Membuat gambar lentera Islam Ramadhan

Pada bulan ramadhan kemarin kebetulan saya melihat gambar lentera gantung bagus sekali, dari sini saya punya ide untuk menulis artikel tentang cara membuat gambar lentera Islam ramadhan yang sederhana.

Kenapa berjudul lentera Islam ramadhan ? karena lentera itu memiliki makna filosofi yang tinggi bagi agama Islam yang juga menyinari alam semesta ini dari kehidupan yang gelap. Tentu, makna filosofi lengkapnya tidak kita bahas disini.

Kamu juga bisa melihat gambar sederhana lainnya karena sebelumnya kita juga telah membuat beberapa tutorial :

1) membuat gambar masjid bewarna sederhana

2) membuat gambar ketupat lebaran

3) membuat gambar bulan sabit masjid

Cara Membuat Gambar Lentera atau Lampu Gantung Sederhana Menggunakan Corel Draw

1. Bukalah lembaran kerja yang baru lalu buatlah gambar persegi enam menggunakan POLYGON TOOL.

2. Buanglah sudut atas & bawahnya dengan cara klik kanan -> CONVERT TO CURVES. Lalu klik fitur SHAPE TOOL -> Klik titik biru di sudut atas & bawahnya agar menghilang.

3. Setelah itu, rubahlah ukuran panjang lentera gantungnya dengan cara klik gambar persegi enam -> tarik ke atas titik hitam yang berada di atas bagian tengah.

lentera

4. Setelah itu buatlah 3 kaca lentera gantung menggunakan RECTAGLE TOOL.

5. Agar ada efek 3 dimensi, maka kita sempitkan bagian kaca sisi kanan dan kiri menggunakan SHAPE TOOL -> lalu klik dan tarik titik di sudutnya hingga menyempit.

6. Buatlah duplikasi ketiga kaca lentera dengan cara klik ketiga gambar terebut lalu tekan tombol CTRL + D di keyboardmu. Setelah itu rubah ukurannya dan diposisikan tumpang tindih.

7. Rubahlah sisi atas ketiga gambar hasil duplikasi tersebut menjadi melengkung. Caranya menggunakan SHAPE TOOL -> klik titik sudut kanan kaca tengah tarik ke bawah, maka akan menjadi melengkung (lakukkan pula pada sudut kirinya). Untuk kaca sisi kanan dan sisi kiri sebelum menggunakan SHAPE TOOL harus di klik kanan -> CONVERT TO CURVES terlebih dahulu.

lentera ramadhan

8. Berilah warna yang berbeda dengan cara klik objek gambar yang hendak diwarnai -> OBJECT PROPERTIES -> FILL. Berilah warna sesukamu pada semua nomor kecuali nomor 3, 4 dan 7.

9. Lalu klik gambar 1 & 2 caranya klik dulu gambar 1 sambil menekan tombol CTRL dikeyboard kemudian klik gambar 2, setelah itu klik fitur TRIM. Lakukanlah pula untuk nomor 1 & 5 serta 1 & 6.

lentera islam

10. Klik gambar 2 & 3 lalu klik fitur BACK MINUS FONT. Lakukanlah hal yang sama untuk gambar 4 & 5 serta 6 & 7.

11. Buatlah garis menggunakan fitur 2-POINT LINE TOOL seperti gambar di bawah ini.

lentera gantung bulan ramadhan

12. Hilangkanlah bagian gambar nomor 8, 9, 10, 11, 12 dan 13. Gambar itu sebenarnya cuma satu gambar saja yaitu nomor 1. Caranya klik kanan gambar nomor 1 -> CONVERT TO CURVES -> SHAPE TOOL -> Klik 2 sudut paling atas dan 2 sudut paling bawah sehingga tinggal titik A, B, C, D, E, F, G dan H. Untuk menghilangkan garis juga bisa dilakukan dengan cara yang sama yaitu SHAPE TOOL -> klik titik biru kecil yang hendak dihilangkan.

13. Buatlah kubah dengan cara klik fitur ELLIPS TOOL. Berilah warna sesukamu dengan cara klik OBJECT PROPERTIES -> FILL.

14. Untuk membuatnya menjadi kubah, caranya klik kanan gambar lingkaran -> CONVERT TO CURVES -> SHAPE TOLL -> Klik gambar lingkaran akan muncul anak panah biru di empat titik yaitu atas, kanan, kiri dan bawah.

15. Mula-mula klik titik kiri -> fitur CONVERT TO LINE. Kemudian klik titik bawah -> fitur CONVERT TO LINE. Kemudian klik titik paling bawah yang membuat titik tersebut hilang.

16. Untuk membuat lekukan, klik titik paling atas -> CUSP NODE. Kemudian, dua buah anak panah yang berlawanan arah yang ada di titik atas rubahlah arahnya menjadi ke bawah. Maka otomatis akan berubah seperti bawang merah.

17. Lalu duplikasi dengan cara klik gambar kubah lalu tekan CTRL + D.

18. Setelah itu rubahlah ukuran kubah hasil duplikasi menjadi lebih kecil dan posisikan seperti gambar di atas.

19. Buatlah lingkaran kemudian potong sedikit bagian bawahnya menggunakan ERASER TOOL. Buat seperti itu lalu letakkan di atas dan bawah lentera gantung.

lentera idul adha

20. Kemudian buatlah cincin menggunakan ELLIPS TOOL tapi warnanya dibuat transparan, caranya OBJECT PROPERTIES -> FILL -> NO FILL. Setelah itu klik SHAPE TOOL untuk membuat cincinnya terputus. Untuk membuat tali bisa menggunakan fitur 2-POINT LINE TOOL.

Cara Membuat gambar lentera Islam Ramadhan

Untuk membuat lampunya, kita bisa menggunakan ELLIPS TOOL yang diberi warna kuning atau putih lalu dibuat transparan dimana semakin menjauh dari titik pusat lingkaran semakin besar nilai transparasinya (100%). Caranya klik gambar lingkaran -> OBJECT PROPERTIES -> FILL: KUNING. Setelah itu klik OBJECT PROPERTIES -> TRANSPARENCY -> FOUNTAIN TRANSPARENCY -> ELLIPTICAL FOUNTAIN TRANSPARENCY.

Nah, tutorial cara membuat gambar lentera Islam ramadhan kali ini memiliki hasil seperti pada gambar di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *