Contoh dan Cara Membuat Minuman Sehat

  • Whatsapp
Contoh dan Cara Membuat Minuman Sehat
Contoh dan Cara Membuat Minuman Sehat

Contoh dan Cara Membuat Minuman Sehat – Mungkin kalau memikirkan minuman sehat, kamu akan terpikir air putih. Nggak salah sih, karena kita membutuhkan air putih untuk mencukupi kebutuhan tubuh dalam berbagai proses. Seperti proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi darah, pembentukan air liur dan lendir, penyerapan zat gizi, menyeimbangkan suhu tubuh, dan lain sebagainya.

Air  juga perlu dikonsumsi dengan cukup agar kebutuhan tubuh terpenuhi. Kita pun akan terhindar dari tanda-tanda kurang cairan seperti mengantuk, lemas, lelah, sembelit, hingga sakit kepala.

Contoh dan Cara Membuat Minuman Sehat

Ketika tubuh kekurangan cairan, tentu berbagai proses di dalamnya nggak akan berjalan dengan lancar. Aktivitas kita sehari-hari pun bisa terganggu deh.

Namun, kita seringkali bosan ya jika setiap hari minum air putih saja? Terkadang, ada juga minuman-minuman yang memiliki rasa dan warna yang turut kita konsumsi. Misalnya kopi, teh, sirup, susu, hingga minuman kemasan dan minuman hits seperti boba. Mengonsumsi minuman-minuman tersebut boleh-boleh saja kok asalkan nggak berlebihan.

Oh ya, perlu diingat nih kalau minuman manis nggak semuanya sehat. Yang pertama, minuman manis pastinya akan ada tambahan gula. Terlalu banyak konsumsi gula pastinya nggak bagus bagi tubuh, selain bisa memacu diabetes melitus, juga bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Selain itu, minuman manis juga kadang ada tambahan-tambahan bahan tertentu, seperti pengawet dan pewarna. Terutama pada minuman kemasan. Bahkan kandungan gizi seperti vitamin, mineral, serat, dan lain sebagainya malah kadang nggak ada.

Nah, daripada kita malah salah mengonsumsi minuman yang nggak terjamin kesehatannya, mending konsumsi minuman sehat saja. Minuman-minuman sehat pastinya terbuat dari bahan-bahan makanan yang bergizi dan bisa menutrisi tubuh. Misalnya seperti jus buah atau sayur, smoothie, dan lain sebagainya. Bahkan minuman-minuman sehat tersebut bisa kita buat sendiri di rumah lho. Penasaran? Simak, yuk!

Mango smoothies

Contoh minuman sehat yang pertama adalah mango smoothies. Mumpung lagi musim mangga, pastinya kita bakalan mudah mencari mangga di pasaran. Bahkan kalau punya pohon mangga, memetik langsung dari pohonnya bakalan jauh lebih segar. Mangga smoothies menjadi minuman manis yang segar sekaligus sehat.

Rasa manis dari minuman ini akan kita dapatkan dari mangga, sehingga nggak perlu tambahan gula lagi. Selain itu, mangga juga kaya serat dan vitamin C. Selain bisa meningkatkan sistem imun, juga bisa meningkatkan kesehatan kulit. Kemudian kandungan seratnya akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Baca juga: Manfaat Kacang Kedelai

Oh ya, dalam membuat mango smoothies ini kita juga bisa menambahkan yogurt sebagai campuran agar rasa minuman ini makin menyegarkan. Pastinya, yogurt adalah minuman yang sehat buat pencernaan. Cara membuat minuman sehat ini mudah lho, begini nih.

Cara membuat mango smoothies

Bahan:

  • Mangga harum manis 1 buah (120 gram)
  • Es batu 1 gelas berukuran sedang
  • Air putih dingin ½ gelas
  • Plain yogurt 100 ml (80 gram)

Langkah membuat mango smoothies:

  • Potong-potong buah mangga berbentuk kotak, sisakan sedikit untuk topping lalu sisihkan.
  • Blender buah mangga yang akan dijadikan smoothies bersama air dingin, es batu, dan yogurt. Oh ya, sisakan sedikit yogurt untuk topping agar tampilan minuman ini lebih menarik.
  • Masukkan mangga smoothies tadi ke dalam gelas.
  • Tuang sisa yogurt di atasnya. Lalu tambahkan topping potongan buah mangga.
  • Mango smoothies yang cantik dan sehat siap untuk diminum.

Kandungan gizi mango smoothies untuk resep ini:

  • Total energi                                                                : 128,5 kkal
  • Protein                                                         : 3,2 g
  • Lemak                                                           : 3,3 g
  • Karbohidrat                                                                : 23,3 g
  • Serat                                                             : 2,2 g
  • Vitamin A                                                    : 35,2 µg
  • Vitamin C                                                     : 61,6 mg
  • Kalsium                                                        : 108 mg

Teh jahe mau sereh

Minuman sehat kali ini juga nggak kalah sehat, yaitu teh jahe madu sereh. Selain berbahan dasar jahe, dalam minuman kali ini juga ditambah bahan seperti madu dan sereh. Minuman ini sangat bermanfaat untuk meredakan aneka masalah pencernaan lho. Teh jahe madu sereh bisa untuk meredakan sakit perut dan mual.

Selain itu, aroma minuman ini juga nggak kalah sedap sehingga bisa membuat tubuh lebih rileks. Cocok sekali dikonsumsi setiap pagi hari agar pencernaan lebih nyaman sebelum beraktivitas. Nah, kalau penasaran dengan cara membuat dan kandungan gizi pada minuman ini, simak deh! Siapa tahu jadi tertarik membuatnya di rumah, ‘kan?

Cara membuat teh jahe madu sereh (2 porsi)

Bahan:

  • Jahe 1 ruas jari (2 gram)
  • Sereh 1 batang (7 gram)
  • Air 500 ml
  • Gula jawa cair 2 sdt (13 gram)
  • Madu asli 2 sdm (30 gram)

Cara membuat teh jahe:

  • Iris-iris jahe dan sereh.
  • Rebus bahan tersebut dalam 500 ml air hingga mendidih.
  • Setelah dingin, sajikan dalam gelas.
  • Tambahkan madu dan gula jawa.

Kandungan gizi teh jahe (2 porsi)

  • Total energi                                                 : 150,2 kkal
  • Protein                                                         : 1 g
  • Lemak                                                           : 0,2 g
  • Karbohidrat                                                 : 39,1 g
  • Serat                                                             : 0,4 g
  • Vitamin A                                                    : 81,7 µg
  • Vitamin C                                                     : 4,7 mg
  • Kalium                                                          : 197,3 mg
  • Kalsium                                                        : 127,9 mg
  • Asam folat                                                  : 22,5 µg

Air kelapa

Jenis minuman sehat kali ini nggak perlu repot-repot membuat sendiri deh. Cukup dengan mengonsumsi air kelapa asli tanpa campuran apa-apa, minuman ini sudah sangat menyehatkan. Rasanya unik abis karena ada manis-manis dan gurihnya. Lalu kalau dikonsumsi saat cuaca panas, bakalan menyegarkan banget.

Baca juga: Manfaat Buah Zaitun

Manfaat air kelapa ini sangat banyak lho. Di antaranya adalah mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena selain mengandung air, juga ada kandungan elektrolitnya. Kemudian air kelapa juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, dan mengandung antioksidan untuk mencegah kerusakan sel. Air kelapa pun terkenal bisa menyehatkan ginjal serta bermanfaat untuk kesehatan kulit lho.

Kandungan gizi air kelapa 240 ml (1 gelas):

  • Air 94%
  • Energi 46 kkal
  • Karbohidrat 9 gram
  • Serat pangan 3 gram
  • Lemak 0,5 gram
  • Protein 2 gram
  • Vitamin C 5,8 mg
  • Kalium 600 mg
  • Fosfor 48 mg
  • Magnesium 60 mg
  • Mangan 0,3 mg
  • Natrium 252 mg
  • Kalsium 57,6 mg

Jus pepaya stroberi

Selanjutnya, mari membuat minuman sehat berupa jus pepaya strawberry. Campuran buah strawberry yang manis-manis asam bakalan pas banget deh dengan buah pepaya yang manis. Buah strawberry sangat bermanfaat untuk mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, hingga memperkuat daya tahan tubuh.

Sementara itu, buah pepaya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah kanker usus, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Perpaduan kedua buah ini pastinya bakalan sangat menyegarkan.

Untuk membuatnya pun nggak perlu tambahan gula saja rasanya sudah manis. Namun, kamu bisa menambahkan sedikit gula kok jika dirasa jus kurang manis. Penasaran cara membuatnya?

Baca juga: Pewarna Alami dan Warna Yang Dihasilkan

Cara membuat jus pepaya stroberi (1 porsi)

Bahan:

  • Buah pepaya 100 gram dipotong dadu
  • Buah strawberry 50 gram
  • Air es 100 ml
  • Gula pasir 1 sdm (13 gram)

Cara membuat jus pepaya stroberi:

  • Blender semua bahan di atas menjadi satu.
  • Sajikan.

Kandungan gizi jus pepaya stroberi:

  • Total energi                                                                : 112,8 kkal
  • Protein                                                         : 1 g
  • Lemak                                                           : 0,2 g
  • Karbohidrat                                                                : 28,7 g
  • Serat                                                             : 3 g
  • Vitamin A                                                    : 135 µg
  • Vitamin C                                                     : 88,5 mg
  • Kalium                                                          : 257,3 mg
  • Kalsium                                                        : 49,1 mg
  • Asam folat                                                  : 38 µg

Nah, itu dia deh beberapa contoh minuman sehat dan cara membuatnya. Berbagai minuman tersebut memiliki jumlah kalori yang nggak banyak, sehingga nggak berisiko bikin gemuk. Selain itu, kandungan gizinya juga kaya, alias nggak hanya mengandalkan rasa yang enak saja. Gimana? Masih mau konsumsi minuman bersoda, soft drink, atau minuman kekinian yang tinggi kalori dan rendah zat gizi?

Referensi:

Waspadji S, Sukardji K, dan Suharyati. 2010. Daftar Bahan Makanan Penukar Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Spritzler, F. 2018. Artikel berjudul “8 Science-Based Health Benefits of Coconut Water”. Diakses dari https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits pada November 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *