Cara Merawat Rambut Secara Alami

Cara Merawat Rambut – Memiliki rambut lembut, indah, subuh, dan tentunya sehat pasti menjadi dambaan bagi setiap orang baik wanita maupun pria.

Hal tersebut tentu dapat didapat dengan perawatan yang sesuai, selain produk shampo yang anda gunakan, anda juga harus memiliki usaha yang lebih supaya kesehatan rambut anda dapat maksimal.

Sebenarnya kunci dalam merawat rambut yang sebenarnya yaitu telaten. Sebab produk yang telah di klaim dapat memberikan khasiat yang paling baik apabila tidak digunakan secara teratur maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

Cara Merawat Rambut

Perlu anda ketahui juga bahwa jenis rambut sendiri juga bermacam-macam, maka anda harus sesuai dalam hal perawatannya.

Cara Merawat Rambut Rontok Supaya Subur dan Lebat

1. Lakukan Perawatan dengan Tonik dari Daun Jambu

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah merawatnya dengan tonik dari daun jambu yang dapat anda buat sendiri. Karena tonik dari daun jambu ini kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin B, vitamin C, serta zat besi yang begitu baik dalam menjaga kesehatan rambut yang juga mempunyai kandungan analgesik, anti mikroba, anti inflamasi, serta antioksidan.

Baca juga: Fungsi rambut, kelainan dan penyakitnya

2. Menggunakan Masker Bawang Merah serta Bawang Putih

Bawang merah yang kaya akan kandungan vitamin E, vitamin C, vitamin A, serta sulfur, dan bawang putih yang kaya akan kandungan zat besi yang begitu berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut anda akan lebih lebat dan sehat.

3. Mengkonsumsi Suplemen Penyubur Rambut

Selanjutnya cara yang dapat anda lakukan dalam merawat rambut rontok adalah dengan menyehatkannya dari dalam. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin e, vitamin e-store, vitamin B7 atau biotin, lycopene, lysine, selenium, serta minyak ikan dapat membantu mengendalikan kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut kepala anda.

Cara Merawat Rambut yang Kering

1. Pilih Shampo yang Sesuai

Pasti anda harus memilih shampo dengan kandungan yang tepat supaya dapat membantu membersihkan kulit kepala serta merawatnya supaya rambut tidak kering.

Baca juga: Struktur dan fungsi kulit manusia

Selain shampoo yang sesuai anda juga harus memilih kondisioner yang tepat karena salah satu cara merawat rambut kering yang paling umum adalah dengan kondisioner.

2. Hair Mask

Cara selanjutnya untuk merawat rambut kering yaitu dengan menggunakan masker rambut. Anda dapat merawat rambut anda dengan masker instan ataupun dengan menggunakan bahan alami dengan teratur, paling tidak gunakan masker rambut seminggu sekali. Pilih kondisioner yang mengandung pelembab seperti minyak zaitu, madu, serta yogurt.

3. Hair Wrap

Setelah anda keramas, maka anda bisa membungkus rambut anda dengan handuk sekitar 1 hingga 2 jam. Kemudian lepaskan handuk tersebut serta biarkan kering seperti biasanya, maka rambut anda akan lebih lembut dalam sekejap.

4. Pilih Vitamin Rambut yang Sesuai

Untuk perawatan rambut kering yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan vitamin rambut. Anda dapat mengaplikasikan vitamin rambut ini pada setiap kali selesai keramas untuk mendapatkan rambut yang lembut tidak kering dan kasar.

Cara Perawatan Rambut Secara Alami

1. Masker Pisang

Kandungan dalampisang seperti mineral, pelembab alami, vitamin C, vitamin A, serta Vitamin E tentu memiliki manfaat untuk kesehatan serta kelembutan rambut.

2. Masker Alpukat

Alpukat kaya akan kandungan pelembab alami serta vitamin E yang bagus untuk rambut rusak dan kering.

3. Masker Santan Instan

Untuk merawat rambut tetap sehat, anda dapat menggunakan santan serta air perasan jeruk nipis untuk dipalikasikan sebagai masker rambut.

4. Masker Lidah Buaya serta Putih Telur

Kedua bahan tersebut adalah bahan alami yang sangat baik untuk melebatkan serta menyuburkan rambut.

5. Konsumsi Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau yang kaya akan methyl sulphony methane yang tentunya dapat meningkatkan produksi keratin dalam rambut.

Daftar Pustaka

Pujianto, Sri. (2014). Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *