Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Manfaat Telur Bagi Kesehatan – Telur memang nggak bisa lepas dari keseharian kita. Seberapa sering kamu mengonsumsi telur? Mungkin ada yang beberapa hari sekali, ada yang setiap hari, bahkan ada yang setiap makan harus ada telur.

Pasalnya telur memang salah satu sumber protein hewani yang bisa diolah menjadi beragam hidangan enak. Telur bisa diolah dengan direbus, digoreng, atau bahkan dicampur dengan bahan makanan lain.

Lalu, seberapa jauh kamu tahu tentang bahan makanan yang satu ini?

Jenis telur yang bisa kamu konsumsi memang beragam. Ada telur ayam kampung, telur ayam negeri, telur puyuh, telur bebek, dan lain sebagainya. Ukuran masing-masing jenis telur tersebut pun beragam, tetapi komposisi zat gizi yang dikandung hampir sama kok.

Baca juga: Cara Memasak Makanan Agar Gizinya Tidak Hilang

Telur merupakan bahan pangan yang tinggi protein dengan susunan asam amino lengkap. Selain itu, telur pun mengandung lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh dan sangat mudah dicerna.

Telur paket lengkap deh karena mengandung hampir semua zat makanan yang diperlukan manusia, seperti lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Beberapa Manfaat Telur Bagi Kesehatan

dSebagai bahan makanan dan mengandung berbagai zat gizi penting bagi tubuh, tentunya telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa sih manfaat telur yang sudah kamu ketahui sebelumnya?

Nggak hanya itu lho. Telur memiliki segundang manfaat bagi kesehatanmu berikut ini.

  • Telur hampir mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh

Sebutir telur, meski ukurannya berbeda-beda tetapi memilki zat gizi yang lengkap, lho. Telur mengandung vitamin A, D, E, K, asam folat, vitamin B5, B12, B2, B6 dan berbagai mineral seperti fosfor, selenium, kalsium dan zinc. Tentunya, semua zat gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Baca juga: Dampak Bahaya Dan Jumlah Sampah Makanan di Indonesia

  • Telur tinggi kolesterol, tetapi aman dikonsumsi asal jumlahnya tepat

Kamu mungkin sering mendengar kalau telur ini banyak mengandung kolesterol. Memang betul! Sebutir telur mengandung 212 mg kolesterol, yang merupakan setengah kali lebih banyak dari rekomendasi asupan kolesterol harian kita, yaitu 300 mg.

Kamu nggak perlu khawatir kok kalau mengonsumsi telur. Sebab, kolesterol dalam makanan nggak selalu meningkatkan kolesterol darah. Yang terpenting, dalam sehari cukup konsumsi 1 butir telur saja, ya!

  • Telur baik untuk perkembangan otak

Kalau kamu ingin punya otak cemerlang, makan saja telur dengan cukup! Telur mengandung kolin, zat gizi penting yang digunakan untuk pembentukan membran sel dan berperan dalam menghasilkan molekul sinyal di otak.

Oleh karena itu, telur adalah sumber kolin yang sangat baik. Telur juga mengandung omega-3 yang baik untuk otak kamu, lho.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Kamu akan aman dari risiko mengalami menyakit jantung dan stroke asal konsumsi telurnya nggak berlebihan. Dan juga diimbangi dengan konsumsi bahan makanan lain.

Telur memiliki kandungan omega-3, di mana omega-3 menjadi antioksidan yang baik dalam mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan stroke.

  • Telur meningkatkan kesehatan otot

Mengonsumsi telur dengan cukup dan teratur bisa meningkatkan kesehatan ototmu, lho. Kamu pun akan terhindar dari kehilangan massa otot.

Nah, kalau kamu ingin punya otot yang bagus, kamu bisa olahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang mengandung protein berkualitas tinggi seperti telur.

Baca juga: Cara Membakar Kalori Tanpa Olah Raga

  • Telur merupakan protein berkualitas tinggi

Mungkin kamu sudah tahu kalau telur ini merupakan sumber protein. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa protein dalam  telur sangatlah berkualitas karena mengandung asam amino secara lengkap.

Telur mengandung semua asam amino esensial dengan rasio yang tepat. Jadi, dengan mengonsumsi telur, kamu juga akan lebih sehat dan terhindar dari masalah-masalah kesehatan.

  • Telur membantu menurunkan berat badan

Percaya nggak kalau telur bisa membantu menurunkan berat badan? Faktanya, telur dapat meningkatkan rasa kenyang yang akan membantumu nggak gampang makan banyak. Namun, nggak semata-mata dengan makan telur saja berat badanmu bisa langsung turun.

Olahan telur harus kamu pertimbangkan yaitu menghindari olahan telur yang digoreng supaya mengurang asupan lemak kamu. Untuk menurunkan berat badan, kamu pun perlu memperbaiki pola makan dan melakukan aktivitas fisik.

Lengkap banget ‘kan manfaat telur bagi kesehatanmu? Nah, supaya manfaat-manfaat telur tersebut bisa optimal, kamu harus memilih telur yang berkualitas.

Ciri-Ciri atau Cara Memilih Telur Yang Baik

Telur adalah bahan makanan yang mudah rusak, sehingga harus sangat kamu perhatikan kondisinya. Telur yang berkualitas itu kondisinya masih bagus dan layak untuk dikonsumsi.

Baca juga: Aturan Waktu Yang Tepat Minum Vitamin

Untuk memilih telur yang masih bagus dan layak untuk dikonsumsi, caranya gampang kok dan bisa kamu lakukan di rumah.  

Berikut ini adalah tips mengecek telur yang yang layak untuk dikonsumsi.

  • Telur nggak mengapung di air

Yang satu ini merupakan cara mudah untuk mengecek apakah telur masih berkualitas bagus atau enggak. Telur yang memiliki kualitas buruk akan mengambang karena sudah terdapat rongga udara di dalamnya.

  • Mengecek telur dengan dikocok

Cara ini juga sangat mudah. Kamu bisa memegang telur dengan 3 jari, yaitu telunjuk, jari tengah, dan ibu jari. Lalu, kocoklah telur di dekat telingamu.

Apabila suaranya cukup terdengar, berarti albumen atau protein dalam telur sudah rusak sebab nggak lagi bisa menahan kuning telur di dalam. Jadi, telur yang baik jika dikocok nggak akan terdengar suara.

  • Mengecek bau telur

Kalau yang ini sih pasti kamu tahu, ‘kan? Telur yang bagus akan mengeluarkan bau khas, sementara telur yang sudah rusak baunya cenderung nggak sedap.

  • Simpan telur dengan baik

Telur yang rusak juga bisa terjadi karena penyimpanan yang nggak tepat lho. Jika nggak disimpan dengan baik dan benar, telur bisa mudah terkontaminasi bakteri.

Lalu ketika ingin digunakan, telur tersebut menjadi nggak layak untuk dikonsumsi Untuk penyimpanan, sebaiknya tempatkan telur pada suhu udara dingin, tetapi nggak harus disimpan di freezer.

Selama berada di lemari pendingin, telur akan akan tetap segar walaupun belum digunakan kok. Asal lemari pendinginmu juga rutin dibersihkan, ya.

Baca juga: Cara Mengolah Sayuran Agar Gizinya Tidak Hilang

  • Pecahkan telur dan lihat warna putih telurnya

Tips ini berlaku kalau kamu punya stok telur dan ragu untuk mengonsumsinya. Pecahkan saja telur yang akan diolah, kemudian lihat bagian putih telur.

Telur layak konsumsi memiliki warna putih telur yang bening pada umumnya. Akan tetapi apabila warnanya sudah berubah menjadi merah jambu, berarti telur sudah rusak.

  • Putar telur di atas meja

Cara ini agak berisiko, jadi harus kamu lakukan pelan-pelan saja, ya. Letakkan telur di atas meja, lalu putar dengan tangan. Kalau telur nggak bisa berputar sempurna, tandanya telur sudah rusak.

Itu dia ulasan tentang telur yang perlu kamu tahu. Dibalik manfaatnya yang banyak, telur memang rentan rusak. Kalau salah mengonsumsi telur yang sudah rusak, bisa-bisa kamu malah mengalami hal buruk seperti diaer, muntah-muntah, dan lain sebagainya.

Selain itu, meskipun kamu sangat suka telur, kamu pun tetap harus mengonsumsi makanan dengan beragam supaya kebutuhan gizimu tetap tercukupi, ya!

Nah. Bila ada pertanyaan terkait Manfaat Telur Bagi Kesehatan bisa ditulis di bawah ini.

Baca juga: Efek Obat Penurun Berat Badan atau Pelangsing

Referensi:

Tien, Muchtadi, Sugiyono, dan Ayustaningwarno F. 2013. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *