Pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur

Pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur – Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas mengenai contoh teks prosedur singkat dalam Bahasa Indonesia dan juga contoh jenis teks yang lain yaitu contoh teks anekdot.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai teks prosedur yang lebih terperinci yaitu meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur .

A. Pengertian Teks Prosedur

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, prosedur dapat diartikan sebagai tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Sedangkan teks dapat diartikan sebagai naskah yang berupa kata-kata dari pengarang yang biasanya digunakan sebagai dasar dalam memberikan pelajaran.

Artikel lainnya: Contoh esai atau essay

Sehingga teks prosedur dapat diartikan sebagai sebuah teks atau naskah yang berisi tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas tertentu.

Penulisan teks prosedur bertujuan untuk membantu para pembaca dalam memahami bagaimana cara melakukan suatu aktivitas dengan tepat.

Pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur

B. Ciri-ciri teks prosedur

Untuk dapat membedakan apakah suatu teks merupakan teks prosedur atau bukan, perhatikanlah ciri-ciri teks prosedur berikut:

  • Biasanya menggunakan kalimat perintah atau imperatif
  • Menggunakan kata kerja aktif
  • Menggunakan konjungsi untuk mengurutkan suatu kegiatan, seperti kemudian, selanjutnya, lalu, dan setelah itu.
  • Terdapat kata keterangan mengenai waktu, tempat, dan cara secara akurat.
  • Teks prosedur terdiri dari tiga bagian, yakni bagian tujuan teks prosedur, material, dan langkah-langkah.

Baca juga: Pengertian, ciri-ciri teks ulasan

C. Jenis-jenis Teks Prosedur

Jenis-jenis teks prosedur yaitu, teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, dan teks prosedur protokol antara lain sebagai berikut:

  • Teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana adalah langkah-langkah yang hanya berisi tiga sampai empat langkah seperti cara membuat teh hangat, cara menyalakan televisi, dan lain sebagainya.

  • Teks prosedur kompleks

Teks prosedur kompleks adalah langkah-langkah yang berisi banyak langkah seperti, cara membuat rumah susun, cara membuat sayur sop, dan lain sebagainya.

  • Teks prosedur protokol

Teks prosedur protokol adalah langkah-langkah yang mudah dimengerti dan sederhana seperti, cara membersihkan karpet, cara menyalakan motor, dan sebagainya.

D. Struktur Teks Prosedur

Ketika membuat prosedur, harus menggunakan struktur prosedur kompleks yang terdiri dari tiga bagian yaitu bagian tujuan, bagian material dan bagian langkah-langkah. Perhatikan penjelasan mengenai struktur teks prosedur berikut:

  • Bagian tujuan

Pada bagian ini, kalian harus menuliskan tujuan dari langkah-langkah yang akan dibuat atau hasil akhir yang akan diwujudkan pada teks prosedur tersebut.

  • Bagian material

Pada bagian ini, menjelaskan apa saja alat dan bahan dalam pembuatan sesuatu yang akan dibuat atau apasaja keperluan yang harus dipersiapkan sebelum memulai langkah-langkah yang telah dibuat.

  • Bagian langkah-langkah

Pada bagian ini merupakan langkah-langkah atau urutan-urutan dalam melakukan sesuatu yang hendak dicapai. Pada bagian ini, langkah-langkah harus berurutan tidak boleh diacak.

Dalam teks prosedur, struktur teks prosedur digunakan untuk memudahkan para pembaca dalam mengikuti langkah-langkah yang telah dibuat.

Jadi yang pertama diuraikan adalah apa tujuan membuat langkah-langkah, kemudian mempersiapkan alat dan bahan supaya pada saat praktek tidak kebingungan dalam mencari alat dan bahan, jadi dengan kesiapan material akan mudah dalam melakukan langkah-langkah dengan baik.

Artikel terkait: Contoh pengumuman tidak resmi

Dari artikel yang telah dibuat diatas, dapat disimpukan bahwa teks prosedur adalah teks atau naskah yang berisi tahapan-tahapan atau langkah-langkah suatu kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas tertentu.

Demikian uraian tentang pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur , semoga dapat bermanfaat dan memambah wawasan bagi para pembaca.

Lutfi Aminuddin

Lutfi Aminuddin merupakan kolumnis dibeberapa media lokal dan nasional. Tulisan Lutfi bisa dijumpai pada Harian Pemalang, Geotime, Hipmee, Pressiwa, Solopos, dan masih banyak yang lainya lagi. Lutfi telah mengeluarkan buku berjudul Negeri Bahagia Skandinavia tahun 2017 yang diterbitkan oleh penerbit Asrifa. Lutfi mengenyan Studi S1 nya di IAIN Purwokerto dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam. Ia juga mengambil S1 di IAIN Surakarta pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *