Cara Membuat Gambar Ketupat Lebaran

Bagaimana cara membuat gambar ketupat lebaran ?. Berhubung tulisan ini dibuat pada bulan ramadhan, maka topik desain kita seputar ketupat.

Kita akan membuat gambar ketupat lebaran menggunakan software Corel Draw versi 2017. Kamu boleh saja menggunakan versi software di bawahnya atau diatasnya.

Cara Membuat Gambar Ketupat Lebaran Menggunakan Corel Draw

1. Bukalah lembaran kerja baru di Corel Draw 2017.

2. Buatlah kotak persegi empat sama sisi dengan menggunakan rectagle tool kemudian klik di lembaran kerja sambil menekan tombol CTRL di keyboard agar bentuk kotaknya persegi empat sama sisi.

3. Setelah itu kita warnai dengan warna sesukamu, gak harus bewarna hijau seperti pada gambar. Mula-mula klik gambar perseginya lalu pilih opsi object properties lalu pilih uniform fill.

Baca juga: cara membuat desain kartu nama

4. Tekan klik dua kali pada persegi menggunakan mouse lalu putar seperti gambar di bawah ini. Setalah itu buatlah duplikatnya sebanyak 9 buah kotak dengan cara klik persegi lalu tekan CTRL + D pada keyboardmu.

5. Kemudian kita rubah warnanya menjadi tiga warna dalam satu kotak yaitu hijau-kuning-hijau. Caranya klik gambar kotak lalu atur di object properties -> fountain fill -> blend transition: repeat and mirror.

6. Kemudian kita buat beberapa kotak persegi memiliki arah gradien warnanya berbeda seperti pada gambar di bawah dengan cara klik gambar kotak persegi lalu pada object properties kita rubah posisi arah gradien warnanya di kotak fill picker.

7. Jika kita lihat gambar di atas ujung ketupat terlalu runcing, maka akan terlihat jelek. Nah, kita rubah supaya tidak runcing caranya klik gambar persegi empat kemudian pilih fitur shape tools lalu pas ujungnya kita geser pelan-pelan. Lakukan seperti itu hingga menjadi gambar di bawah ini.

8. Buatlah janur gantungan atasnya menggunakan artistic media yang kita beri warna hijau dan kuning.

9. Buat pula sisa potongan janur ketupat di bawahnya dengan cara duplikat 2 buah kotak persegi empat yang telah kita buat lalu sedemikian rupa bentuknya kita rubah menjadi lebih tipis seperti gambar di bawah.

Baca juga: Cara membuat kartun jamur

10. Jangan lupa, sisa potongan janur ketupat yang di atas dan di bawah dalam layer posisinya harus di bawah ketupatnya. Cara mengaturnya yaitu klik kanan sisa potongan janur pilih opsi order -> to back off page.

11. Setelah itu satukan semua gambar dengan cara membuat memblok menggunakan mouse sehingga semua gambar terpilih kemudian klik kanan pada gambar lalu pilih grup objects. Lalu aturlah posisi ketupat sehingga lebih menarik.

Baca juga: Contoh dan cara membuat desain undangan pernikahan

12. Nah, hasil akhir gambar ketupat lebaran bisa seperti di bawah ini.

Cara Membuat Gambar Ketupat Lebaran

Nah, selesai sudah tutorial cara membuat gambar ketupat lebaran kali ini. Dengan sedikit merubah variasi warna dan merubah ukuran kita bisa melakukan berbagai macam variasi gambar ketupat.

Ruther Iwannafre

"Hanya dimusiklah semua perbedaan dapat disatukan menjadi karya yang indah"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *