Pengertian Slogan Beserta Ciri, Macam-Macam dan Contohnya

Pengertian Slogan Beserta Ciri, Macam-Macam dan Contohnya – Kita pasti sering ditempat-tempat umum ataupun lingkungan sekolah maupun kampus melihat sebuah kata-kata ataupun gambar yang unik, menarik dan kata-kata yang mudah diingat serta memiliki makna yang bagus dan mendalam itu yang disebut slogan.

Bahkan terkadang kita mendapat tugas dari guru maupun dosen untuk membuat slogan entah itu slogan untuk kesehatan ataupun himbauan, layanan jasa atau prodak, dan ajakan-ajakan lainnya.

Lalu sebenarnya apa sih pengertian slogan? Bagimana ciri-ciri slogan dan apa saja macam-macamnya serta seperti apa contohnya?

Berikut kami jelaskan secara lengkap untuk membantu Anda mengerjakan tugas ataupun sebagai referensi untuk menambah wawasan Anda. Ini dia penjelasannya :

Pengertian Slogan Beserta Ciri, Macam-Macam dan Contohnya

A. Pengertian slogan

Slogan adalah suatu kata-kata atau kalimat yang umumnya relative singkat, padat dan biasanya mencolok, menarik, sehinnga mudah diingat oleh pembacanya yang digunakan untuk menginformasikan ataupun menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat.

Dalam kalimat yang terdapat dalam slogan terdapat makna yang besar atau luas. Hampir sama dengan dengan iklan. Biasanya bertujuan untuk mengajak ataupun melakukan sesuatu kepada masyarakat baik untuk menaati suatu peraturan ataupun untuk membeli suatu produk karena tujuaannya adalah untuk mengajak seseorang.

B. Ciri-Ciri Slogan

Slogan memiliki ciri-ciri khusus yaitu, sebagai berikut:

1. Umumnya berisi sebuah kalimat atau kata-kata yang menarik dan mudah untuk diingat oleh pembacanya.

2. Dapat berupa kalimat, motto, frase dan klausa yang dibuat semenarik mungkin.

3. Dapat berupa lambang ataupun semboyan sebuah organisasi

4. Berisi ajakan dan himbauan kepada masyarakat

5. Biasanya dibuat untuk menyadarkan dan memotivasi masyarakat

Baca juga: Pengertian makna menurut para ahli

C. Macam-Macam Slogan

Berikut ini macam-macam slogan, antara lain:

Slogan pendidikan, yaitu sebuah slogan yang memotivasi dan mendorong para pelajar supaya rajin menuntut ilmu serta menaati aturan yang berada di sekolah.

Umumnya slogan pendidikan ditempel pada mading, dinding sekolah, bahkan terkadang terdapat dalam toilet.

Artikel terkait: Cara penulisan gelar yang benar

Slogan kesehatan, yaitu slogan yang bertemakan kesehatan umumnya sering dijumpai pada puskesmas, klinik, rumah sakit, apotek dan terkadang di dinas pemerintah yang berbasis kesehatan dan lingkungan.

Biasanya bertujuan agar masyarakat hidup sehat dan bersih, serta mengingatkan kepada masyarakat betapa pentingnya hidup sehat.

Slogan lingkungan, yaitu slogan yang berisikan lingkungan hidup masyarakat sekitar, biasanya dapat dijumpai di tempat pariwisata, hutan, dan pinggir jalan serta tempat lainnya.

Umumnya berisi ajakan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan serta mencintai alam sekitar karena akan berdampak kepada masyarakat itu sendiri.

Slogan iklan/produk, yaitu slogan yang berisi promosi tentang suatu produk ataupun layanan jasa yang bertujuan agar masyarakat tertarik dengan produk yang diiklankan sehingga tertarik untuk membeli produk tersebut maupun menggunakan layanan tersebut.

Biasanya terdapat pada tempat-tempat umum yang ramai atau pusat keramaian, dan di pinggir jalan raya.

Baca juga: teks negosiasi

Nah demikian tadi penjelasan lengkap tentang Pengertian Slogan Beserta Ciri, Macam-Macam dan Contohnya yang dapat digunakan teman-teman sebagai referensi untuk mengerjakan tugas maupun untuk  menambah wawasan Anda, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *