Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

  • Whatsapp
Ilustrasi Virus Corona untuk artikel Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Infeksi Virus Corona
Ilustrasi Virus Corona untuk artikel Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Infeksi Virus Corona – Baru-baru ini, dunia dihebohkan oleh virus baru yang berasal dari Wuhan, China. Virus tersebut termasuk dalam jenis coronavirus dan kini sudah menyebar hingga beberapa negara. Virus dengan jenis paling baru yang disebut 2019-nCoV menyebabkan beberapa gejala penyakit serius.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), coronavirus merupakan golongan virus umumnya terdapat pada spesies hewan yang berbeda seperti unta, sapi, kucing, dan kelelawar. Jenis virus ini seharusnya memang jarang menginfeksi manusia. Namun, baru-baru ini ditemukan bahwa virus corona menjadi virus pernapasan yang diidentifikasi di Wuhan, Cina.

Virus corona sendiri mudah menyebar dari satu orang ke orang yang lain dalam kontak jarak dekat kira-kira 6 kaki. Virus tersebut bisa mudah menyebar saat seseorang menghirup udara yang terkena batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi. Namun belum ada penelitian lebih lanjut apakah virus ini bisa dengan mudah menyebar melalui kontak sentuhan.

Ilustrasi Virus Corona untuk artikel Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

Gejala Virus Corona atau Coronavirus

Jika seseorang terpapar oleh virus ini, maka akan mengalami beberapa gejala sebagai berikut.

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Sesak napas
  4. Flu
  5. Mudah merasa lelah

Gejala-gejala tersebut akan muncul setidaknya setelah seseorang terpapar virus corona dalam 2 – 14 hari. Namun, untuk kita yang tinggal di Indonesia, tidak perlu langsung khawatir jika mengalami gejala di atas. Kecuali jika kita habis melakukan perjalanan ke China dalam 14 hari terakhir. Meski demikian, jika mengalami gejala tersebut, sebaiknya pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan laboratorium dan lain sebagainya.

Baca juga:

Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

Hingga saat ini, belum ada obat yang bisa menangani virus corona. Namun, kita bisa kok melakukan pencegahan sebelum virus tersebut menginfeksi tubuh kita. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri kita agar tidak mudah terinfeksi virus corona berdasarkan CDC dan WHO:

  • Mencuci tangan dengan sabun

Supaya tidak mudah terinfeksi virus corona, sebaiknya kita menerapkan pola hidup bersih seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Cuci tangan bisa kita lakukan setelah dari kamar mandi, sebelum makan, dan setelah bersin / batuk. Kita pun hendaknya mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan. Bisa juga cuci tangan dilakukan dengan hand sanitizer yang setidaknya mengandung alkohol 60%. Namun tetap diutamakan menggunakan air bersih dan sabun, ya.

  • Tidak menyentuh hidung, mulut, dan mata dengan tangan kotor
  • Tetap tinggal di rumah jika kita sakit
  • Jika ingin bersin atau batuk, tutupilah dengan tisu lalu langsung buang tisu tersebut ke tempat sampah
  • Bersihkan benda-benda yang sering tersentuh seperti remot, gagang pintu, dan lain sebagainya
  • Hindari makan makanan hewani mentah atau tidak matang.

Masih ada lagi lho hal-hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri kita agar tidak mudah terinfeksi virus corona, yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita baik, maka kita juga akan terlindungi dari terserang virus maupun bakteri. Tubuh kita juga akan selalu fit dan tidak mudah sakit deh.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makan buah dan sayur-sayuran setiap hari

Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang banyak mengandung vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun kita. Beberapa rekomendasi sayur dan buah-buahan yang bisa kita makan antara lain:

  • Jeruk, lemon
  • Brokoli
  • Bawang putih
  • Jahe
  • Bayam
  • Kunyit
  • Kacang almond
  • Pepaya
  • Kiwi

Makanan-makanan tersebut bisa kita tambahkan dalam masakan atau dibuat jus supaya cita rasanya lebih lezat. Kita pun tidak akan malas memakannya kalau rasanya lezat, bukan?

Sayur dan buah-buahan hanya makanan yang direkomendasikan dikonsumsi tiap hari. Kita pun tetap harus makan sumber karbohidrat misalnya dari nasi atau roti, dan sumber protein dari lauk pauk. Namun, tips supaya makan kita lebih sehat adalah dalam satu piring makanan, porsi buah dan sayur harus setengah piring, ya.

Baca juga: Cara menghitung IMT

Selain itu, kita juga perlu menghindari konsumsi terlalu banyak junk food, makanan berlemak, makanan dengan banyak gula, dan makanan yang diproses (sosis, mie instan, dan lain-lain). Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan radikal bebas dalam tubuh kita. Akibatnya, kita mudah sakit deh.

Beraktivitas fisik teratur

Dalam sehari, setidaknya harus ada aktivitas yang kita lakukan. Entah hanya berjalan kaki, membersihkan rumah, atau apa pun. Sebab, aktivitas fisik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Bahkan kalau bisa, mulai rutin melakukan olahraga, ya. Tidak harus yang berat, yang penting konsisten.

Mempertahankan berat badan normal

Tentunya, sistem kekebalan tubuh kita bisa optimal jika kita memiliki berat badan yang sehat / ideal. Jangan sampai kita terlalu gemuk atau justru terlalu kurus. Caranya adalah dengan makan teratur dan cukup setiap hari. Jangan sampai melewatkan makan atau nyemil makanan tinggi kalori terlalu banyak.

Istirahat / tidur dengan cukup

Istirahat yang cukup dan berkualitas itu perlu lho. Sebaiknya kita menghindari begadang jika memang tidak diperlukan, ya.

Hindari stres berlebihan

Stres juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh kita lho. Jika memang kita sedang stres atau terpikir suatu masalah, sebaiknya bercerita kepada orang lain. Atau luapkan dengan hal-hal positif seperti menulis, melakukan hobi, olahraga, dan lain sebagainya.

Tidak merokok dan konsumsi alkohol

Jika kita terbiasa merokok atau mengonsumsi alkohol, sebaiknya dikurangi deh sedikit demi sedikit. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh kita akan selalu maksimal deh.

Baca juga: Bahaya badan terlalu kurus

Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup itu wajib lho jika kita ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mudah kok untuk menilai apakah kita kekurangan cairan atau tidak. Jika kita merasa haus, maka langsung saja minum air putih. Kurangi minum minuman yang terlalu banyak gula, ya. Selain itu, jika ketika buang air kecil urin kita berwarna kuning, itu juga menandakan kita kurang cairan.

Gimana? Menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Jika tubuh kita fit dan bebas stres, maka kita akan lebih sehat dan tidak mudah sakit. Kita juga tidak akan mudah terserang virus seperti virus flu misalnya.

Dengan demikian, jika virus corona menyebar di sekitar  kita, kita sudah tahu deh apa yang harus dilakukan. Namun tetap saja kita sama-sama berdoa agar virus corona tidak sampai mewabah di daerah kita. Serta jangan sampai juga menginfeksi kita, keluarga, maupun teman-teman, ya.

Baca juga: Cara menambah berat badan secara sehat

Bila ada pertanyaan terkait Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Infeksi Virus Corona bisa ditulis di bawah ini.

Referensi:

Artikel berjudul 2019-nCoV: What the Public Should Do, diakses dari www.cdc.gov

Artikel berjudul Novel Coronavirus (2019-nCoV) advice for the public, diakses dari www.who.in

Artikel berjudul How to boost your immune system, diakses dari www.health.harvard.edu

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *