Cara Membuat Copywriting Yang Menarik

  • Whatsapp
Cara Membuat Copywriting Yang Menarik
Cara Membuat Copywriting Yang Menarik

Cara Membuat Copywriting Yang Menarik – Untuk menarik orang lain terhadap produk kita diperlukan media promosi atau periklanan seperti banner, baliho, spanduk dan sebagainya yang kesemuanya itu tidak akan efektif apabila cara penyampaiannya tidak menarik.

Ada teknik khusus penyampaian atau komunikasi yang bisa kita latih dan kita lakukan agar produk atau program kegiatan yang kita tawarkan kepada orang lain menjadi menarik sehingga harapannya dari sekian orang yang tertarik ada yang mau membeli produk atau menjadi donatur program kegiatan kita.

Apa itu Copywriting ?

Copywriting adalah teknik komunikasi atau penyampaian yang dapat membujuk orang lain supaya mengikuti keinginan kita. Copywriting bisa berupa tulisan, video dan podcast.

Baca juga: materi bahasa Indonesia

Contoh Copywriting Yang Menarik

Untuk bisa melihat semenarik apa sebuah narasi apabila dirubah menjadi copywriting bisa kita lihat contohnya berikut ini. Ini merupakan narasi yang bertujuan agar menarik simpati orang lain supaya mau menjadi donatur penyambungan pipa air menuju ke Desa A.

Contoh narasi tanpa copywriting.

Desa A merupakan desa yang mengalami krisis air bersih. Kejadian ini sudah berlangsung sejak 30 tahun yang lalu akibat adanya kerusakan alam dan intrusi air laut. Ada 250 Kepala Keluarga yang terdampak krisis air bersih ini.

“Biasanya masyarakat mengambil air bersih ke sumber mata air terdekat yang jaraknya sekitar 3 km, letaknya ada di atas pegunungan” kata salah seorang warga Desa A.

Selain karena jaraknya yang jauh, medan yang harus dilalui warga cukup ekstrem. Masyarakat harus ke lokasi dengan berjalan kaki melalui hutan dengan jalan setapak yang kontur tanahnya berbukit-bukit.

“Airnya di sini payau jadi oleh warga cuma buat mencuci alat dapur dan baju, mandi saja 2 hari sekali. Saya biasanya ambil air di mata airnya berangkat habis subuh, nanti sampai rumah kembali sekitar jam 13.00 siang,” jelas nenek Ani.

Tidak semua keluarga memiliki anggota keluarga laki-laki dewasa yang bisa dimintai bantuan untuk mengambil air ke mata air sehingga sering kita jumpai setiap harinya kakek nenek, ibu-ibu atau mbak-mbak mengambil air dengan dirigen.

Contoh Copywriting Menarik Pertama

Nah, bagaimana cara membuat copywriting yang menarik dari narasi di atas? simak baik-baik berikut.

Siang hari yang sangat panas, aku sudahi sejenak perjalanku untuk meneguk air kemasan dari bekalku kali ini.

Tanpa disengaja pandanganku tertuju ke seorang nenek, dengan nafas yang terengah-engah dan keringat bercucuran deras memikul ember yang berisi air bersih di atas kepalanya.

Akupun memutuskan membantunya yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari lokasi tempat aq berhenti.

“Gak usah repot-repot Nak, nenek udah biasa seperti ini,” ujarnya.

Ternyata ada 250 Kepala Keluarga di Desa A ini yang mengalami krisis air bersih selama 30 tahun termasuk Nenek Ani ini.

Intrusi air laut membuat sumur warga keruh dan rasanya payau sehingga Ia harus memikul air bersih dari mata air terdekat yang jaraknya 3 km.

Mandi 2 sampai 3 hari sekali, mencuci perkakas dapur dan baju dengan air payau itu sudah biasa di desa ini.

Ayo kita bantu mereka, kita ringankan beban mereka!.

Melalui uang yang terkumpul, kita beli pipa untuk mengairi air bersih dari mata air pegunungan sampai ke Desa A.

Contoh Copywriting Menarik Kedua

Huuh…huuh…huuh, suara nafas terengah-engah disertai wajah yang basah penuh keringat.

“Sudah biasa Nak,” ujar Nenek Ani yang sedang membawa ember berisi air bersih di kepalanya.

Rupanya sudah menjadi rutinitas bagi nenek Ani dan ratusan warga Kampung A lainnya, berjalan jauh untuk memperoleh air bersih yang ada di pegunungan.

Meski jarak mata air terdekat dengan Kampung A sejauh 3 km, mereka rela menyusuri hutan. Semangat hidup merekalah yang membuat raga-raga tua yang renta menjadi kuat.

Betapa tidak? setetes air bersih yang sering kita buang percuma merupakan pertaruhan hidup dan mati bagi warga Kampung A.

Mari kita ringankan beban mereka dengan bersama-sama kita bangun jalur pipa dari mata air gunung menuju kampung A. Tanpa kepudulian aku dan kamu, ini akan sulit terwujud.

Nah, kedua contoh narasi di atas merupakan narasi copywriting untuk menggalang donasi dimana permasalahannya adalah krisis air bersih yang dialami warga Kampung A. Adapun solusinya yakni membuat jalur pipa dari mata air di atas pegunungan menuju Kampung A.

Cara Membuat Copywriting Donasi

Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika membuat copywriting donasi, yakni:

1. Judul harus mampu menuai simpati publik atau memainkan emosi pembaca. Misalnya: Bantu 250 KK Desa A Memperoleh Air Bersih atau Krisis Air Bersih, Warga Desa A Butuh Pertolongan!.

2. Buatlah beberapa foto yang dramatisir secara fakta yang menggambarkan kondisi di lapangan. Misalnya: Foto nenek Ani yang sedang membawa ember di kepalanya, foto sumur warga yang keruh dsb.

3. Buatlah narasi yang bisa memainkan emosi dan simpati pembaca. Seperti pada contoh di atas. Memang akan agak terkesan lebay namun itu cara penyampaian yang baik untuk menggalang dana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *