Tips Agar Berat Badan Normal Dan Tidak Naik Turun

Tips Agar Berat Badan Normal Dan Tidak Naik Turun – Sering nggak sih sebal sendiri karena berat badan kita kadang naik dan turun sesuka hati? Ada yang memiliki masalah bahwa nggak banyak makan, berat badan malah naik seiring bertambahnya umur.

Lalu, ada juga yang memiliki masalah, bahwa sudah banyak makan, berat badan susah naik atau justru sering turun tanpa tahu akibatnya.

Ketahuilah, kalau soal berat badan yang mudah naik seiring bertambahnya usia, itu adalah hal yang lumrah terjadi. Sebab, semakin menua kita, metabolisme tubuh (kerja tubuh dalam membakar makanan) tidak secepat saat kita masih muda.

Sehingga, apabila porsi makan kita sama saja tetapi kita kurang bergerak aktif, berat badan akan mudah naik. Gampangnya begini, apabila kita makan banyak, maka kita juga harus lebih aktif untuk membakar makanan yang kita asup.

Sementara itu jika berat badan susah naik padahal sudah makan banyak, itu artinya metabolisme tubuh kita lebih cepat daripada orang lain. Ini adalah hal yang normal, sebab kecepatan metabolisme tubuh seseorang berbeda-beda sejak lahir.

Akan tetapi, jika berat badan kita sering turun drastis tanpa jelas penyebabnya, bisa jadi itu karena kita terserang penyakit tertentu. Kalau sudah begini, lebih baik segera periksakan ke dokter, ya.

Baca juga: Manfaat dan bahaya makanan pedas

Pada dasarnya, penyebab perubahan berat badan yang terjadi pada tubuh kita nggak semata-mata karena makanan saja. Namun juga dipengaruhi oleh genetik, usia, gaya hidup misalnya olahraga, budaya dan kebiasaan, pola tidur, dan juga faktor lingkungan.

Sebenarnya untuk mempertahankan berat badan supaya tetap ideal rumusnya gampang kok. Pertama, jika ingin mempertahankan berat badan yang sudah pas, maka kita tinggal melakukan aktivitas fisik sesuai dengan banyaknya kalori yang kita makan.

Kedua, jika kita ingin menurunkan berat badan berarti aktivitas fisik harus lebih banyak dari energi yang diasup. Begitu pula sebaliknya, jika ingin menaikkan berat badan maka asupan harus lebih sedikit daripada aktivitas fisik yang kita lakukan.

Tips Agar Berat Badan Normal Dan Tidak Naik Turun

Tips Agar Berat Badan Normal (Ideal) Dan Tidak Naik Turun

Lalu, bagaimana sih caranya supaya kita tetap memiliki pola hidup sehat dengan berat badan yang tetap ideal alias tidak mudah naik atau turun?.

Mungkin menghitung-hitung asupan kalori dan memperkirakan kalori yang terbakar melalui aktivitas fisik akan sulit untuk dilakukan. Namun, ada hal sederhana yang bisa kamu terapkan berikut ini:

1. Biasakan sarapan

Jangan lupa untuk membiasakan sarapan, ya. Nggak usah terlalu dipikirkan dengan pusing deh sarapan yang bergizi seimbang itu seperti apa. Apalagi kalau kita sebelumnya nggak biasa menerapkan sarapan.

Mulai saja dulu, dengan sarapan tiap hari sebelum jam 9 pagi. Pasalnya, sarapan akan membantu kita memiliki energi ketika akan beraktivitas seharian. Melewatkan sarapan itu rugi lho, karena justru menyebabkan pembentukan lemak tubuh lebih banyak sedangkan pemecahan lemaknya sedikit.

Selain itu, sarapan juga membuat berat badan kita nggak mudah naik. Sebab, kita jadi nggak kalap terlalu banyak makan saat siang maupun malam hari. Simpel saja, jangan sarapan terlalu banyak karbohidrat dan lemak yang kita dapat dari makanan misalnya gorengan.

Hal ini justru akan membuat kita mengantuk di pagi hari. Usahakan sarapan kita mengandung sumber karbohidrat, ada sumber protein (tahu, tempe, ayam, ikan), ada sayur-sayuran dan buah, serta minum dengan cukup.

2. Makan dengan teratur dan jangan skip makan

Makan dengan teratur juga sangat penting untuk mempertahankan berat badan tetap ideal dan membentuk lifestyle yang sehat. Makan dengan teratur ini juga termasuk kita selalu makan di jam yang sama setiap hari.

Misalnya, biasanya kita sarapan jam 8, lalu makan siang jam 1 siang, dan makan malam jam 6 sore, maka sebaiknya lakukan hal tersebut setiap hari secara konsisten.

Adapun seumapam jamnya memang nggak terlalu tepat, yang terpenting tidak terpaut terlalu jauh. Sebab, jika jam makan kita berubah-ubah, tubuh pun akan kesulitan beradaptasi dengan perubahan jam makan tersebut. Akibatnya, kita bisa sering lemas, mudah lapar, mudah mengantuk, atau susah berkonsentrasi.

Menurut sebuah penelitian, proses-proses yang saling berhubungan yang dialami tubuh untuk menyesuaikan dengan perubahan waktu makan selama 24 jam tersebut disebut circadian rhythms.

Jika circadian rhythms mengalami gangguan akibat perubahan jam makan tadi, maka dapat menyebabkan kita justru makan lebih banyak, bahkan dapat memicu obesitas (kelebihan berat badan), peningkatan tekanan darah, dan diabetes. Jadi, usahakan makan teratur dan tidak melewatkan jam makan, ya.

Baca juga: Cara merawat rambut secara alami

3. Jangan makan itu-itu saja, tetapi makanlah beraneka ragam makanan

Kita boleh saja menyukai suatu jenis makanan, sehingga harus selalu memakan makanan tersebut tiap kali makan. Boleh-boleh saja. Namun, imbangilah dengan makanan lain dan usahakan untuk makan dengan bervariasi alias ganti-ganti.

Selain supaya kita nggak mudah bosan, ada alasan lain bahwa satu macam makanan saja nggak akan bisa mencukupi semua kebutuhan gizi tubuh.

Sebagai contoh, mungkin kita suka makan ayam. Lalu, setiap hari kita akan makan nasi dengan lauk ayam saja. Ayam memang mengandung zat gizi yang menyehatkan, tetapi tidak semua zat gizi yang tubuh kita perlukan dapat dilengkapi oleh ayam dan nasi saja.

Maka dari itu, berganti-ganti lauk setiap kali makan itu justru membuat tubuh kita lebih mudah melengkapi zat gizi yang dibutuhkan. Apalagi jika berat badan kita susah stabil. Paling enggak, kita harus makan dengan cukup dan mengasup zat gizi secara lengkap. Coba saja deh.

4. Rutin mengonsumsi sayur dan buah

Sayur mungkin memiliki cita rasa yang nggak seenak steak daging misalnya, tetapi sayur dan buah tentunya, mampu menolong tubuh kita dari dampak negatif lemak-lemak jahat dan penyakit-penyakit, lho.

Nggak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja karena mengandung banyak serat. Buah dan sayur ini miliki banyak vitamin, dan zat-zat gizi lain yang nggak dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita serta dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi mikro kita lho.

Usahakan tiap makan ada sayurnya dan makan buah setiap hari, ya. Apabila nggak doyan sayur, coba saja sayurnya dikreasikan menjadi menu-menu menarik sehinga cita rasanya lebih lezat. Atau, kita juga bisa mengolah sayur menjadi jus dan smoothies. Nggak hanya buah saja lho yang dapat diolah menjadi makanan seperti ini.

5. Jangan mager (malas gerak), tapi beraktivitas fisiklah secara teratur

Yuk, lakukan aktivitas fisik setiap hari! Kita nggak boleh mageran, maunya makan tetapi malas bergerak aktif. Syukur sebaiknya malah kita bisa menerapkan olahraga secara rutin.

Kalau susah memulai, coba saja kita terapkan seperti: jalan kaki ke tempat yang nggak terlalu jauh, naik turun tangga dan kurangi naik lift, mengerjakan pekerjaan rumah, belanja di pasar, atau jalan-jalan di mall.

Nggak masalah kok kalau kita nggak melakukan olahraga berat yang justru membuat kita sendiri malas dan nggak senang melakukannya. Olahraga dapat membantu kita membakar kalori.

Lalu, meski berat badan kita sudah ideal bukan berarti kita nggak butuh olahraga. Setidaknya kita bisa meningkatkan massa otot dan mengurangi massa lemak tubuh. Selain itu, aktivitas fisik yang rutin akan membuat kita lebih sehat menghadapi masa tua nanti.

6. Komitmen melakukan itu semua dan jangan cuma wacana

Ini adalah poin yang paling penting. Komitmen dan konsisten. Jangan sampai kita hanya semangat melakukan hidup sehat untuk mempertahankan berat badan ideal hanya di awal saja. Lebih baik melakukannya pelan-pelan tetapi konsisten, bukan?

Komitmen untuk hidup sehat memang susah-susah gampang untuk dilakukan. Namun untuk memotivasi, kita bisa mengajak teman, pasangan, atau orang tersayang untuk sama-sama menerapkan hidup sehat. Ketika kita melakukannya bersama orang lain, kita bisa saling mengingatkan lho kalau malas atau bosan.

Bagaimana? Simpel bukan menerapkan hidup sehat untuk mempertahankan berat badan agar nggak mudah naik atau turun? Poin-poin di atas juga akan mengubah lifestyle kita menjadi lebih berkualitas lho, sehingga kita nggak akan mudah terserang berbagai penyakit di masa tua nanti. Ayo, mulai terapkan hidup sehat!

Bila ada pertanyaan terkait artikel Tips Agar Berat Badan Normal Dan Tidak Naik Turun di atas bisa ditulis di bawah ini.

Referensi:

Jacubowicks D, Barnea M, Wainstein J, dan Froy O. High Calorie Intake at Breakfast vs. Dinner Differentially Influences Weight Loss of Overweight and Obese Women. 2013. Obesity Vol. 21

Artikel berjudul Maintaining a Healthy Weight yang diterbitkan oleh www.nia.nih.gov (Diakses tanggal 30 September 2019).

Artikel berjudul 5 Ways to Reach a Healthy Weight yang diterbitkan oleh kidshealth.org (Diakses tanggal 30 September 2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *