Manfaat Mandi Air Hangat dan Dingin

  • Whatsapp
Manfaat Mandi Air Hangat dan Dingin bagi tubuh kita
Manfaat Mandi Air Hangat dan Dingin bagi tubuh kita

Manfaat Mandi Air Hangat dan Dingin – Kamu tim mandi dengan air dingin atau air hangat? Saat cuaca lagi dingin atau badan lagi capek banget sih enaknya mandi dengan air hangat. Namun saat cuaca panas atau habis beraktivitas di luar, enaknya sih mandi air dingin karena badan kita akan terasa lebih segar.

Terkadang perkara mandi dengan air hangat atau air dingin ini sering membingungkan. Padahal keduanya sama-sama baik dan ada manfaatnya lho. Namun ada juga beberapa risiko yang mungkin terjadi. Mending simak dulu artikel Manfaat Mandi Air Hangat dan Dingin ini yuk!

A. Manfaat mandi air dingin

Kadang kita merasa malas saat mandi air dingin di pagi hari sebelum beraktivitas. Apalagi di saat musim hujan dan cuaca sedang dingin. Yakin nih mau malas mandi air dingin? Padahal ada manfaatnya lho bagi kesehatan.

1. Meredakan gatal

Jika kulit kita mengalami gatal kemudian mandi dengan air dingin, maka rasa gatal bisa mereda. Sensasi untuk menggaruk juga berkurang. Maka, kulit juga akan terhindar dari lecet atau luka akibat sering digaruk deh.

2. Meningkatkan endorfin untuk mencegah depresi

Bagi orang dengan gangguan depresi, mandi air dingin kurang lebih selama 5 menit dalam 2-3 kali seminggu bisa meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon endorfin adalah hormon kebahagiaan, sehingga rasa optimisme dan perasaan positif bisa muncul akibat sentuhan dingin air saat mandi.

Baca juga: Gangguan menstruasi pada wanita

3. Mengurangi ngantuk dan meningkatkan konsentrasi

Kalau masih merasa malas bangun pagi karena merasa masih mengantuk, coba deh mandi air dingin. Saat tubuh kita terkena air dingin, maka akan mengalami sedikit syok. Hal ini meningkatkan oksigen yang masuk ke tubuh, meningkatkan tekanan darah, dan membuat kita bangun. Setelah mandi, pasti kita akan merasa fresh dan nggak bakal ngantuk lagi.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Mandi air dingin juga bermanfaat dalam melancarkan sirkulasi darah kita, lho. Soalnya saat terkena air dingin, darah di berbagai jaringan tubuh kita akan segera bersirkulasi dengan cepat agar suhu tubuh kita ideal. Pasalnya saat disiram air dingin, tubuh pasti akan langsung menyeimbangkan suhu agar kita nggak merasa kedinginan. Tentunya sirkulasi darah yang lancar sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini bisa mengurangi terjadinya inflamasi (peradangan) dan juga mencegah terjadinya penyakit jantung.

5. Dapat meningkatkan metabolisme

Saat tubuh kita terkena air dingin, ada sel lemak di tubuh kita yang akan terbakar karena tubuh berusaha menaikkan suhu agar nggak kedinginan. Hal ini juga bisa membantu penurunan berat badan. Asalkan tetap diimbangi dengan diet sehat dan aktivitas fisik yang teratur.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Saat terkena air dingin, tubuh akan memproduksi leukosit yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Mandi dengan air dingin secara rutin bisa membantu kita untuk lebih kebal terhadap penyakit seperti batuk, pilek, dan flu.

7. Membuat rambut dan kulit lebih sehat

Ada pakar yang menyebutkan bahwa mandi dengan air dingin bisa membuat kulit kita lebih kencang dan rambut lebih kuat. Soalnya, sirkulasi darah di area kulit akan lebih lancar, jadinya kulit lebih bercahaya deh. Kemudian soal rambut, air dingin bisa memperkuat kutikula rambut dan mencegah kerontokan. Rambut kita pun nggak akan mudah kering karena kehilangan minyak alami rambut.

8. Mengurangi depresi

Saat tubuh kita terkena air dingin, hal ini akan memicu reseptor di kulit mengaktifkan impuls yang saat terhubung ke otak. Lalu, akan ada zat antidepresi yang diproduksi.  Zat ini juga bisa meningkatkan suasana hati sehingga bisa mengurangi depresi atau perasaan cemas.

Itu dia beberapa manfaat mandi air dingin bagi tubuh. Cocok banget deh saat pagi hari akan beraktivitas, kita mandi air dingin supaya lebih fresh dan fokus. Namun jika sedang sakit, nggak perlu dipaksakan, ya.

Baca juga: Penyebab penyakit diabetes tipe 1 beserta tandanya

B. Manfaat Mandi Air Dingin

Sekarang kita akan mengulas tentang manfaat mandi air hangat. Baik mandi dengan air dingin maupun air hangat, keduanya sama-sama bermanfaat kok. Bagi yang suka mandi dengan air hangat, ketahui dulu manfaatnya berikut ini nih.

1. Meringankan gejala flu

Saat mandi dengan air hangat, akan ada uap yang mampu meredakan gejala flu seperti pilek dan batuk. Hal ini karena uap panas akan menyebabkan saluran pernapasan terbuka sehingga saluran hidung bisa lebih bersih.

2. Melancarkan peredaran darah

Mandi air hangat juga sangat bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah. Apalagi jika kita melakukannya dengan berdiri di bawah aliran air hangat selama 10 menit. Jika sirkulasi darah lancar, tubuh kita pasti akan lebih sehat karena oksigen bisa masuk ke seluruh sel di tubuh.

3. Membantu membersihkan kulit

Saat kita mandi dengan air hangat, otomatis pori-pori di kulit kita akan terbuka. Maka, kotoran dan minyak yang menempel pun bisa hilang dengan mudah. Begitu pula untuk kulit wajah, pori-pori kita bisa lebih bersih lho.

4. Membantu merelaksasi otot

Saat kita lelah beraktivitas seharian, mandi dengan air hangat ini akan sangat bermanfaat untuk merelaksasi otot. Sambil mandi, kita bisa memijit beberapa bagian tubuh yang tegang, kaku, atau pegal-pegal. Setelah mandi, badan akan terasa segar dan rileks kembali deh.

5. Mengatasi stres

Kalau lagi banyak pikiran, mandi air hangat juga bermanfaat untuk mengurangi stres nih. Sebab, air hangat atau panas yang mengenai tubuh kita berpengaruh untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini berperan agar kita merasa lebih bahagia dan memiliki perasaan positif.

Baca juga: Gejala menstruasi pada wanita

6. Mengatasi insomnia (gangguan tidur)

Mandi dengan air hangat pun bermanfaat dalam mengatasi insomnia atau kesulitan tidur. Kalau punya masalah insomnia, mandi air hangat ini bisa dilakukan di malam hari sebelum tidur agar tubuh lebih rileks dan bisa tidur nyenyak.

Nah, sebenarnya mandi air dingin maupun air hangat sama baiknya, bukan? Kita hanya perlu menyesuaikannya dengan kondisi kita saja. Apakah saat ini kita lebih membutuhkan mandi air dingin atau justru air hangat.

C. Risiko atau bahaya mandi dengan air dingin

Mandi air dingin ternyata juga ada beberapa risikonya. Risiko-risiko ini perlu diperhatikan karena saja mungkin terjadi dan justru merugikan tubuh kita.

1. Hipotermia

Kalau kita sedang kedinginan atau cuaca dingin, nggak perlu memaksakan diri mandi dengan air dingin kok. Hal ini justru malah berisiko menyebabkan kita mengalami hipotermia. Bisa-bisa tubuh kita malah drop dan denyut jantung melemah.

2. Masuk angin

Terkadang beberapa orang juga bisa mengalami masuk angin saat kedinginan. Termasuk apabila memaksakan mandi air dingin padahal kondisi tubuh sedang nggak memungkinkan.

Baca juga: Cara agar tidur berkualitas

D. Bahaya mandi dengan air hangat

Mandi air hangat juga memiliki risiko lho apabila dilakukan dengan kurang tepat. Misalnya saja dilakukan terlalu sering atau terlalu lama.

1. Kulit dan rambut kering

Mandi air hangat terlalu lama dan terlalu sering bisa mengganggu kelenjar minyak di kulit kita lho. Akibatnya, kulit kita bisa kering. Begitu pula dengan rambut. Keramas dengan air hangat atau panas juga menyebabkan rambut kering dan mudah patah.

2. Menurunkan tekanan darah tiba-tiba

Kalau risiko yang satu ini sih perlu diwaspadai terutama jika kita mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah. Mandi air hangat atau air panas bisa berisiko menurunkan tekanan darah secara mendadak. Tentunya hal ini bisa menimbulkan gejala seperti mata berkunang-kunang dan penglihatan kabur.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Mandi Air Hangat dan Dingin beserta resikonya. Masing-masing baik kok untuk tubuh kita asalkan melakukannya sesuai situasi. Karena pada dasarnya, mandi bermanfaat untuk membersihkan kulit tubuh kita dari kuman saat beraktivitas. Nah, kamu kira-kira suka mandi air hangat atau air dingin nih?

Referensi:

Artikel berjudul “Cold Shower vs Hot Shower: Which One is Better?” diakses pada 1 Mei 2020 dari https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower.

Artikel berjudul “Cold Shower Benefit for Your Health” diakses pada 1 Mei 2020 dari https://www.healthline.com/health/cold-shower-benefits#improved-metabolism.

Artikel berjudul “Benefits of Cold Showers: 7 Reasons Why Taking Cool Showers Is Good For Your Health” diakses pada 1 Mei 2020, dari https://www.medicaldaily.com/benefits-cold-showers-7-reasons-why-taking-cool-showers-good-your-health-289524.

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *