Cara Menaikkan Berat Badan Secara Sehat

  • Whatsapp
Daftar Kalori Makanan
Daftar Kalori Makanan

Cara Menaikkan Berat Badan Secara SehatUnderweight atau kurang berat badan menjadi salah satu masalah gizi yang masih sering terjadi. Underweight bisa kita ukur dengan menghitung IMT.

Jika hasilnya kurang dari 18,5 kg/m2, maka kita memang memiliki status gizi kurang. Status gizi kurang secara umum disebabkan oleh asupan zat gizi yang kurang dari kebutuhan tubuh dalam jangka waktu lama.

Status gizi kurang biasanya dipengaruhi juga oleh faktor-faktor tertentu seperti faktor keturunan, kecepatan metabolisme, sakit fisik / sakit kronis, dan kesehatan mental yang memengaruhi keinginan makan seseorang.

Dalam jangka waktu lama, asupan makan yang kurang ini akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk berbagai kerja tubuh. Akibatnya, kita bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Nah, salah satu upaya untuk mengatasi underweight tentu saja dengan menaikkan berat badan kita. Menaikkan berat badan ada aturannya juga lho, nggak serta merta langsung makan banyak sesuka hati kita.

Baca juga: Tips agar berat badan ideal

Bagaimana Cara Menaikkan Berat Badan Secara Sehat ?

Kita juga harus memikirkan dampak yang mungkin terjadi pada tubuh. Mending simak tips menaikkan berat badan secara sehat  berikut ini:

Berniat untuk menaikkan berat badan secara sehat

Cara menaikkan berat badan yang pertama adalah mendasari hati dengan niat yang tulus. Niat itu penting banget lho, meskipun sekadar untuk menaikkan berat badan. Sebab, hal ini berhubungan dengan komitmen.

Apakah kita nantinya akan konsisten menjalani diet menaikkan berat badan ini. Jangan sampa kita hanya berniat setengah-setengah lalu putus asa di tengah jalan.

Perlu diingat bahwa menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan secara sehat enggak bisa instan. Supaya lebih tahan lama (berat badan nggak tiba-tiba turun lagi setelah berhasil naik) dan kita pun memiliki pola hidup sehat.

Konsultasikan ke dokter atau ahli gizi

Untuk tips menaikkan berat badan yang kedua ini sebenarnya bisa saja kita lakukan sendiri jika kekurangan berat badan kita belum menyebabkan gangguan kesehatan lain.

Namun, jika dirasa kurang yakin, mending konsultasi ke dokter atau ahli gizi. Hal ini supaya upaya kita untuk menaikkan berat badan lebih aman dan kita lebih mengerti apa yang harus dilakukan.

Selain itu, apabila kita konsultasi ke ahli gizi, kita bisa dengan tepat mengetahui berapa kalori makanan yang kita butuhkan, lalu berapa tambahan kalori yang harus kita asup, dan lain sebagainya. Yang pasti tentu akan lebih akurat.

Menambah jumlah kalori yang diasup

Untuk menaikkan berat badan, tentu saja kalori yang kita asup harus melebihi kalori yang kita bakar untuk beraktivitas. Kita bisa menambah sekitar 300 – 500 kkal dari asupan kita biasanya.

Nah, penambahan jumlah kalori tersebut bisa dibagi-bagi setiap kali makan. Kita bisa menambah jumlah nasi, lauk, atau menambah nyemil sehat setelah makan. Berikut ini adalah daftar kalori makanan yang sekiranya bisa dikonsumsi untuk menambah asupan.

Daftar Kalori Makanan

Nah, dengan tabel beberapa makanan di atas, kita bisa menambah asupan sebanyak 300 – 500 kkal berdasarkan tabel tersebut. Sebagai contoh, kita tetap bisa makan seperti biasanya.

Hanya saja ketika makan, porsi nasi bisa ditambah ½ centong. Untuk 3 kali makan kita sudah menambah asupan sebanyak 300-an kalori. Lalu untuk selingan, kita bisa nyemil pisang dan minum susu 1 gelas. Sudah 500 kkal deh.

Baca juga: Penyebab gangguan makan

Makan sedikit tapi sering

Tips menaikkan berat badan yang satu ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Hindari porsi makan berlebihan dalam sekali makan. Mending makan dalam jumlah sedikit tapi sering. Sebab, orang underweight biasanya akan mudah merasa kenyang. Jika langsung makan dalam porsi banyak, pasti susah sekali untuk dilakukan. Bisa-bisa kita malah mual.

Mengasup makanan sumber protein lebih tinggi

Kita disarankan untuk menambah protein dalam asupan kita. Seperti pada poin 3 di atas, pilihan makanan untuk menambah kalori sebaiknya pilih yang sumber protein ya, seperti susu, telur, ayam, keju, dan lain sebagainya. Jika kita lebih banyak mengonsumsi protein, maka  otot akan lebih terbentuk. Jadi, berat badan yang naik nggak semata-mata karena lemak saja, massa otot kita juga akan bertambah. Risiko-risiko kesehatan akibat kelebihan lemak pun bisa kita cegah.

Hindari makanan tinggi gula

Makanan-makanan yang tinggi gula memang berkalori tinggi dan cukup efektif untuk menaikkan berat badan. Misalnya saja soda, minuman boba, dan lain sebagainya. Berat badan kita memang akan naik, tapi risiko kesehatan justru juga semakin naik. Nah, mending pilih makanan lain yang sehat dan kaya gizi seperti buah, jus (tanpa gula), kacang-kacangan, sayur, serta lain sebagainya.

Baca juga: Cara menghitung indeks massa tubuh

Makan teratur

Makan teratur di jam yang sama setiap hari itu kunci. Kalau kita memang ingin menaikkan berat badan secara sehat, jangan lupa untuk makan teratur. Hindari skip makanan atau makan dirapel dalam satu waktu. Kita boleh saja menambah waktu makan seperti mengonsumsi camilan sebelum tidur di malam hari. Atau bisa juga menambah jadwal makan di sore hari. Yang terpenting jam makan pokok seperti sarapan, makan siang, dan makan malam nggak pernah dilewatkan.

Olahraga teratur

Untuk menaikkan berat badan, bukan berarti kita nggak butuh olahraga, lho. Olahraga ini akan membuat massa otot kita naik, jadi berat badan akan naik deh. Selain itu, olahraga juga bermanfaat dalam menambah nafsu makan. Nggak harus yang berat-berat kok. Lakukan saja olahraga yang kita sukai, asalkan konsisten.

Hindari minum sebelum makan

Kalau untuk menaikkan berat badan, minum segelas air sebelum makan akan mampu mengendalikan asupan makan kita agar nggak berlebihan. Namun, jika kita hendak menaikkan berat badan, maka hindarilah minum sebelum makan.

Cukup istirahat

Istirahat yang cukup adalah bagian dari pola hidup sehat. Begitu pun jika kita ingin menaikkan berat badan. Jika istirahat kita kurang, maka sistem hormonal kita juga akan berantakan. Nafsu makan kita pun akan sulit terkendali, bisa jadi susah merasa lapar, atau justru mudah merasa lapar.

Baca juga: Bahaya badan terlalu kurus

Itulah 10 tips yang bisa kita lakukan untuk menaikkan berat badan. Jika mengalami kesulitan atau efek samping tertentu, segera saja menghubungi dokter atau ahli gizi. Yang terpenting, segera lakukan ya jika sudah niat. Jangan ditunda-tunda, keburu badan kita mengalami gangguan kesehatan, ‘kan? .

Apabila ada pertanyaan tentang Cara Menaikkan Berat Badan Secara Sehat ini bisa ditulis di kotak komentar.

Daftar Pustaka:

Pusat Diabetes & Lipid Jakarta, RSCM / FKUI dan Instalasi Gizi RSCM. 2010. Daftar Bahan Makanan Penukar. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Artikel berjudul How to Gain Weight Fast and Safely. Diakses dari https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *