Tanda Dan Penyebab Diabetes Tipe 1

  • Whatsapp
Tanda Dan Penyebab Diabetes Tipe 1
Tanda Dan Penyebab Diabetes Tipe 1

Tanda Dan Penyebab Diabetes Tipe 1 – Diabetes tipe 1 adalah suatu penyakit kronis. Diabetes tipe 1 menjadi suatu kondisi penyakit diabetes yang disebabkan sel pankreas nggak bisa memproduksi insulin. Atau mungkin saja bisa memproduksi insulin, tetapi jumlahnya sedikit.

Diabetes tipe 1 berbeda dengan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi akibat resistensi insulin. Artinya sel tubuh menjadi kebal atau nggak responsif terhadap insulin. Pada diabetes tipe 1 ini, seseorang  akan membutuhkan tambahan insulin dari luar.

Lalu sebenarnya apa itu insulin? Insulin adalah hormon yang diperlukan tubuh untuk menggunakan glukosa sebagai energi. Insulin ini akan membantu glukosa darah untuk bisa masuk ke sel tubuh.

Jika insulin nggak ada atau jumlahnya sedikit, tentu saja glukosa di darah akan tinggi karena glukosa tersebut tidak bisa memasuki sel tubuh dengan optimal. Nah, glukosa darah tinggi inilah yang selanjutnya bisa menyebabkan masalah-masalah kesehatan lainnya.

Diabetes tipe 1 ini juga bisa terjadi oleh hal lain lho, yaitu dipengaruhi oleh faktor genetik maupun virus. Biasanya pun terjadi pada anak-anak atau remaja. Namun demikian, penyakit ini juga masih memungkinkan terjadi di usia dewasa.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

Tanda Dan Penyebab Diabetes Tipe 1

Tanda dan Gejala Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 ini biasanya ada tanda dan gejala yang tiba-tiba terjadi lho. Nah, tanda dan gejala tersebut bisa kamu kenali supaya lebih waspada mengenai penyakit diabetes tipe 1 ini.

  • Mudah merasa lapar

Orang yang mengalami diabetes tipe 1 salah satu tandanya adalah mudah mengalami rasa lapar yang berlebihan (polyphagia). Hal ini karena terhambatnya proses glukosa darah yang seharusnya bisa masuk ke sel untuk dibentuk menjadi energi.

Terhambatnya glukosa darah untuk menjadi energi ini diakibatkan oleh kurangnya hormon insulin yang mentransfer glukosa di darah menuju sel.

  • Mudah merasa haus dan sering buang air kecil

Gejala mudah haus pada diabetes tipe 1 ini disebut juga polydipsia. Saat kadar glukosa darah tinggi, maka tubuh akan menarik cairan dari dalam jaringan untuk mengencerkan darah.

Selain itu, ketika glukosa darah tinggi, ginjal akan bekerja mengurangi kadar glukosa darah yang berlebihan itu melalui urin. Itulah mengapa orang yang mengalami diabetes tipe 1 mudah merasa haus dan sering buang air kecil (polyuria).

Hal ini pun bisa terjadi pada anak-anak. Misalnya saja seorang anak jadi mudah mengompol padahal biasanya nggak mengompol.

  • Mengalami penurunan berat badan yang nggak diinginkan

Saat kadar glukosa darah tinggi, maka proses pembentukan energi nggak bisa maksimal. Padahal seseorang pasti membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Pada kondisi diabetes tipe 1, tubuh nggak akan bisa mendapatkan energi dari glukosa dan makanan yang diasup.

Akibatnya, energi yang digunakan yaitu melalui pemecahan jaringan otot dan lemak yang sudah ada di tubuh kita. Jadi, pemecahan jaringan lemak dan jaringan otot terus menerus bisa membuat berat badan akan mudah menurun.

  • Suasana hati mudah berubah, misalnya saja mudah marah

Ketika kadar glukosa darah tinggi dan mengalami kekurangan insulin, maka glukosa darah yang menuju sel-sel otak juga akan terhambat. Nggak heran jika orang yang mengalami diabetes tipe 1 mudah mengalami perubahan suasana hati. Sebab, pengaturan emosi dan suasana hatijuga diatur oleh otak.

  • Mudah lelah dan lemah

Mudah lelah ini juga merupakan gejala akibat glukosa darah tinggi. Jika glukosa darah tinggi dan hormon insulin terlalu sedikit (atau bahkan nggak ada), maka proses pembentukan energi juga akan terhambat. Maka, orang yang mengalami diabetes tipe 1 seringkali mudah mengalami kelelahan dibanding orang normal.

  • Penglihatan kabur

Kadar glukosa darah yang tinggi pada orang yang mengalami diabetes tipe 1 dapat menyebabkan pembuluh darah di area mata terganggu. Hal ini menyebabkan gangguan penglihatan.

Gangguan ini bisa terjadi sementara ketika kadar gula darah sedang meninggi. Namun, bisa juga terjadi dalam jangka waktu lama apabila diabetes sudah berkomplikasi hingga ke gangguan mata (retinopati diabetik).

Baca juga: cara mengatasi diabetes tipe 1

Penyebab Diabetes Tipe 1

Setelah mengetahui tanda dan gejala diabetes tipe 1, kita juga perlu mengetahui penyebab penyakit ini lho. Berbeda dengan diabetes tipe 2 yang penyebabnya adalah lifestyle yang kurang baik, penyebab pasti diabetes tipe 1 ini nggak diketahui.

Biasanya, penyebabnya adalah autoimun. Autoimun ini merupakan kondisi di mana sistem imun kita menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. Maka, pada penderita diabetes tipe 1 ini, produksi hormon insulin akan terganggu. Bisa jadi insulinnya terlalu sedikit, atau justru nggak ada.

Padahal, sistem imun itu harusnya menyerang bakteri dan virus yang mengganggu tubuh. Nah, kondisi autoimun ini bisa karena faktor genetik yang nggak bisa kita mungkiri sejak lahir. Atau bisa juga karena kita terserang virus tertentu maupun karena kondisi lingkungan yang bisa memicu penyakit diabetes tipe 1.

Penyebab diabetes tipe 1 memang nggak bisa diketahui secara pasti. Namun, kita bisa kok mengetahui dari faktor risikonya. Perlu diingat bahwa faktor risiko adalah beberapa hal yang menyebabkan kita berisiko mengalami diabetes tipe 1.

Jadi, jangan dianggap bahwa faktor risiko ini adalah penyebab pasti, ya. Sebab, meskipun faktor risiko tersebut kita alami, belum tentu kita akan mengalami diabetes tipe 1.

Baca juga: Minuman Manis Dan Batas Maksimal Konsumsi Gula

Faktor Risiko Diabetes Tipe 1

  • Faktor keturunan

Kalau kita memiliki keluarga, baik orang tua atau saudara yang mengalami diabetes tipe 1, maka kita akan lebih berisiko mengalaminya juga dibandingkan dengan seseorang yang nggak memiliki riwayat keluarga yang mengalami diabetes tipe 1.

  • Genetik

Adanya gen tertentu pun bisa meningkatkan risiko kita mengalami diabetes tipe 1.

  • Usia

Diabetes tipe 1 sebenarnya bisa terjadi di umur berapa pun. Namun bisa terdeteksi di 2 kategori usia, yaitu antara usia 4 – 7 tahun dan pada usia 10 – 14 tahun.

  • Faktor lingkungan

Faktor lingkungan ini misalnya kita berada di tempat tertentu yang terdapat virus penyebab diabetes tipe 1, lalu kita terinfeksi virus tersebut.

Namun nggak diketahui secara pasti virus penyebab penyakit ini. Bahkan ada juga penelitian yang mengatakan bahwa tinggal di iklim dingin lebih berisiko mengalami diabetes tipe 1 daripada orang yang tinggal di iklim panas.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang diabetes tipe 1. Intinya, diabetes tipe 1 ini penyebabnya adalah kekurangan hormon insulin. Namun perlu kita ketahui juga bahwa tanda dan gejala saja atau faktor risiko di atas belum tentu bisa mendiagnosis bahwa kita mengalami penyakit diabetes tipe 1.

Oleh karena itu, jika mengalami tanda dan gejala tersebut, kita harus melakukan pemeriksaan ke dokter supaya hasil lebih akurat. Kita pun nggak boleh mendiagnosis diri sendiri terkait suatu penyakit, khususnya penyakit diabetes tipe 1 ini, ya.

Apa perbedaan diabetes tipe 1 dan 2 ?

Untuk membandingkannya, kamu bisa membaca artikel yang berjudul Diabetes tipe 2 ini.

Nah, demikian artikel Tanda Dan Penyebab Diabetes Tipe 1 apabila ada pertanyaan bisa ditulis di bawah ini.

Referensi:

Mahan, LK dan Escott-Stump, S. 2008. Krauses’ Food and Nutrition Therapy International Edition. Missouri: Saunders Elsevier

Artikel berjudul Type 1 Diabetes, diakses dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-1-diabetes/symptoms-causes/syc-20353011?p=1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *