Cara Menghilangkan Jerawat Bisul Dengan Cepat dan Alami

  • Whatsapp
Cara menghilangkan jerawat bisul dengan cepat dan alami beserta makanan penghilang jerawat
Cara menghilangkan jerawat bisul dengan cepat dan alami beserta makanan penghilang jerawat

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui tentang jenis jerawat dan makanan penyebab jerawat. Jika kita mengalami masalah jerawat, kita tetap bisa kok mengatasinya.

Baik dengan perawatan sendiri di rumah, maupun dengan pengobatan oleh ahli seperti dokter kecantikan. Penasaran dengan cara mengatasi jerawat? Simak, yuk!

Cara Menghilangkan Jerawat Bisul Dengan Cepat dan Alami

  • Membersihkan wajah secara teratur

Salah satu cara untuk mengatasi jerawat adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Apalagi saat beraktivitas, wajah kita akan cenderung terkena debu, kotoran, polusi, hingga makeup. Jika nggak dibersihkan dengan baik, kotoran tersebut bisa menyumbat pori yang nantinya akan memicu munculnya jerawat. Membersihkan muka juga bermanfaat untuk menghilangkan kelebihan minyak di kulit sehingga kulit akan terasa lebih segar.

Dalam sehari, kita bisa membersihkan wajah dengan sabun muka dua kali, yaitu pada pagi hari saat bangun tidur, dan sore / malam hari setelah beraktivitas. Jika kita menggunakan makeup, alangkah lebih baik lagi jika membersihkan wajah dengan double cleansing supaya kotoran dan sisa makeup bisa bersih dengan sempurna. Sebelum mencuci wajah dengan sabun muka, bersihkan terlebih dahulu wajah dengan makeup remover maupun cleanser sesuai jenis kulit.

  • Membersihkan rambut secara rutin

Rambut juga menjadi bagian penting yang bisa memicu tumbuhnya jerawat lho. Jika rambut kita kotor dan menempel di wajah, maka bisa berisiko menimbulkan jerawat. Untuk itu, cara mengatasi jerawat nggak hanya dengan membersihkan wajah saja nih. Namun juga membersihkan rambut secara teratur menggunakan shampoo.

  • Gunakan produk makeup yang water-based dan berlabel “noncomedogenic

Cara mengatasi jerawat selanjutnya adalah menggunakan produk makeup yang berbahan dasar air. Sebaiknya, hindari produk berbahan dasar minyak karena bisa menimbulkan sensasi lengket dan berat pada kulit berminyak. Selain itu, pemilihan produk makeup dengan label “noncomedogenic” juga penting karena produk dengan label tersebut biasanya memiliki formula yang nggak berisiko menyumbat pori-pori. Sehingga, kulit akan terhindar dari masalah jerawat dan juga komedo.

  • Jangan memencet atau memecah jerawat

Saat terdapat jerawat di wajah kita, tangan kita terkadang merasa gatal ingin segera memencet atau memecah jerawat tersebut agar cepat hilang. Padahal hal ini justru malah bisa memperparah jerawat. Pasalnya, saat kita memencet jerawat, bisa saja ‘kan tangan kita nggak benar-benar bersih sehingga malah memicu lebih banyak bakteri yang menempel di wajah.

Belum lagi, memencet jerawat juga berisiko menyebabkan bakteri pada jerawat tersebut menyebar di area lain pada kulit wajah, sehingga jerawat malah jadi muncul lagi. Lagi pula, memencet jerawat bisa menyebabkan kulit teriritasi sehingga meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang.

  • Hindari kebiasaan menyentuh wajah saat tangan kotor

Saat beraktivitas, kita terkadang nggak menyadari, tangan kita habis memegang apa saja. Nggak heran jika tangan terdapat banyak kuman. Untuk itu, hindari kebiasaan menyentuh wajah apalagi saat tangan kotor. Sebab, hal ini bisa memicu timbulnya jerawat jika bakteri di tangan berpindah ke wajah.

  • Gunakan produk skincare yang khusus menangani masalah jerawat

Menggunakan skincare nggak semata-mata hanya agar wajah jadi glowing lho. Namun, banyak juga produk skincare yang beredar di pasaran yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Entah dari produk sabun cuci muka, pelembap, serum, atau acne spot. Nah, penggunaan skincare secara teratur dengan cara yang tepat bakalan membantu mengatasi masalah jerawat kok.

Yang terpenting, pilihlah skincare yang memang terjamin aman dari segi kandungannya. Oh ya, jika kita memiliki masalah jerawat yang sangat parah, alangkah baiknya konsultasikan saja ke dermatologist supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Konsumsi makanan yang sehat                     

Mengatasi masalah jerawat nggak hanya dari luar, tetapi bisa juga dari dalam nih, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah jerawat adalah sebagai berikut.

Makanan Sehat Untuk Muka Berjerawat

  • Makanan yang rendah indeks glikemik

Salah satu makanan yang dapat mengatasi jerawat adalah makanan yang rendah indeks glikemik. Makanan yang rendah indeks glikemik adalah makanan yang nggak mudah meningkatkan kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang rendah indeks glikemik dan rendah gula sederhana, dapat mencegah dan memperbaiki jerawat.

Makanan yang nggak mudah meningkatkan kadar gula darah akan membuat produksi insulin tubuh nggak berlebihan. Sehingga, kulit nggak akan memproduksi minyak berlebih yang bisa memicu jerawat. Adapun makanan yang rendah indeks glikemik antara lain:

  1. Roti gandum utuh
  2. Buah-buahan seperti apel, stroberi, pear, kiwi, dan lain sebagainya
  3. Sayuran hijau
  4. Kacang merah
  5. Buncis
  6. Beras merah.
  • Makanan yang mengandung zinc

Selanjutnya, makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi jerawat adalah makanan yang mengandung zinc. Makanan yang kaya akan zinc dapat mengurangi inflamasi (peradangan). Selain itu, menurut penelitian dari BioMed Research International Journal, mineral pada makanan dapat mengatur metabolisme tubuh dan kadar hormon. Orang yang mengonsumsi mineral seperti zinc pada makanan hingga 40 mg perhari, jerawat yang parah dapat teratasi lho.

Makanan yang kaya akan kandungan zinc adalah sebagai berikut.

  1. Biji labu
  2. Kacang mete
  3. Daging sapi
  4. Kacang-kacangan
  5. Seafood, misalnya kepiting atau tiram.
  • Makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak omega-3

Makanan untuk mengatasi jerawat berikutnya adalah yang tinggi akan antioksidan dan asam lemak omega-3. Menurut penelitian pada Lipids in Health and Disease, orang yang mengonsumsi suplemen omega-3 dan antioksidan setiap hari, mendapatkan manfaat bahwa jerawat berkurang dan kesehatan mental juga meningkat.

Selain itu, antioksidan menjadi zat kimia yang bisa menetralisir racun berbahaya di dalam tubuh. Nah, antioksidan bersama omega-3 ini mampu mengurangi inflamasi (peradangan), termasuk peradangan pada jerawat. Namun, disarankan mengonsumsi antioksidan dan omega-3 dari makanan saja, bukan dalam bentuk suplemen. Sebab, antioksidan dan omega-3 alami dari makanan akan lebih aman dan nggak menimbulkan efek samping. Makanan yang kaya akan antioksidan dan omega-3 antara lain:

  1. Berbagai jenis ikan
  2. Telur
  3. Kacang-kacangan, misalnya kacang kedelai.
  • Makanan yang mengandung probiotik

Makanan yang mengandung probiotik juga bisa mengatasi jerawat lho. Soalnya, probiotik akan meningkatkan bakteri baik yang dapat membantu mengurangi peradangan. Makanan yang mengandung probiotik antara lain:

  1. Yogurt
  2. Kefir
  3. Tempe
  4. Acar
  5. Kimchi
  6. Kombucha.
  • Makanan yang tinggi serat

Makanan yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat berikutnya adalah makanan yang tinggi kandungan serat. Serat dipercaya dapat mengurangi peradangan dan mampu menjaga kadar gula darah serta insulin tetap stabil. Hal ini tentu berkaitan dengan berkurangnya jerawat. Apalagi, makanan yang tinggi serat biasanya juga mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas dalam tubuh.

Makanan yang tinggi serat misalnya:

  1. Sayur-sayuran
  2. Buah-buahan
  3. Biji-bijian utuh.

Selain makanan dengan kandungan gizi di atas, ada juga nih makanan yang direkomendasikan dikonsumsi untuk mengatasi jerawat dan membuat kulit lebih sehat. Makanan tersebut antara lain:

  • Alpukat

Alpukat merupakan makanan yang kaya akan vitamin E dan C yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat. Kedua vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan kulit.

  • Biji bunga matahari

Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E, selenium, dan juga mineral seperti zinc yang dapat membantu mengurangi inflamasi pada kulit.

  • Brokoli

Brokoli adalah makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan karotenoid yang mampu membuat kulit lebih sehat. Selain itu, brokoli mengandung antioksidan yang bisa mencegah kulit dari kerusakan dan mengatasi inflamasi.

  • Tomat

Makanan untuk mengatasi jerawat, salah satunya juga pada tomat nih. Tomat adalah sumber vitamin C dan kaya akan kandungan karotenoid, khususnya lycopene. Kandungan ini mampu menjaga kesehatan kulit dan membantu mencegah kulit dari kerusakan.

  • Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antiperadangan berupa kurkumin. Kandungan ini mampu menstabilkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

  • Teh hijau

Teh hijau seringkali menjadi zat yang terkandung dalam produk skincare nih. Namun, teh hijau juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi jerawat. Kandungan pada teh hijau adalah polifenol yang mampu mengurangi peradangan dan menurunkan produksi minyak pada kulit. Sehingga, jerawat pun bisa tercegah dan teratasi.

Demikian ulasan tentang Cara menghilangkan jerawat bisul dengan cepat dan alami serta makanan sehat untuk muka berjerawat atau makanan yang bisa mengatasi jerawat. Intinya, mengatasi jerawat harus dengan pola hidup sehat dan juga menjaga kebersihan dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Referensi:

Rostami Mogaddam M, Safavi Ardabili N, Maleki N, Soflaee M. Correlation between the severity and type of acne lesions with serum zinc levels in patients with acne vulgaris. Biomed Res Int. 2014;2014:474108. doi:10.1155/2014/474108.

Baldwin H, Tan J. Effects of Diet on Acne and Its Response to Treatment [published correction appears in Am J Clin Dermatol. 2020 Dec 26;:]. Am J Clin Dermatol. 2021;22(1):55-65. doi:10.1007/s40257-020-00542-y.

Artikel berjudul “Anti-Acne Diet”. Diakses dari https://www.healthline.com/health/ anti-acne-diet#what-causes-it pada 12 April 2021.

Artikel berjudul “The 12 Best Foods for Healthy Skin”. Diakses dari https://www.healthline.com/nutrition/ 12-foods-for-healthy-skin pada 12 April 2021.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *