Membuat Kartun Gambar Penyu Hijau

  • Whatsapp
Membuat Kartun Gambar Penyu Hijau kecil, imut dan lucu
Membuat Kartun Gambar Penyu Hijau kecil, imut dan lucu

Bagaimana caranya membuat kartun gambar penyu hijau menggunakan software Corel Draw?. Caranya kita buat gambar sketsanya kemudian diberi warna.

Di tutorial ini, kita akan menggambar menggunakan software Corel Draw 2017 yang kita praktekkan secara sederhana dan mudah untuk diikuti.

Kamu bisa juga membaca tutorial cara menggambar kartun kura-kura yang sebelumnya telah kita buat. Jika telah mengikuti tutorial sebelumnya dengan baik, maka untuk mempraktekkan tutorial ini akan menjadi lebih mudah.

Perbedaan mendasar antara penyu dan kura-kura terletak pada kakinya. Pada penyu, kakinya berbentuk sirip sedangkan pada kura-kura berbentuk kaki seperti pada umumnya.

Pada tutorial ini gambar penyunya terlihat dari sisi atas. Beda dengan gambar kura-kura sebelumnya yang terlihat dari sisi samping.

Langkah-Langkah Membuat Kartun Penyu Hijau

1. Bukalah software Corel Drawmu lalu buatlah lembar kerja yang baru.

Baca juga: Cara membuat gambar laptop

2. Buatlah motif cangkangnya atau rumah penyunya menggunakan bantuan Rectangle Tool dan Polygon tool. Agar gambar persegi pada rectangle tool bisa diatur lekukkannya, maka kita konversi ke Curve.. Lalu susun seperti pada gambar berikut ini.

3. Setelah itu gambar lingkaran menggunakan ELLIPS TOOL + tekan tombol SHIFT lalu atur posisi layernya di posisi paling bawah dari gambar motif cangkangnya, cara klik kanan gambar lingkaran -> ORDER -> TO BACK OF PAGE.

4. Kemudian klik kanan pada lingkaran -> CONVERT TO CURVE agar bisa dibuat lekukan seperti cangkang penyu yang asli. Untuk membuat lekukkannya menggunakan SHAPE TOOL lalu diatur (digeser-geser) menggunakan bantuan mouse.  Perhatikan gambar di bawah ini.

5. Buatlah gambar kaki sirip penyu menggunakan dua buah ellip. Kemudian keduanya disusun saling bertindih.

6. Blok atau pilih kedua gambar ellip tersebut kemudian klik WELD untuk menggabung kedua gambar.

Baca juga: Cara membuat gambar pohon sederhana

7. Setelah tergabung kemudian buatlah motif sirip penyu menggunakan gambar kotak-kotak sebanyak yang diperlukan. Gunakanlah RECTANGLE TOOL untuk membuat gambar kotak.

8. Untuk membuat gambar kotak menjadi fleksibel sehingga mudah dilekukkan. Rubahlah menjadi curve, caranya klik kanan pada gambar kotak motif sirip penyu -> CONVERT TO CURVE. Setelah itu pilih fitur SHAPE TOOL untuk membuat lekukkannya.

9. Setelah satu sirip telah jadi kemudian letakkan layernya di posisi paling bawah. Caranya klik kanan pada gambar sirip beserta motifnya -> ORDER -> TO BACK OF PAGE.

10. Buatlah duplikasi sebanyak 4 buah lalu letakkan seperti pada gambar di bawah ini. Cara menduplikasinya yakni blok gambar sirip + motifnya lalu tekan CTRL + D pada tombol keyboard.

Baca juga: Cara membuat gambar doraemon

11. Untuk membuat gambar ekor, kita dapat menggunakan bagian sirip penyu yang kita hapus menggunakan ERASE. Yang perlu diingat posisi layer cangkang harus di atas daripada posisi sirip dan ekor penyu hijau.

Membuat gambar sirip penyu hijau

12. Buatlah kepala, mata dan hidungnya berupa gambar ellips menggunakan ELLIPS TOOL. Aturlah warnanya untuk mata bewarna putih.

Baca juga: Membuat gambar kartun jamur imut dan lucu

14. Setelah itu beri sedikit motif pada kepala bagian atasnya, caranya seperti pada saat memberi motif bagian sirip penyu.

Membuat Kartun Gambar Penyu Hijau kecil, imut dan lucu

Nah, demikianlah tutorial cara menggambar kartun penyu hijau menggunakan Corel Draw. Apabila ada yang belum jelas bisa ditulis di bawah ini.

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *