Jenis Media Cetak Berdasarkan Formatnya

       

Jenis Media Cetak Berdasarkan Formatnya – Media cetak bisa dibedakan dari berbagai segi. Bisa dilihat dari format dan ukurannya. Bisa dilihat dari periodisasi terbitnya, jangkauan sirkulasinya, bahasa yang digunakan, maupun segmen pembacanya. Media memiliki pembagian format yang membuatnya saling terkelompokkan.

Masing-masing pada media juga memiliki ciri tersendiri, ciri-ciri ini membuat suatu media masa terlihat unik.

Menurut buku berjudul Press Relation, Aceng Abdullah. Pembagian media berdasarkan formatnya ada empat.

Jenis Media Cetak Berdasarkan Formatnya

Berikut saya paparkan jenis media cetak berdasarkan formatnya . Bacalah dengan hikmat untuk menambah pengetahuanmu.

Format Broadsheet

Format broadsheet yakni sebuah media cetak berukuran surat kabar umum yang berukuran setengah ukuran plano. Di Indonesia hampir seluruh broadsheet berukuran sama.

Hal ini disebabkan karena kertas yang digunakan ukurannya sudah standar. Contohnya ada kesamaan antara koran milik Kompas, Suara Pembaharuan, Suara Karya, Media Indonesia, dan Republika.

Format Tabloid

Format tabloid ini berukuran setengah dari format broadsheet. Dalam sejarahnya di Amerika, format tabloid diperkenalkan untuk mereka yang selalu sibuk sehingga harus membaca koran dalam bis, atau kereta api. Para penumpang bis, atau kereta api sering mengeluh karena di tengah sesaknya penumpang sering terganggu oleh pembaca yang membuka korannya lebar-lebar.

Sebaliknya, pembaca koran pun kesusahan saat membaca korannya yang harus dibuka lebar. Dengan tabloid, orang tidak perlu lagi membuka korannya dengan amat lebar.

Tabloid yang dulu berkembang di Amerika dan negara-negara maju awalnya dikenal sebagai bacaan kuning, atau istilah lainya sering disebut sebagai yellow paper yang hanya memuat berita-berita ringan seperti aneka gosip.

Namun, perkembangan selanjutnya tidak semua demikian. Di Indonesia pun sejak lama berkembang tabloid. Namun, yang pertama kali tampil dan berkembang pesat adalah tabloid Bola.

Tabloid Bola itu awalnya merupakan bagian dari desk HU Kompas. Setelah tabloid Bola sukses kemudian memicu banyak orang-orang “latah” mengikuti jejak tabloid Bola.

Kemudian munculah beberapa tabloid lain. Sekarang ini sudah sangat banyak tabloid yang beredar di Indonesia. Salah satunya ada tabloid Nova, Citra, Bintang, Aura, Wanita Indonesia, Mutiara dan masih banyak lagi.

Format Majalah

Format majalah itu setengahnya dari ukuran tabloid, atau seperempat dari ukuran broadsheet. Menurut Mario R. Garcia dalam bukunya berjudul Newspaper Desig, selain umumnya berukuran seperempat halaman broad-sheet, pengertian majalah adalah halaman demi halaman yang diikat dengan kawat (dihekter) serta menggunakan sampul yang jenis kertasnya lebih tebal, atau lebih mengkilat dibandingkan kertas halaman dalam.

Berangkat dari pengertian itulah, majalah yang berukuran tabloid ini tidak disebut sebagai tabloid, tetapi disebut sebagai majalah. Hal ini lantaran seluruh halamannya diikat dengan kawat (dihekter) dan menggunakan sampul atau cover.

Di Indonesia terdapat beragam majalah. Mulai dari majalah anak-anak hingga majalah dewasa pun ada.

Format Buku

Kendati format buku di Indonesia belum dikategorikan sebagai media massa, namun di negeri kita sudah sejak lama dikenal adanya media massa berformat buku. Format buku ini setengah dari halaman majalah atau kira-kira seperdelapan format broadsheet.

Salah satu contoh jenis media cetak berdasarkan formatnya yaitu media masa berbentuk buku yang dikeluarkan oleh BPN Bantul yang berisi penyuluhan

Gambar. Salah satu contoh jenis media cetak berdasarkan formatnya yaitu media masa berbentuk buku yang dikeluarkan oleh BPN Bantul yang berisi penyuluhan (Foto: Siswapedia)

Contoh media masa berfomat buku yaitu intisari dan Warnasari. Dua media masa ini kelahirannya diilhami oleh majalah Reader Digest.

Hingga kini, belum ada format lain yang lebih kecil dari format buku. Kelebihan dari format buku yaitu bisa dibaca dikemudian hari. Ukurannya yang kecil membuat media berformat buku cocok-cocok saja dibaca pada saat kita sedang berdesak-desakan di transportasi umum.

Setelah membaca artikel berjudul jenis media cetak berdasarkan formatnya di atas, kami sarankan pula untuk membaca artikel kategori pengantar ilmu jurnalistik lainnya.

loading...

Lutfi Aminuddin

Lutfi Aminuddin merupakan kolumnis dibeberapa media lokal dan nasional. Tulisan Lutfi bisa dijumpai pada Harian Pemalang, Geotime, Hipmee, Pressiwa, Solopos, dan masih banyak yang lainya lagi. Lutfi telah mengeluarkan buku berjudul Negeri Bahagia Skandinavia tahun 2017 yang diterbitkan oleh penerbit Asrifa. Lutfi mengenyan Studi S1 nya di IAIN Purwokerto dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam. Ia juga mengambil S1 di IAIN Surakarta pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *