Usus Besar Beserta Struktur dan Fungsinya

Usus Besar Beserta Struktur dan Fungsinya – Apabila dilihat secara makroskopis, usus besar ini dibagi menjadi 6 bagian utama, keenam bagian tersebut secara histologis sangat sulit untuk dibedakan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait usus halus, struktur, fungsi, ataupun bagian bagiannya, maka anda perlu menyimak artikel berikut.

Pengertian Usus Besar

Usus besar atau yang biasa juga disebut kolon merupakan organ pencernaan lanjutan dari usus halus yang mempunyai fungsi sebagai penyerapan makanan yang tidak dapat diserap dalam usus besar.

Usus besar atau kolon juga bisa menyerap garam mineral serta air sehingga bisa mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Baca juga: Gangguan pencernaan pada manusia

Dengan adanya penyerapan air tersebut, maka usus besar juga mempunyai peran dalam pembentukan konsistensi feses baik cair maupun padat. Untuk diameter usus besar sendiri sekitar 6 cm dengan panjang sekitar 1,5 meter.

Untuk sisa-sisa makanan yang melewati usus besar kemudian berakhir pada bagian rektum sebagai muara dari usus besar (anus).

Usus Besar Beserta Struktur dan Fungsinya

Struktur Pada Usus Besar

1. Lapisan Serosa

Adalah lapisan yang paling luar yang tersusun atas pembuluh darah, saraf, serta limfe. Untuk lapisan serosa di usus besar yaitu berupa jaringan ikat yang tertutup peritoneum visceral. Pada lapisan serosa mempunyai rongga-rongga kecil sebagai tempat keluarnya cairan serosa yang fungsinya sebagai pelumas gerakan otot.

2. Lapisan Otot

Pada usus besar, lapisan otot adalah lapisan otot polos yang kerjanya tanpa anda sadari. Pada lapisan otot ini terdapat gerakan peristaltik usus yang memiliki fungsi memecah makanan dan membawanya pada organ pencernaan berikutnya.

3. Lapisan Submukosa

Merupakan lapisan jaringan ikat longgar yang isinya pembuluh darah, saraf, limfe, serta kelenjar lendir. Pembuluh darah pada lapisan submukosa memiliki peran yang begitu penting ketika mengedarkan makanan.

4. Lapisan Mukosa

Lapisan ini terdiri atas sel epitel sederhana serta jaringan ikat tipis. Pada lapisan mukosa mempunyai sel goblet yang bisa menghasilkan lendir.

Baca juga: Bagian usus halus dan fungsinya

Fungsi Usus Besar atau Kolon

1. Menyerap cairan maupun garam mineral dari makanan yang sudah melewati usus besar.

2. Untuk menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit dengan penyerapan air pada saluran pencernaan.

3. Sebagai tempat untuk memproduksi vitamin K yang memiliki fungsi sebagai salah satu komponen pembekuan darah.

4. Dengan lendir yang terdapat di dalam usus besar maka dapat melindungi saluran pencernaan dari infeksi bakteri.

5. Dapat menyeimbangkan pH makanan dengan berbagai cara seperti dengan menghasilkan alkali sehingga keasaman makanan bisa diatur.

6. sebagai tempat menyimpan limbah serta pengeluaran kotoran yang tidak di intsruksikan .

Baca juga: Enzim pencernaan amilase, protease dan lipase

Bagian yang terdapat pada usus besar

1. Sekum atau Caecum

Adalah bagian paling pertama dari usus besar dengan bentuk seperti kantong. Dikatakan juga bahwa sekum merupakan gabungan dari ileum dengan bagian pertama dari usus besar.

2. Kolon Asenden

Adalah kolon dengan bentuk vertikal yang memanjang  ke atas yang dimulai dari dasar perut sebelah kanan hingga ke hati.

3. Kolon Tranversum

Adalah kolon lanjutan dari kolon asenden yang mempunyai bentuk horizontal. Kolon tranversum menempel pada bagian perut. Untuk fungsi utamanya yaitu menyempurnakan penyerapan nutrisi dari makanan serta membantu dalam memadatkan feses.

4. Kolon Desenden

Desenden adalah lanjutah dari kolon tranversum yang geraknya memanjang ke bawah dan berakhir pada kolon sigmoid.

5. Kolon Sigmoid

Merupakan lanjutan dari kolon desenden, mempunyai ukuran yang pendek dengan bentuk seperti huruf S dan terletak pada sisi bawah perut.

6. Rektum

Adalah bagian paling terakhir dari usus halus, struktur berupa lapisan mukisa yang kaya akan pembuluh darah. Sebagai tempat menyimpan feses yang kemudian di sekresikan keluar.

Nah, bila ada pertanyaan terkait usus besar beserta struktur dan fungsinya bisa di tulis di bawah ini.

Daftar Pustaka

Heryana, Nanang dan Rahma Mardia. (2010). Biologi Umum. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Pujianto, Sri. (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *