10 Manfaat Air Putih Bagi Manusia

10 Manfaat Air Putih Bagi Manusia
10 Manfaat Air Putih Bagi Manusia

Ada 10 manfaat air putih bagi tubuh manusia apabila kita meminumnya sesuai dengan asupan yang direkomendasikan.

Mengapa harus sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan? Hal ini agar sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebihan yang nantinya justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Kebutuhan air perhari bagi tubuh

Nah, kemudian pertanyaan muncul, berapa banyak kebutuhan air bagi tubuh manusia itu?.

Pada dasarnya kebutuhan air pada tubuh manusia sangatlah bervariasi tergantung pada aktivitas yang dilakukan oleh manusia tersebut. Seorang pekerja fisik yang berat pasti memiliki kebutuhan konsumsi air yang berbeda dengan seorang pekerja kantoran.

Menurut Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik dan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, kebutuhan air pada tubuh manusia itu sebanyak 3,7 liter pada pria dan 2,7 liter pada wanita. Besarnya kebutuhan air ini 80%-nya harus berasal dari minuman sedangkan 20%-nya bisa dari makanan atau buah yang dikonsumsi.

10 manfaat air putih bagi manusia

Dikutip dari artikel Fifteen benefits of drinking water yang diterbitkan oleh medicalnewstoday.com bahwa ada 15 manfaat minum air namun pada artikel ini 15 manfaat ini bisa kita rangkum menjadi 10 manfaat.

1. Air berperan dalam melumasi sendi

Persendian manusia setiap waktu melakukan gerakan sehingga rawan terjadi gunjangan yang berakibat nyeri sendi. Nah, disinilah peran air dibutuhkan sebagai pelumas untuk meredam guncangan tersebut. Ada 80% air ditemukan di tulang rawan, cakram dan persendian tulang belakang.

2. Air berfungsi membentuk air liur dan lendir

Air yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi itu akan dijadikan sebagai bahan baku pembuatan air liur dan lendir yang bermanfaat untuk melembabkan mulut.

3. Membawa oksigen, nutrisi serta mineral ke seluruh tubuh

Oksigen disebarkan ke seluruh tubuh oleh darah dimana kandungan airnya bisa mencapai 90% air. Selain itu, nutrisi dan mineral untuk dapat mencapai ke berbagai bagian tubuh itu juga dibantu oleh air. Keduanya akan larut kedalam air lalu menyebar ke seluruh tubuh.

4. Air putih bermanfaat menyehatkan kulit

Tubuh yang kekurangan air atau dehidrasi, maka akan timbul kerutan dan rentan terkena penyakit kulit. Dengan demikian, maka konsumsi air putih secara cukup dapat menyehatkan kulit.

5. Sebagai pelapis otak, tulang sumsum belakang serta jaringan sensitif lainnya

Dehidrasi dapat mengganggu kinerja otak serta pembuatan hormon tubuh. Untuk itu fungsi air disini sangat dibutuhkan.

6. Membantu menstabilkan suhu tubuh

Air yang ada di dalam tubuh, sebagiannya akan disimpan di lapisan tengah pada kulit. Air ini akan keluar dari tubuh dalam bentuk keringat yang kemudian menguap saat suhu tubuh meningkat. Proses ini sebagai bentuk respon tubuh untuk menurukan suhu tubuh.

7. Membantu kinerja sistem pencernaan

Usus manusia membutuhkan air agar dapat bekerja dengan baik. Dehidrasi dapat membuat kinerja sistem pencernaan terganggu sehingga menimbulkan asam yang berlebih, sembelit, sakit maag dan kerasnya tinja yang dikeluarkan anus.

8. Membantu sistem pembuangan kotoran di tubuh

Sisa hasil metabolisme tubuh dibuang melalui pori-pori berupa keringat, saluran kencing dan tinja. Proses ini membutuhkan peran air.

9. Bermanfaat dalam menjaga tekanan darah

Kekurangan air dapat membuat darah menjadi lebih kental sehingga membuat tekanan darah naik.

10. Bermanfaat menurunkan berat badan

Minum air sebelum makan dapat mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan karena sebelum diisi makanan sudah kenyang duluan. Apalagi jika dibuat dalam minuman jus buah yang dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Referensi:

Artikel berjudul:Fifteen benefits of drinking water yang ditulis oleh James McIntosh pada tanggal 16 Juli 2018, diterbitkan oleh medicalnewstoday.com dan diakses pada tanggal 28 Maret 2022.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.