Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya

Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya – Tubuh manusia tersusun atas organ tubuh yang beragam serta bermacam-macam yang salah satunya memiliki jumlah yang banyak seperti rambut.

Rambut sendiri mempunyai peran yang begitu penting karena fungsinya yang lumayan banyak untuk tubuh seperti untuk melindungi organ lainnya.

Rambut merupakan organ tubuh manusia yang memiliki bentuk seperti helaian benang, tumbuh pada kulit, serta mengandung banyak keratin. Rambut tersebut muncul dari lapisan terluar kulit.

Baca juga: Struktur dan fungsi kulit pada manusia

Walaupun mempunyai bentuk yang begitu tipis, rambut mempunyai fungsi yang begitu besar untuk tubuh manusia bahkan hewan.

Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya

Fungsi Rambut

1. Rambut Kepala

Rambut kepala mempunyai fungsi untuk melindungi kulit kepala dari rasa panas. Rambut yang terdapat pada kepala anda berjumlah sekitar 100.000 helai. Dapat mengalami kerontokan 50 hingga 100 helai dalam setiap harinya, akan tetapi rambut baru akan tumbuh dalam kurun waktu 2 sampai 6 bulan.

2. Rambut pada Mata

Alis serta bulu mata memiliki fungsi untuk menahan keringat serta hujan yang mengalir dari dahi ke mata. Selain itu alis serta bulu mata mempunyai fungsi lain untuk menambah kecantikan serta keindahan.

3. Rambut Hidung

Pada hidung, rambut mempunyai fungsi untuk menyaring serta menghambat bakteri, debu, spora, ataupun jamur yang masuk ke dalam hidung. Selain itu, rambut hidung juga dapat meningkatkan kelembapan udara yang dihirup oleh hidung.

4. Rambut Kumis, Janggut, Bulu Dada serta Perut

Kumis, jenggot, rambut dada, serta perut merupakan tanda kelamin bagi laki-laki yang telah dewasa. Dapat berarti juga sebagai penanda jenis kelamin laki-laki serta perempuan. Namun dalam beberapa kasus, ada juga kaum wanita yang mempunyai rambut kumis serta dada namun tidak setebal kaum laki-laki.

5. Pada Ketiak

Pada ketiak, rambut mempunyai fungsi untuk mengusir kelembapan, sehingga dapat mencegah berkembangnya bakteri yang dapat mengeluarkan bau tidak sedap akibat keringat yang berlebih.

6. Pada Tangan serta Kaki

Pada tangan serta kaki, rambut merupakan alat sensor penerima rangsangan dari lingkungan sekitar.

7. Rambut Kemaluan

Rambut yang terdapat pada kemaluan berfungsi untuk memberikan kehangatan pada area kemaluan khususnya bagi kaum wanita, sebagai indikasi visual kematangan seksual, mengurangi gesekan luar ketika berhubungan kelamin, serta sebagai pelindung kulit yang ditumbuhi rambut.

Kelainan serta Penyakit Rambut

1. Bisul atau Furunkulosis

Adalah suatu peradangan yang terjadi karena disebabkan oleh kuman stafilokokus. Terdapat beberapa jenis bisul yang salah satunya yaitu bisul batu dengan ditandai adanya peradangan dapa fillicle rambut yang saling berdekatan sehingga menimbulkan bisul besar dengan mata yang lebih dari satu.

2. Dermatitis Papilaris Capillitii

Adalah peradangan pada follicle rambut dengan adanya penanahan kulit pada bagian belakang kepala.

3. Infeksi Jamur

Adalah kebotakan rambut yang diakibatkan oleh beberapa jenis jamur. Jamur pada kulit kepala tersebut yaitu tiniakaiplis.

4. Peradangan Menahun

Adalah peradangan yang diakibatkan dermatitis seboroicha dengan adanya kulit kepala yang berwarna merah serta menjalar sampai dahi, alis, kelopak mata, serta yang lainnya hingga kulit mengelupas dan berbentuk seperti sisik halus.

5. Serangga

Adalah gangguan parasite seperti kutu kepala yang disebut pediculus captis.

6. Ketombe

Adalah pelepasan sel kulit kepala yang sudah mati dengan jumlah yang berlebih.

7. Scobiosis

Adalah penyakit dari sejenis parasite kutu kudis atau hewan. Dapat menyebabkan rasa gatal serta bentol sehingga selalu berkeinginan untuk menggaruk kulit kepala, akan tetapi semakin di garuk semakin parah.

8. Piodra

Adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit atau jamur dari tumbuhan. Piodra dapat juga berarti batu, tanda-tandanya yaitu dengan adanya bintik hitam kecokelatan dengan bentuk lonjong besar.

Nah, demikian artikel berjudul Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya ini, bila ada yang perlu disampaikan bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka

Mustofa, Romi Faisal dan Mufti Ali. (2018). Struktur Hewan. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Pujianto, Sri. (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *