Bagian-Bagian Rambut

Bagian-Bagian Rambut – Rambut adalah salah satu bagian dari derivat kulit manusia. Rambut sendiri memiliki fungsi untuk melindungi bagian tubuh tertentu manusia seperti kulit serta mata.

Rambut kepala dapat melindungi kepala dari benturan, dapat pula melindungi kulit dari debu, panas, dingin, bahkan keringat. Rambut juga terdapat pada seluruh bagian kulit manusia kecuali telapak tangan, bibir, dan telapak kaki.

Anda perlu mengetahui bahwa rambut yang tumbuh pada bagian kulit manusia ternyata memiliki beberapa bagian. Untuk mengetahui lebih lanjut, anda dapat membaca artikel berikut.

Bagian-bagian rambut

Bagian-Bagian atau Struktur Rambut Manusia

1. Bagian Akar Rambut

Pada akar rambut terdapat beberapa bagian rambut seperti papilla rambut, papilla rambut ini merupakan bagian rambut sebagai tempat dihasilkannya sel tunas rambut serta pigmen melanin yang memberi warna. Selain itu papilla rambut juga memiliki fungsi untuk menerima nutrisi dari folikel guna menunjang pertumbuhan rambut.

Selanjutnya terdapat bulp rambut, yang mana bagian ini merupakan bagian pangkal rambut yang membesar, bermanfaat untuk melindungi papilla rambut.

Terdapat juga folikel rambut yang merupakan bagian rambut dengan bentuk seperti kantong, serta memiliki fungsi untuk melindungi tunas rambut yang baru tumbuh.

Kemudian terdapat kelenjar minyak yang merupakan kelenjar mikroskopik yang terletak tepat di bawah kulit yang mengeluarkan minyak yang disebut dengan sebum. Seperti apa yang telah anda ketahui bahwa kelenjar minyak ini ditemukan bersama dengan kelenjar keringat.

Artikel terkait: Cara merawat rambut secara alami

Bagian selanjutnya yang terdapat dalam bagian akar rambut yaitu otot penggerak rambut yang memiliki fungsi untuk menegakkan rambut. Dan yang selanjutnya yaitu matrikss rambut yang disebut juga dengan tombol atau umbi atau lembaga rambut.

Diantara sel-sel umbi terdapat sel melanosit. Pada bagian paling dalam  ataupun tengah, sel-selnya masih lembek dan berwarna keputih-putihan.

2. Bagian Batang Rambut

a. Kutikula

Merupakan bagian paling luar dari batang rambut. Terdiri atas sel tanduk yang pipih, transparan, atau bahkan bening yang tersusun dari bagian paling bawah penutup atasnya.

Sebab kutikula dapat tembus cahaya atau transparan, maka anda dapat melihat warna dari rambut. Kutikula ini memiliki fungsi untuk melindungi rambut bagian dalam. Akan tetapi kutikula juga dapat rusak.

2. Kortek

Merupakan lapisan tengah dari batang rambut yang letaknya di antara lapisan kutikula serta medulla. Kortek atau kulit rambut terbentuk atas kombinasi mikrofilamen, yang mana mikrofilamen merupakan benang-benang yang begitu halus atau fibril. Fibril pada kortek ini memuat peigmen melanin yang dapat memberikan warna pada rambut tersebut.

Pada bagian ini juga terdapat keratin dengan bentuk spiral yang bersifat elastis, dapat memanjang ketika ditarik serta dapat kembali mendekat ketika dilepaskan.

Pada bagian tertentu, pada spiral ini terdapat hubungan antara ikatan hidrogen dengan sulfida yang dapat membuat rambut tampak kuat, elastis, serta yang memberikan bentuk lurus ataupun keriting pada rambut.

3. Medulla

Medulla atau yang disebut juga dengan sumsum rambut merupakan lapisan paling dalam dari rambut yang sering juga disebut sebagai inti rambut. Medulla ini dibentuk oleh zat tanduk yang memiliki wujud seperti anyaman dengan rongga yang berisi udara.

Baca juga: Fungsi rambut, kelainan dan penyakitnya

Untuk medulla pada rambut lurus, penampang melintangnya memiliki bentuk yang lonjong ataupun melingkar serta menebal di satu sisi. Sedangkan pada rambut keriting penampang melintangnya terlihat tidak menentu serta tidak beraturan, bahkan kadang-kadang memiliki bentuk seperti ginjal.

Macam-macam jenis rambut manusia

Berdasarkan Bentuknya Rambut di Kelompokkan Menjadi 3 Yaitu:

1. Rambut Lurus

Rambut lurus berarti tidak keriting serta tidak bergelombang. Umumnya rambut yang lurus bisa memberikan beberapa kemudahan seperti dalam tatanan rambut baik yang disanggul maupun yang dipotong.

2. Rambut Berombak

Yaitu memperlihatkan gelembung yang besar pada rambut. Hal tersebut dikarenakan folikel rambut melengkung serta penampangnya berbentuk oval atau lonjong.

3. Rambut Keriting

Biasanya memiliki bentuk kecil-kecil. Hal itu diakibatkan folikelnya yang begitu melengkung dengan penampangnya yang gepeng.

Nah, bila ada pertanyaan terkait Bagian-bagian rambut atau struktur rambut manusia bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka

Mustofa, Romi Faisal dan Mufti Ali. (2018). Buku Ajar Struktur Hewan. Tasikmalaya: Siliwangi Universiti Press.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *