Manfaatnya Lidah Buaya

  • Whatsapp
manfaatnya lidah buaya
manfaatnya lidah buaya

Manfaatnya lidah buaya Aloe vera alias lidah buaya memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Nggak heran kalau kita sering mendengar bahwa pada produk-produk kecantikan, banyak yang memiliki kandungan aloe vera. Untuk kulit, lidah buaya ini terkenal bermanfaat dalam menenangkan kulit yang terbakar matahari dan juga menyembuhkan luka. Selain itu, aloe vera juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut.

Namun, tentu saja manfaat aloe vera nggak sebatas itu. Tumbuhan ini juga bermanfaat dalam membantu penurunan berat badan dan menurunkan risiko penyakit tertentu seperti diabetes, hepatitis, hingga inflammatory bowel disease. Jadi, nggak hanya untuk kecantikan saja, lidah buaya juga menjadi tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan dan pengobatan.

Kandungan Lidah Buaya

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai manfaatnya lidah buaya atau aloe vera, kenali dulu yuk kandungan-kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya. Aloe vera memiliki kandungan 75 zat aktif seperti vitamin, enzim, mineral, gula, lignin, saponin, asam salisilat, dan asam amino.

  1. Vitamin

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A (beta-carotene), vitamin C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan lho. Selain itu, ada juga vitamin B12, asam folat, dan juga choline.

  1. Enzim

Enzim yang terdapat dalam tumbuhan ini antara lain aliiase, alkaline phosphatase, amylase, bradykinase, carbozypeptidase, catalase, cellulase, lipase, dan peroxidase. Enzim-enzim tersebut ada yang bermanfaat untuk meredakan inflamasi, ada juga yang membantu memecah gula dan lemak.

  1. Mineral

Mineral yang dikandung aloe vera yaitu calcium, chromium, copper, selenium, magnesium, manganese, potassioum, sodium, dan zinc. Beberapa dari mineral tersebut bermanfaat dalam menjalankan fungsi enzim-enzim, dan beberapa bermanfaat sebagai antioksidan.

  1. Gula

Aloe vera juga memiliki monosakarida (glukosa dan fruktosa) serta polisakarida (glucomannans/polymannose).

  1. Anthraquinone

Aloe vera mengandung 12 anthraquinones yang merupakan senyawa fenolik atau sering dikenal sebagai zat laksatif. Zat laksatif sendiri sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah buang air besar.

  1. Asam lemak

Asam lemak dari aloe vera berbentuk kolesterol, campesterol, β-sisosterol, dan lupeol. Kandungan-kandungan tersebut memiliki sifat antiinflamasi, antiseptik, dan analgesik.

  1. Hormon

Ada kandungan hormon dalam aloe vera yang dapat membantu penyembuhan luka dan sebagai zat antiinflamasi. Hormon tersebut adalah auxin dan gibberellin.

  1. Kandungan lain

Selain kandungan-kandungan di atas, lidah buaya pun memiliki asam amino, asam salisilat sebagai antiinflamasi dan antibakteri, lignin, dan saponin sebagai zat antiseptik.

Manfaatnya Lidah Buaya

Dari kandungan-kandungan tersebut, nggak heran deh kalau aloe vera memiliki segudang manfaat bagi kita. Secara umum, manfaat aloe vera adalah sebagai berikut.

  1. Meredakan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Manfaat aloe vera salah satunya adalah dapat meredakan sensasi heartburn pada penyakit GERD. Menurut penelitian, mengonsumsi 28,35 – 85 gram aloe vera gel di waktu makan dapat menurunkan keparahan dari GERD.

  1. Dapat membuat sayuran dan buah-buahan tetap segar

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah dapat membantu buah-buahan dan sayuran yang kita simpan tetap segar. Aloe vera ini akan mengurangi zat kimia berbahaya sehingga bisa memperlama umur simpan buah dan sayur.

  1. Dapat digunakan sebagai mouthwash (obat kumur)

Menurut penelitian tahun 2014 yang dipublikasikan di Ethiopian Journal of Health Services, ekstak lidah buaya aman dan efektif digunakan sebagai obat kumur lho. Hal ini karena aloe vera tinggi akan kandungan vitamin C yang bisa mengurangi plak dan meredakan gusi bengkak serta berdarah.

  1. Sebagai zat laksatif alami

Selain beberapa manfaat di atas, aloe vera juga memiliki manfaat sebagai bahan laksatif alami. Mayo Clinic juga mengatakan bahwa aloe vera dapat dikonsumsi untuk meredakan sembelit (konstipasi). Dosis konsumsi yang direkomendasikan adalah 0,04 – 0,17 gram dalam bentuk dried juice.

  1. Membantu penurunan berat badan

Lidah buaya ternyata juga memiliki manfaat dalam penurunan berat badan nih. Tumbuhan ini dapat meningkatkan efektivitas diet dan memaksimalkan potensi penurunan berat badan. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral serta asam amino, enzim, sterol, dan lain sebagainya yang mampu mendukung metabolisme yang meningkatkan penurunan berat badan. Kita bisa mengonsumsi gel aloe vera yang dijadikan jus dan dicampur dengan buah-buahan atau lemon.

Manfaatnya Lidah Buaya Untuk Rambut

Sekarang, kita akan membahas manfaat aloe vera secara spesifik untuk kesehatan rambut. Kira-kira apa saja ya manfaatnya?

  1. Memperkuat rambut

Lidah buaya salah satunya bermanfaat dalam memperkuat rambut agar nggak mudah rontok, patah, dan rapuh. Hal ini karena aloe vera memiliki kandungan zat aktif dan juga mineral-mineral. Ada juga kandungan asam lemak, asam amino, dan vitamin A, B12, C, serta vitamin E yang mampu menyehatkan folikel rambut.

  1. Mengontrol rambut berminyak

Masalah rambut berminyak ternyata juga bisa diatasi dengan aloe vera. Soalnya, tumbuhan ini memiliki enzim yang dapat memecah lemak sehingga mampu mengurangi kelebihan minyak (sebum) pada rambut.

  1. Membantu mengatasi kulit kepala gatal

Seringkali kulit kepala gatal juga menjadi salah satu masalah rambut yang banyak dialami. Selain itu, ada juga kondisi dermatitis seboroik di mana kulit mengalami inflamasi yang menyebabkan ketombe, kulit kemerahan, hingga bersisik. Nah, lidah buaya ini ternyata mampu mengurangi sensasi gatal dan kulit kepala bersisik lho.

  1. Melindungi rambut dari sinar UV

Ada penelitian yang mengatakan bahwa cairan aloe vera segar dapat melindungi rambut dari radiasi sinar UV akibat paparan sinar matahari lho. Sinar UV sendiri dapat menyebabkan kerusakan rambut seperti warna kusam dan kurang berkilau, kurang elastis, hingga mudah patah.

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Pada aloe vera, ada kandungan aloenin yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang mengalami masalah rambut rontok. Kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi rambut patah. Namun demikian, mengenai manfaat aloe vera yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut

Ternyata sangat banyak ya manfaatnya lidah buaya untuk perawatan rambut kita? Nah, jika ingin menggunakan aloe vera untuk perawatan rambut, tentu nggak bisa asal-asalan. Kita bisa menggunakan produk aloe vera gel yang sudah dijual di toko kosmetik lho. Asalkan, pastikan bahwa produk tersebut memiliki kandungan aloe vera 100% dan bebas dari kandungan seperti alkohol maupun pewangi.

Namun, supaya lebih terjaga kealamiannya, kita pun bisa merawat rambut menggunakan aloe vera langsung dari tanamannya. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pilih daun aloe vera yang lebih tua dan lebih tebal
  • Biarkan getah kuning tanaman tersebut, dan buang lateksnya
  • Bilas daun aloe vera, lalu hilangkan ujung-ujung yang berduri menggunakan pisau
  • Gunakan pisau untuk mengupas kulit lidah buaya secara memanjang
  • Ambil gel di dalamnya
  • Simpan di kulkas dalam wadah tertutup supaya gel lebih awet.

Baik menggunakan produk aloe vera gel yang ada di pasaran maupun langsung dari tanamannya, cara mengaplikasikan pada rambut pun nggak sembarangan. Ini dia tips mengaplikasikan aloe vera gel di rambut:

  • Untuk perawatan rambut dan kulit kepala, kita bisa mengaplikasikan aloe vera gel secara langsung pada rambut dan kulit kepala menggunakan tangan. Supaya kelembapan rambut dan kulit kepala tetap terjaga, bisa kok tambahkan castor oil lalu lakukan pijatan secara lembut. Setelah itu, biarkan selama 30 menit lalu bilas atau keramas deh.
  • Untuk masalah rambut berminyak, kita bisa mencampur 1-2 sendok makan aloe vera gel dengan 1 sendok makan lemon dan 1 gelas air. Aplikasikan campuran tersebut ke rambut setelah keramas menggunakan shampo, kemudian biarkan selama beberapa menit. Jika sudah meresap, langsung bilas lagi, ya.

Gimana? Mudah ‘kan melakukan perawatan rambut dengan lidah buaya? Tentunya, untuk mendapatkan hasil maksimal, kita perlu merawat rambut secara teratur. Nggak bisa dilakukan hanya sekali saja, bukan?

Kegunaan lidah buaya untuk kulit

Jika di poin sebelumnya kita membahas tentang manfaat aloe vera untuk perawatan rambut, kini akan dibahas manfaat lidah buaya untuk kulit. Penasaran ‘kan? Simak yuk manfaat aloe vera pada kulit berikut ini kalau kita ingin mendapatkan kulit yang sehat dan glowing!

  1. Melembapkan kulit

Seringkali aloe vera menjadi salah satu kandungan di produk skincare yang berupa pelembap, bukan? Ya, hal ini karena salah satu manfaat aloe vera bagi kulit adalah melembapkan tanpa membuat kulit terasa lengket atau berminyak. Apalagi aloe vera dalam bentuk gel saat digunakan di kulit juga cepat meresap sehingga terasa ringan di kulit.

  1. Meredakan kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn)

Terkadang, setelah beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama, kulit kita bisa mengalami kemerahan atau iritasi apalagi jika nggak menggunakan proteksi seperti sunscreen. Nah, aloe vera ini sangat bermanfaat dalam meringankan gejala sunburn pada lapisan epitel kulit. Selain itu, lidah buaya ini juga dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit akibat terbakar sinar matahari.

  1. Membantu melawan tanda penuaan

Manfaat aloe vera selanjutnya adalah membantu mencegah tanda penuaan pada kulit. Hal ini karena lidah buaya mengandung sejumlah antioksidan seperti beta-carotene, vitamin C, dan vitamin E yang mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan. Kandungan-kandungan tersebut juga mampu meningkatkan kekenyalan dan menjaga hidrasi kulit sehingga kulit tetap kencang.

  1. Membantu mengatasi masalah jerawat

Sering denger nggak sih kalau pada skincare yang digunakan untuk mengatasi jerawat, juga ada kandungan aloe vera-nya? Manfaat lidah buaya untuk mengatasi jerawat ini karena adanya kandungan antiperadangan yang mampu menenangkan kulit berjerawat. Selain itu, aloe vera juga memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

  1. Membantu mengatasi stretch mark

Seiring bertambahnya usia, kulit akan semakin elastis dan mengembang yang menyebabkan terbentuknya stretch mark. Hal ini pun seringkali terjadi pada ibu hamil atau orang yang mengalami obesitas. Namun nggak perlu khawatir kok, karena stretch mark pun bisa diatasi dengan aloe vera.

  1. Membantu mengatasi masalah kulit lainnya

Manfaat aloe vera yang nggak kalah menarik adalah membantu mengatasi gangguan kulit seperti eczema, dermatitis seboroik, hingga psoriasis. Aloe vera memiliki efek melembapkan yang dapat mengatasi masalah kulit kering hingga gatal-gatal seperti pada eczema. Bahkan aloe vera pun dapat digunakan untuk mengatasi dermatitis seboroik seperti pada kulit kepala maupun belakang telinga.

Cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit

Karena sudah tahu manfaat aloe vera untuk kulit seperti pada ulasan sebelumnya, tentu kita jadi penasaran juga ‘kan bagaimana cara menggunakan tanaman ini untuk perawatan kulit? Seperti halnya pada perawatan rambut, kita bisa kok menggunakan aloe vera gel langsung dari tanamannya maupun menggunakan produk berbasis aloe vera. Begini nih cara mengaplikasikannya sesuai permasalahan kulit:

  • Untuk mengatasi kulit kering
    • Campurkan aloe vera secukupnya, sejumput kunyit, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh susu, dan beberapa tetes air mawar
    • Aduk hingga tercampur rata menjadi pasta
    • Aplikasikan campuran tersebut ke kulit yang kering dan biarkan kurang lebih selama 20 menit
    • Setelah itu, bilas dengan air.

Pada masalah kulit kering ini, bisa juga menggunakan aloe vera dengan cara:

  • Sediakan gel aloe vera dari tanamannya
  • Pijat secara lembut pada kulit yang kering.
  • Untuk digunakan sebagai scrub

Aloe vera juga bisa digunakan sebagai scrub lho. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengangkat kotoran, minyak, hingga sel kulit mati di kulit agar kulit lebih bersih dan cerah. Caranya:

  • Campurkan ½ cup aloe vera gel, 1 cup gula, dan 2 sendok makan perasan lemon
  • Setelah tercampur, gunakan pada kulit
  • Pijat secara lembut agar gula ang bertindak sebagai scrub alami mampu membersihkan kulit.
  • Untuk mengatasi jerawat

Cara menggunakan aloe vera untuk mengatasi masalah jerawat adalah sebagai berikut.

  • Campurkan aloe vera gel dengan madu dan kacang walnut bubuk (yang teksturnya seperti tepung)
  • Gunakan pada bagian kulit yang mengalami jerawat.
  • Untuk menenangkan kulit sensitif

Kulit sensitif bisa saja terjadi akibat terbakar sinar matahari maupun karena nggak cocok menggunakan produk kosmetik lho. Itulah sebabnya kulit perlu ditenangkan dengan aloe vera. Caranya:

  • Campurkan aloe vera gel, jus mentimun, yogurt, dan air mawar secukupnya secara merata
  • Aplikasikan pada kulit yang sensitif dan biarkan selama 20 menit
  • Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan aloe vera atau lidah buaya

Meski aloe vera memiliki banyak manfaat, penggunaan yang kurang tepat bisa saja malah akan menimbulkan masalah baru entah bagi kulit maupun rambut. Untuk itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan nih dalam menggunakan aloe vera:

  • Hentikan penggunaan aloe vera jika kulit mengalami alergi atau iritasi

Pada sebagian orang, mungkin saja penggunaan aloe vera untuk perawatan rambut atau kulit justru malah nggak cocok. Bisa saja kulit seseorang justru alergi terhadap aloe vera dan malah muncul ruam. Untuk mengecek apakah kulit kita alergi terhadap aloe vera atau enggak, kita bisa mencoba mengaplikasikan sedikit pada pergelangan tangan sebelum mengaplikasikannya ke bagian kulit yang lain. Tunggu selama 2 jam, apakah ada reaksi kulit atau enggak.

  • Hati-hati jika ingin mengonsumsi aloe vera

Pada dasarnya, aloe vera bisa saja dikonsumsi kok. Nggak hanya digunakan secara topikal atau dioleskan pada kulit. Namun, perlu hati-hati juga bahwa mengonsumsi aloe vera latex dan ekstrak daunnya dalam jumlah banyak bisa berisiko menyebabkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut seperti masalah ginjal, kram perut, hingga diare.

  • Jangan aplikasikan aloe vera pada kulit yang luka atau terinfeksi

Meski memiliki efek untuk menyembuhkan luka dan mengandung zat antimikroba, mengaplikasikan aloe vera secara langsung pada kulit yang terluka atau terinfeksi justru nggak disarankan. Hal ini malah dapat memicu infeksi makin parah dan memperlambat proses penyembuhan luka.

Demikian ulasan mengenai manfaatnya lidah buaya atau aloe vera baik dari segi manfaat maupun penggunaannya secara spesifik untuk rambut dan kulit. Jangan lupa untuk menggunakannya secara bijak, ya. Jika terdapat masalah tertentu yang susah untuk ditangani, jangan lupa untuk konsultasikan ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:

Surjushe A, Vasani R, Saple DG. Aloe vera: a short review. Indian J Dermatol. 2008;53(4):163-166. doi:10.4103/0019-5154.44785.

Artikel berjudul “7 Amazing Uses for Aloe Vera”. Diakses dari https://www.healthline.com/health/ 7-amazing-uses-aloe-vera#:~:text=Aloe%20vera%20is%20a%20 rich,prevent%20fine%20lines%20and%20wrinkles pada November 2021.

Artikel berjudul “Aloe Vera”. Diakses dari https://www.nccih.nih.gov/health/aloe-vera pada November 2021.

Gupta RK, Gupta D, Bhaskar DJ, Yadav A, Obaid K, Mishra S. Preliminary antiplaque efficacy of aloe vera mouthwash on 4 day plaque re-growth model: randomized control trial. Ethiop J Health Sci. 2014 Apr;24(2):139-44. doi: 10.4314/ejhs.v24i2.6. PMID: 24795515; PMCID: PMC4006208.

Artikel berjudul “Skincare Tips: Here’s Why You Should Applu Aloe Vera Gel On Your Skin”. Diakses dari https://www.ndtv.com/food/ skincare-tips-heres-why-you-should-apply-aloe-vera-gel-on-your-skin-1875823 pada November 2021.

Artikel berjudul “10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face”. Diakses dari https://www.healthline.com/health/ beauty-skin-care/aloe-vera-for-face pada November 2021.

Artikel berjudul “6 Amazing Benefits of Aloe Vera for Hair, Skin and Weight-Loss”. Diakses dari https://food.ndtv.com/beauty/ 6-amazing-benefits-aloe-vera-hair-skin-weight-loss-1221869 pada November 2021.

Artikel berjudul “Benefits of Aloe Vera for Your Hair”. Diakses dari https://www.webmd.com/beauty/ benefits-of-aloe-vera-for-your-hair#1 pada November 2021.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *