Contoh Surat Resign Guru, Hotel, Bank dan Karyawan

Bagaimana contoh surat resign guru, hotel, bank dan karyawan pabrik ?. Begitulah pertanyaan populer setelah sebelumnya kita membuat artikel berjudul Contoh Surat Pengunduran Diri (resign) Yang Baik dan Benar.

Pada dasarnya format surat resign itu sama yaitu 1) kepala surat, 2) Tempat & tanggal pembuatan surat, 3) Orang yang dituju, 4) Salam pembukaan, 5) Isi surat, 6) penutup dan 7) Nama & Tanda tangan si pembuat.

Yang membedakannya hanyalah nama si pembuat dan alasannya “mengapa keluar dari pekerjaan tersebut?”. Alasan harus kuat dan logis sehingga pengajuan resign bisa dipertimbangkan oleh pihak perusahaan.

Selain itu, susunan kalimat dalam surat resign ini harus resmi alias sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Tidak diperkenankan kita menulisnya dengan bahasa gaul atau alay. Misalnya disingkat-singkat atau menggunakan istilah-istilah kekinian.

Kita boleh menulis surat resign atau pengunduran diri dari pekerjaan dengan menulis tangan. Tapi harus rapi dan tidak boleh ada coretan atau tipeks. Atau yang lebih baik menulisnya menggunakan komputer.

Artikel terkait: Contoh dan cara membuat surat lamaran pekerjaan

Kalau kamu gak punya komputer atau tidak bisa menggunakan komputer tetapi ingin surat resignnya diketik. Maka kamu bisa meminta bantuan ke penjaga warnet untuk mengetiknya. Tentunya terlebih dahulu kamu membuat menggunakan tulisan tangan kemudian petugas warnet akan menyalin ke komputer lalu dicetak.

contoh surat resign guru, hotel, bank dan karyawan pabrik

Berikut Contoh Surat Resign Guru, Hotel, Bank dan Karyawan pabrik. Perhatikanlah susunan kalimatnya baik-baik.

Contoh surat resign Guru

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Bantul, 20 Agustus 2020

Kepada Yth. Kepala Sekolah

SMAN 1 Srandakan

di Bantul

Assalamu’alakum…wr…wb/Selamat Siang

Melalui surat ini, saya:

Nama            : Dedi Sasongko

Jabatan        : Guru ekstrakulikuler olah raga sepak bola putra

Secara resmi mengajukan pengunduran diri sebagai guru ekstrakulikuler olah raga sepak bola putra di SMAN 1 Srandakan karena saya diamanati dan diberi tugas besar oleh negara untuk menjadi asisten pelatih Tim Nasional U-16 Indonesia di bawah asuhan Indra Sjafri.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala sekolah, para guru dan anak murid saya yang selama 3 tahun mau menerima saya sebagai bagian keluarga besar SMAN 1 Srandakan, Bantul. Selain itu, saya juga meminta maaf atas segala kesalahan baik lahir maupun batin jika selama saya mengajar banyak terjadi kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Wassalamu’alaikum… Wr…Wb

Bantul, 20 Agustus 2020

Ttd

(Dedi Sasongko)

Artikel terkait: Menulis surat lamaran pekerjaan

Contoh surat resign hotel

SURAT PENGUNDURAN DIRI

                                                                                                                                                           Kota Bima, 12 Juli 2019

Kepada Yth. Bapak HRD

Hotel Lilagraha

di Kota Bima, NTB

Assalamu’alaikum…Wr…Wb

Salam sejahtera bagi kita semua

Melalui surat ini, saya yang bernama:

Nama            : Abdul Majid

Jabatan        : Satpam atau keamanan hotel

Secara resmi bersama surat ini, saya mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan sebagai satpam atau keamanan hotel karena saya telah diterima sebagai anggota polisi dan akan masuk asrama Bogor mulai tanggal 1 Agustus 2019.

Saya ucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya kepada pengelola dan teman-teman saya yang telah mau menerima saya sebagai keluarga besar Hotel Lilagraha selama 2 tahun. Selain itu, saya juga meminta maaf bila selama ini memiliki kesalahan dan kekurangan selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran ini saya buat. Selebihnya, bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Wassalamu’alaikum…Wr…Wb          

Dan salam kesejahteraan bagi kita semua

Kota Bima, 12 Juli 2019

Ttd

(Abdul Majid)

Contoh surat resign bank

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Ende, 15 Januari 2020

Kepada Yth.

HRD Manager BNI Syariah

KCP Kota Ende

Flores, Nusa Tenggara Timur

Dengan hormat,      

Melalui surat ini, saya atas nama Muhammad Sius yang menjabat sebagai Teller BNI Syariah cabang Kota Ende mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya yang telah saya emban selama 3 tahun karena alasan keluarga yang membuat saya tidak fokus dalam bekerja.

Saya mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk bekerja di BNI Syariah KCP Kota Ende. Dan tak lupa, saya juga mengucapkan permohonan maaf bila selama saya bekerja memiliki kesalahan.

Harapan saya, BNI Syariah KCP Kota Ende dapat terus berkembang dan mengalami kemajuan sehingga keberadaannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kota Ende.

Demikian surat ini saya buat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ende, 15 Januari 2020

Hormat Saya

Ttd

(Muhammad Sius)

Artikel lainnya: Macam-macam pekerjaan di dunia Jurnalistik

Contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Semarang, 21 Desember 2020

Kepada Yth. Bapak/Ibu HRD

PT Jamu Sidomuncul

di Semarang

Assalamu’alaikum… Wr…Wb

Semoga keselamatan bagi kita semua

Dengan hormat, melalui surat ini saya atas nama Yohanes Sitohang yang sedang menjabat sebagai pengawas produksi PT Sidomuncul mengajukan permohonan pengunduran diri karena masalah keluarga yang mengharuskan saya pulang dan tinggal ke Medan dalam waktu lama.

Terima kasih atas segala penerimaan pengabdian saya sebagai karyawan selama ini dan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Semoga PT Sidomuncul tetap jaya dan terus berkembang dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Demikianlah surat ini saya buat tanpa adanya keterpaksaan. Dan surat ini dapat digunakan oleh PT Sidomuncul sebagaimana mestinya.

Wassalamu’alaikum…Wr…Wb

Semarang, 21 Desember 2020

Salam Hormat

Ttd

(Yohanes Sitohang)

Nah, bila ada pertanyaan terkait contoh surat resign guru, hotel, bank dan karyawan pabrik di atas bisa ditulis di kotak komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *