapan keseimbangan gizi.

Selain tersirat pada teks prosedur, tujuan dapat berupa judul. Tujuan adalah akhir melakukan sesuatu dari pedoman langkah-langkah pada teks prosedur. Pada teks tersebut maka dapat juga bertujuan bahwa “ cara membuat spaghetti carbonara”.

b. Material

Bagian ini menjelaskan peralatan dan bahan yang diperlukan untuk melakukan yang terdapat pada teks prosedur. Namun pada bagian kedua ini tidak semua teks prosedur memiliki material. Material biasanya terdapat pada teks prosedur masak memasak, seperti contoh diatas disebutkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat spaghetti carbonara.

c. Langkah-langkah

Langkah-langkah merupakan bagian utama dari teks prosedur. Pembaca mulai memahami dan mulai melakukan sesuatu sesuai langkah-langkah teks prosedur. Pada bagian ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti pembaca dengan tujuan dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukannya.

Bagian ini harus dituliskan dari langkah awal hingga akhir secara runtut supaya memperoleh hasil yang maksimal. Seperti pada contoh diatas dimulai dengan menyiapkan bahan-bahan hingga langkah pertama memasak yang harus dilakukan hingga akhirnya hidangan siap untuk disantap.

4. Macam-macam teks prosedur

a. Teks prosedur sederhana

Teks prosedur yang memiliki langkah-langkah sederhana, hanya dua sampai empat langkah saja. Langkah yang ditulis hanya langkah yang penting saja.

Contohnya:
Cara login intagram:
1. Masukkan username/email/nomor telpon
2. Masukkan password
3. Login

b. Teks prosedur kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan teks prosedur yang memiliki banyak langkah dengan dijelaskan secara detail. Pada beberapa teks diperlukan alat dan bahan.

Contohnya:
Cara menge-print

1. Pastikan kabel print telah tersambung dengan soket listrik dan perangkat komputer.

2. Siapkan kertas pada printer.

3. Printer telah tersambut dengan komputer.

4. Klik bagian print pada gambar yang tertera di layar komputer.

5. Dokumen akan ter-print.

Baca juga: Contoh surat resmi

c. Teks prosedur protokol

Teks prosedur protokol adalah teks prosedur yang langkahnya dapat diubah sesuai masing-masing orang yang yang melakukan. Langkah dapat diubah sehingga bersifat fleksibel namun memiliki tujuan yang sama pada akhirnya.

Contohnya:
cara membuat capcay rebus.

Ada yang dimulai dengan menumis bumbu lalu sayur dimasukkan kemudian diberi kuah. Namun ada yang menumis bumbu kemudian diberi kuah setelah mendidih sayur dimasukkan. Cara yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.

Nah, bila ada pertanyaan terkait Contoh Teks Prosedur Beserta Jenis dan Strukturnya ini bisa ditulis di bawah.

Daftar Pustaka
https://www.gurupendidikan.co.id/teks-prosedur/ diakses pada Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 14.30 WIB
https://www.yuksinau.id/contoh-teks-prosedur-kompleks/ diakses pada Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 14.50 WIB
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/teks-prosedur.html diakses pada Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 14.45 WIB
https://moondoggiesmusic.com/contoh-teks-prosedur-kompleks/ diakses pada Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 14.40 WIB
https://dosenbahasa.com/berikan-contoh-kata-kerja-aktif-dan-kata-kerja-pasif diakses pada Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 19.20 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *