Struktur dan Fungsi Retikulum Endoplasma

Struktur dan Fungsi Retikulum Endoplasma – Sama seperti kehidupan manusia, suatu sel juga mempunyai suatu sistem berupa jalan-jalan kecil. Yang mana jalan-jalan tersebut sebenarnya adalah suatu pembuluh yang seringkali disebut dengan retiklum endoplasma.

Apabila anda mendengar kata retikulum endoplasma, anda dapat membayangkan suatu jalan raya seluler. Gambaran umum dari retikulum endoplasma ini yaitu bagaikan lembaran-lembaran surat kabar yang dilipat menjadi suatu bola kecil.

Pada permukaan retikulum endoplasma umumnya mengandung ratusan hingga ribuan informasi menarik yang tersusun daru satu paket dengan volume yang begitu kecil. Untuk menambah pemahaman anda, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Perbedaan sitosol dan sitoplasma

Struktur Dan Fungsi Retikulum Endoplasma

1. Struktur Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah sebuah organel sel yang berbentuk anyaman membran yang rumit seperti jala. Disebut retikulum endoplasma karena organel ini terletak pada daerah endoplasma, yaitu sitoplasma bagian dalam.

Struktur dari retikulum endoplasma secara kimiawi mengandung 60 hingga 70 % protein serta 30 hingga 40 % fosfolipid. Terdapat sekitar 33 macam polipeptida dengan sifat kimia serta sifat fisika yang berbeda.

Struktur dan Fungsi Retikulum Endoplasma

Fosfolipid yang telah diketahui yaitu fosfatidil kolin (55%), fosfatidil otanolamin (20 hingga 25%), fosfatidil serin (5 hingga 10% ), fosfatidilnositol (5 hingga 10%), serta sfingomielin (4 hingga 7%).

Baca juga: Pengertian, perbedaan, contoh difusi dan osmosis

Retikulum endoplasma dibedakan menjadi dua yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Retikulum endoplasma kasar merupakan membran retikulum endoplasma yang berhadapan dengan sitoplasma yang ditempeli ribosom sehingga terlihat berbintil-bintil. Sedangkan retikulum endoplasma halus merupakan retikulum endoplasma yang tidak ditempeli ribosom.

Terdapat tiga macam bentuk retikulum endoplasma, ada yang berbentuk kantong pipih (sisterna), pipa (tubulus), gelembung (vesikula) atau lembaran. REK yang berbentuk lamelar biasanya tersusun oleh beberapa kantong pipih, sedang pada REH memiliki bentuk seperti tabung atau gelembung.

Bentuk RE tubular biasanya dimiliki oleh REH karena memiliki keterkaitan dengan sifat dinamik dari retikulum endoplasma yang memiliki hubungan erat dengan gerakan membran, serta terdapat pemisahan fungsi dalam sistem membran.

Beberapa ribosom ada yang terdapat atau menempel pada retikulum endoplasma, hal tersebut terjadi karena retikulum endoplasma adalah sistem transport sel.

Ketika ribosom selesai membentuk protein, maka ribosom akan dengan segera melepaskan protein ke retikulum endoplasma yang kemudian akan membawa protein ke tempat yang membutuhkan. Dan ribosom sendiri di bentuk di dalam nukleus.

Baca juga: Bagian sel yang bersifat permeabel

2. Fungsi Retikulum Endoplasma

a. Fungsi dari Retikulum Endoplasma Kasar

retikulum endoplasma kasar memiliki beberapa fungsi untuk kelangsungan hidup suatu sel, fungsi tersebut seperti untuk mensintesa protein yang hendak di sekresi.

Kemudian berfungsi juga untuk mensintesa glikogen atau polisakarida. Untuk melakukan glikosilasi protein tertentu yang telah di sintesa. Serta berfungsi untuk melakukan sintesa lemak.

b. Fungsi dari Retikulum Endoplasma Halus

untuk retikulum endoplasma halus memiliki beberapa fungsi seperti halnya retikulum endoplasma kasar. Beberapa fungsi tersebut seperti untuk mensintesa protein yang tidak lagi di sekresi.

Untuk melakukan proses sintesa steroid yang ada pada kelenjar buntu. Untuk melakukan proses metabolisme serta transport lemak dan zat yang larut dalam lemak.

Baca juga: Tahapan pembelahan secara mitosis

Kemudian retikulum endoplasma halus juga memiliki fungsi untuk melakukan proses metabolisme glikogen. Untuk menetralkan racun atau detoksifikasi obat. Dan untuk melakukan kerja sama dengan retikulum endoplasma kasar dalam proses sintesa antibodi.

Secara umum retikulum endoplasma memiliki fungsi untuk menghasilkan, mengedarkan, serta menyimpan produk-produk sel, menampung protein yang telah di sintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke dalam kompleks golgi. Dan untuk transportasi molekul dari bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain.

Baca juga: Pengertian sel dan Struktur sel

Nah, bila ada pertanyaan terkait Struktur dan Fungsi Retikulum Endoplasma bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka:

Heryana, Nanang dan Raham Merdia. (2010). Biologi Umum. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Pujianto, Sri. (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai.

Suharsono, & Egi Nuryadin. (2018). Biologi Sel. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Sumber Gambar Retikulum endoplasma halus diperoleh dari artikel berjudul: Membranele biologice (diterbitkan tanggal 9/17/2009) oleh situs: bimogeum.ucoz.com (diakses: 9/12/2019)

Satu pemikiran pada “Struktur dan Fungsi Retikulum Endoplasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *