Contoh Kritik Dan Saran

Sebelum membahas tentang Contoh Kritik Dan Saran mari kita pahami dulu definisi atau pengertian keduanya serta hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyampaikan kritik dan saran.

A. Definisi atau Pengertian kritik

Kritik menurut KBBI adalah kecaman atau tanggapan atau kupasan yang terkadang disertai untaian dan pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.

Kalimat kritik berupa tanggapan terhadap hasil karya atau komentar terhadap objek. Kritik dapat didasari oleh setuju atau tidak setuju pendapat seseorang akan suatu hal.

Walaupun kritik cenderung bersifat negatif. Pemberian kritik terhadap seseorang disertai dengan argument membangun.

B. Definisi atau Pengertian saran

Saran menurut KBBI adalah pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk di.pertimbangkan. Kalimat saran merupakan kalimat yang berupa pendapat/solusi terhadap suatu permasalahan atau objek.

Saran bersifat membangun untuk memberikan petuah/nasehat baik. Saran sebaiknya dikemukakan dengan cara yang santun dan tidak menyinggung pihak lain.

Baca juga: Makna Konotatif, Denotatif, Gramatikal, Leksikal, Kias dan Lugas

contoh kritik dan saran

Cara menyampaikan kritik dan saran secara baik

a. Menyimak secara seksama dari awal hingga akhir. Sehingga kritik dan saran yang diberikan dapat membangun dan tepat sasaran.

Contoh:

situasi saat presentasi materi anatomi tubuh di depan kelas, ada seorang murid yang memberikan saran supaya gambar yang disajikan pada powerpoint lebih jelas karena menurutnya gambarnya kurang detail membantu menjelaskan yang sedang dipresentasikan.

b. Bahasa yang digunakan santun dan sopan.

Saat menyampaiakan kritik dan saran memilih diksi yang santun dan sopan supaya tidak menyinggung perasaan orang yang sedang diberikan kritik dan saran.

Contoh:

Dengan situasi yang sama dengan yang diatas seorang murid dapat menyampaikan sarannya seperti, presentasimu bagus namun jika gambar yang membantu menjelaskan anatomi dapat lebih jelas akan lebih membantu kami yang sedang menyimak.

Atau dapat menggunakan kalimat berikut: akan lebih membantumu dalam presentasi apabila gambarmu lebih jelas dan detail sehingga kami yang menyimak akan lebih mudah memahami.

Baca juga: Macam-macam makna

c. Diikuti fakta yang benar

Contoh:

dalam situasi diatas bahwa gambar yang disajikan di powerpoint terlalu kecil sehingga murid-murid yang sedang menyimak kesusahan melihat gambar yang dijelaskan.


d. Berikan jalan keluar.

Salah satu hal yang diperhatikan dalam penyampaikan kritik dan saran adalah menggunakan bahasa yang santun. Hal-hal yang dapat perlu diperhatikan dalam bahasa yang santun:

a. Disampaikan dengan jelas dan lugas
b. Ditunjukkan objek yang dijadikan kritikan
c. Diberikan masukan
d. Beri penilaian yang logis dan masuk akal.

Contoh: pada situasi diatas presentator diberi kritik dan saran oleh seorang murid berupa “akan lebih membantumu dalam presentasi apabila gambarmu lebih jelas dan detail sehingga kami yang menyimak akan lebih mudah memahami”.

  • Kritik dan saran tersebut menggunakan bahasa yang jelas dan lugas
  • Objek yang dijadikan kritikan adalah gambar pada powerpoint yang terlalu kecil sehingga tidak jelas dilihat oleh murid lainnya yang menyimak
  • Masukan yang disampaikan adalah presentator dapat menggunakan gambar lain yang lebih jelas supaya murid-murid dapat lebih mudah melihat gambar yang ditunjukkan
  • Hal yang disampaikan merupakan hal yang masuk akan dan logis karena objek yang ditujukkan keresahan yang dirasakan murid sebagai penyimak.

Bagaimana cara menyampaikan kritik yang membangun ?

a. Kritikan tidak ditujukkan karena adanya masalah pribadi.

Kritikan yang disampaikan merupakan kritikan terhadap objek suatu permasalahan bukan subjek pada suatu permasalahan.

Contoh: pada situasi yang sama kritikan tertuju pada objek di presentasi bukan pada pribadi presntator. Kritikan yang ditujukan kepada pribadi presentator dapat berupa presentasimu jelek, prentasimu tidak jelas. Hal-hal tersebut yang harus dihindari supaya menjadikan kritikan yang disampaikan berupa kritikan yang membangun.

b. Alasan diberikannya kritikan.

Kritikan yang disampaikan dengan tujuan memberi masukan untuk memperbaiki objek yang dikritik.

Contoh: kritik yang disampaikan pada situasi diatas didasari alasan murid-murid yang menyimak presentasinya kurang dapat memahami karena penjelasan anatomi tubuh manusia akan lebih mudah apabila dibantu dengan gambar yang jelas.

c. Menggunakan metode sandwich.

Maksud dari menggunakan metode sandwich adalah sandwich terdiri dari lapisan-lapisan, misal terdiri dari lapisan roti, ham, dan roti. Pada metode sandwich dapat diterapkan dengan bentuk pujian, kritikan, dan pujian.

Hal ini digunakan untuk mengurangi perasaan tersinggung bagi yang diberikan kritikan.

Baca juga: Contoh surat izin sakit

Contoh: pada kalimat ini, presentasimu bagus namun jika gambar yang membantu menjelaskan anatomi dapat lebih jelas akan lebih membantu kami yang sedang menyimak.

  • Pada bagian pertama diberikan pujian dahulu yaitu presentasimu bagus
  • Bagian kedua, kritikan berupa jika gambar yang membantu menjelaskan anatomi dapat lebih jelas
  • Bagian ketiga, membantu kami yang sedang menyimak.

d. Saat memberikan kritikan berupa masukan

Kritikan yang membangun adalah kritikan yang berupa masukan bukan instruksi. Instruksi berkesan memerintah seseorang. Cara menyampaikan kritikan yang baik berupa kritikan yang membangun.

Contoh: presentasimu bagus namun jika gambar yang membantu menjelaskan anatomi dapat lebih jelas akan lebih membantu kami yang sedang menyimak.

Kalimat diatas merupakan contoh kalimat kritikan. Jika hal ini diubah menjadi kalimat intruksi berupa: gambar dalam presentasimu seharusnya lebih jelas, tidak terlihat jelas.

Dengan penggunaan kalimat intruksi kritikan menjadi kalimat yang tidak santun.

e. Jangan menggurui

Saat menyampaikan kritikan dengan kalimat yang tidak menggurui. Sama halnya tidak mengkritik dengan tidak instruksi.

f. Sampaikan kritikan di waktu yang tepat

Menyampaikan kritikan disaat waktu dan situasi tepat, seperti contohnya saat diskusi dan diberi kesempatan untuk memberikan kritik dan saran maka saat itu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik dan saran.

Jangan menyampaikan kritik dan saran disaat presentasi masih disampaikan oleh presentator. Ketika seorang menyampaikan kritik dan saran di waktu yang tidak tepat akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan tidak sopan.

Baca juga: Bagian-bagian surat resmi

g. Spesifik dengan hasil yang diinginkan.

Contoh: pada kritikan kasus diatas, hasil yang ingin dicapai adalah gambar yang jelas supaya seluruh murid yang menyimak memahami materi yang sedang disampaikan presentator di depan kelas.

h. Bicara dan dengarkan

Ketika memberikan kritik dan saran kepada orang bicarakan dengan bahasa yang santun, begitu pula sebaliknya. Ketika seseorang memberikan kritik dan saran kepada diri maka dengarkan kritik dan saran yang diberikan orang lain untuk diri.

Kritik dan saran yang disampaikan apabila masuk akal dan logi dapat diterima guna memberbaiki diri supaya lebih baik.

Baca juga: Contoh surat resmi

C. Contoh Kritik Dan Saran

Contoh kalimat kritik, saran serta kritik dan saran

  • Contoh Kalimat kritik : gambar yang kamu pilih terlalu kecil
  • Contoh Kalimat saran : seharusnya kamu memilih gambar yang lebih besar agar mudah dilihat
  • Contoh Kalimat kritik dan saran : gambar yang kamu pilih kecil, seharusnya pilih gambar yang lebih besar agar mudah dilihat.

Nah, bagaimana apa ada pertanyaan terkait Contoh Kritik Dan Saran di atas? untuk contoh kritik dan saran yang lebih lengkap akan kami bahas di halaman tersendiri.

Daftar pustaka

https://brainly.co.id/tugas/3732505 diakses pada Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 22.50 WIB

https://kbbi.web.id/kritik diakses pada Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 23.15 WIB

https://denbaguseshin.wordpress.com/2013/08/27/kritik-dan-saran/ diakses pada Sabtu, 9 November 2019 pukul 11.50 WIB

https://www.finansialku.com/cara-memberikan-kritik/ diakses pada Sabtu, 9 November 2019 pukul 12.50 WIB

https://kinibisa.com/artikel/detail/project-management/subdetai/listening-supporting-giving-constructive-criticism/read/5-cara-menyampaikan-kritik-yang-baik-tanpa-menyinggung-orang diakses pada Sabtu, 9 November 2019 pukul 21.30 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *