Macam-Macam Pekerjaan di Dunia Jurnalistik

       

Inilah Macam-Macam Pekerjaan di Dunia Jurnalistik, Tidak Hanya Wartawan

Kegiatan kerja di dunia jurnalistik tidak hanya identik dengan wartawan saja. Tapi ada banyak bagian-bagian lain yang juga sama-sama berkontribusi dalam menciptakan produk jurnalistik.

Beberapa para pekerja yang memproduksi tayangan jurnalistik selain wartawan umumnya bekerja di belakang layar, dan jarang terekspos kamera. Berikut saya paparkan beberapa macam profesi yang ikut terlibat dalam pembuatan produk-produk jurnalistik.

1. Station Manager

Station manajer paling bertanggung jawab pada proses pembuatan produk jurnalistik secara menyeluruh. Baik dari penyiaran, marketing, teknik peliputan, sampai dengan kesejahteraan para karyawan radio.

2. Program Director

Program director bertugas dan bertanggung jawab pada mobilitas kerja orang-orang yang menjadi bawahannya. Sebagai seorang program director, harus selalu mengontrol kualitas pembuatan produk-produk jurnalistik, penjualan, dan mampu untuk mencari keuntungan.

3. Produser Acara

Produser acara bertanggung jawab pada kelancaran dan keberlangsungan sebuah acara baik live(siaran langsung) maupun recording (rekaman atau siaran ulang). Produser acara juga harus menyiapkan komponen-komponen yang ada baik dari sisi SDM maupun peralatan, dan membuat acara lebih menarik, dan penuh dengan kreativitas.

4. Music Director

Music director bertugas menyetok, memilih, maupun mengontrol lagu, dan harus mempunyai feeling atau perasaan yang kuat apakah musik tersebut cocok untuk menjadi back sound produk jurnalistik atau tidak.

Selain itu, seorang music director juga akan banyak berhadapan dengan pihak label company . Berhadapannya antara music director dan pihak label company biasanya akan banyak dihabiskan dengan permasalahan pembebasan hak cipta.

Jika hak cipta pada sebuah musik sudah dikantongi izinya oleh pihak music diretor. Maka musik tersebut sudah bisa dipakai sebagai backsound pada produk jurnalistik.

5. Bagian Produksi

Bagian produksi lebih fokus pada ruang rekaman. Karena tugasnya berhubungan dengan kreatif suara seperti pembuatan spot iklan, acara-acara rekaman yang akan diputar, dan memerlukan proses recording (perekaman), sound creatif (pembuatan suara-suara), dan lain-lain.

6. Bagian Kreatif Konten

Biasanya sering disebut juga sebagai tim kreatif. Tim kreatif ini bertugas memikirkan dan mencari ide-ide kreatif tersebut meliputi pembuatan acara-acara baru, muatan acara ( content), ide besar pada sebuah iklan maupun script iklan, dan lain-lain yang berhubungan dengan perencanaan.

7. News Achor

News achor kerap kali disebut juga sebagai pembawa acara. News achor memiliki tugas untuk membacakan materi berita di screen berjalan.

News achor merupakan tahap lanjutan yang diperoleh dari jam terbang wartawan yang sudah mendapat poin tinggi. Maka semakin tinggi nilai poin yang didapat wartawan, maka semakin tinggi pula potensi wartawan bisa cepat-cepat naik jabatan menjadi news achor.

Beberapa news achor kawakan salah satunya yaitu Karni Ilyas, dan Najwa Shihab.

Gambar. Contoh wartawan sedang menuju lokasi peliputan (Foto: Siswapedia.com)

Macam-macam pekerjaan di dunia jurnalistik selanjutnya yaitu:

8. Wartawan

Wartawan adalah orang-orang yang bekerja sebagai pencari berita langsung di lapangan. Wartawan ada yang sudah terikat dengan Dewan Pers, tapi ada juga yang belum terikat.

Wartawan memiliki tugas mencari berita secara langsung untuk kemudian diolah oleh bagian redaksi. Sedangkan untuk jenis berita “straight news”. Wartawan memiliki tugas mencari berita, sekaligus mengolahnya menjadi tayangan final yang siap di tonton.

9. Script Writter

Setelah berita mentah di dapat dari seorang wartawan. Kemudian data berita itu lalu diolah oleh bagian script

10. writter

Script writter ini tugasnya menyiapkan script liputan buat dibacakan oleh news achor pada saat sedang siaran. Baik siaran langsung maupun tidak langsung, pembacaan berita tetap berada pada panduan seorang sripct writter.

11. Offair

Ini semacan event organizer-nya program liputan jurnalistik. Bagian offair bertugas melakukan kerjasama dengan event organizer lain untuk kesuksesan sebuah acara. Baik in door (acara di dalam ruangan) maupun out door (acara di luar ruangan).

Lutfi Aminuddin

Lutfi Aminuddin merupakan kolumnis dibeberapa media lokal dan nasional. Tulisan Lutfi bisa dijumpai pada Harian Pemalang, Geotime, Hipmee, Pressiwa, Solopos, dan masih banyak yang lainya lagi. Lutfi telah mengeluarkan buku berjudul Negeri Bahagia Skandinavia tahun 2017 yang diterbitkan oleh penerbit Asrifa. Lutfi mengenyan Studi S1 nya di IAIN Purwokerto dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam. Ia juga mengambil S1 di IAIN Surakarta pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *