Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

  • Whatsapp
Tips Memilih Kacamata sesuai bentuk wajah
Tips Memilih Kacamata sesuai bentuk wajah

Pada artikel tips memilih kacamata ini, kita akan membahas tentang cara mengetahui kacamata yang cocok dengan bentuk wajah dan faktor apa saja yang membuat kacamata menjadi tidak enak dipakai.

Seperti yang kita tahu bahwa kacamata, selain sebagai alat yang membantu pengelihatan bagi penderita rabun mata, tapi juga dapat sebagai aksesoris wajah yang dapat memunculkan suatu kesan bagi penggunanya.

Tentu bagi kita menginginkan sebuah kacamata yang mampu memberi kesan positif bagi penampilan wajah kita misalnya kesan pintar, feminim, cool, wajah proporsional dsb, bukan malah sebaliknya. Maka, penting untuk mengetahui kacamata seperti apa yang cocok untuk kita.

Tips memilih frame kacamata

Cara memilih frame kacamata harus kita sesuaikan dengan bentuk wajah kita. Perhatikan, saran pemakaian terbaik berikut ini.

1. Kacamata untuk wajah bulat

Orang yang memiliki lebar dan panjang wajahnya sama, maka wajahnya akan terlihat bulat. Oleh karena itu hindari menggunakan kacamata yang lensanya berbentuk melengkung dan bulat agar wajah tidak semakin terlihat bulat.

Kacamata yang cocok untuk wajah berbentuk bulat yaitu yang framenya berbentuk kotak persegi dengan garis tebal dan model retro style wayfarer. Ini akan memberi kesan tegas dan mengurangi bentuk bulat.

Kacamata untuk wajah bulat

2. Kacamata untuk wajah kotak atau persegi

Bentuk wajah yang memiliki lebar tulang pipi dan rahang yang sama akan membuat wajah menjadi terlihat kotak. Sangat tidak disarankan menggunakan frame berbentuk kotak karena akan menambah kesan kotak di wajahnya.

Orang yang memiliki wajah persegi atau kotak lebih disarankan menggunakan kacamata yang framenya berbentuk bulat atau melengkung seperti model kacamata bulat dan vintage cat eye.

Kacamata untuk wajah kotak atau persegi

3. Kacamata untuk wajah lonjong atau oval

Orang yang memiliki wajah lonjong, lebar tulang pipinya lebih lebar daripada rahang dan dahinya. Wajah lonjong menunjukkan keseimbangan wajah yang sempurna sehingga cocok menggunakan kacamata dalam bentuk apapun.

Nah, yang perlu diperhatikan hanyalah lebar framenya saja. Jangan sampai lebar frame lebih kecil daripada lebar wajah sehingga akan membuat sakit di sisi kanan-kiri kepala akibat jepitan dari kacamata.

Begitu juga apabila lebar wajahnya kecil, jangan membeli kacamata yang lebih lebar daripada wajahnya sehingga menutupi wajah.

Model kacamata yang bisa dipakai antara lain cat eyes, wayfarer dan oversized round.

Kacamata untuk wajah lonjong atau oval

4. Kacamata untuk wajah segitiga

Orang yang memiliki bentuk wajah dengan tulang pipi dan rahang yang lebih lebar daripada kening, kita sebut sebagai wajah berbentuk segitiga.

Kacamata yang cocok untuk bentuk wajah segitiga ini yakni kacamata yang frame bagian atasnya dibuat lebih tebal daripada bagian bawahnya. Tujuannya supaya dahi terlihat agak lebar sehingga lebih proporsional. Model seperti ini dinamakan sebagai kacamata cat eyes atau mata kucing.

Kacamata untuk wajah segitiga

5. Kacamata untuk wajah hati

Wajah berbentuk hati memiliki ciri yaitu dahi lebih lebar daripada tulang pipi dan dagu. Apabila kamu memiliki ciri ini, sangat disarankan menggunakan kacamata yang frame bagian bawahnya tebal dengan harapan lebarnya frame ini bisa menutupi penyempitan pada tulang pipi dan rahang.

Selain itu pilihlah ganggang kacamata yang posisinya agak di atas sehingga tampilan kacamatanya agak ke bawah sehingga menutupi pipimu yang menyempit. Model kacamata yang cocok yaitu aviator, rimless dan Jackie Oh by Rayban.

Tips Memilih Kacamata sesuai bentuk wajah hati

Cara mengukur kacamata sesuai bentuk wajah di atas bisa menjadi masukan bagi kamu yang hendak membeli kacamata.

Faktor yang membuat tidak nyaman saat menggunakan kacamata

1. Memilih kacamata yang tidak sesuai resep dokter

Seseorang yang baru menggunakan kacamata biasanya akan merasakan pusing selama satu minggu pemakaian. Mata membutuhkan waktu adaptasi untuk bisa menerima kacamata yang digunakan.

Apabila masih pusing setelah satu minggu pemakaian berarti ada yang salah dengan pembelian kacamatanya. Bisa jadi kacamata tidak sesuai dengan resep dokter mata atau resepnya yang salah.

2. Adanya penyakit bawaan

Penyakit bawaan yang dapat membuat tidak nyaman saat menggunakan kacamata antara lain penyakit mata juling, iritasi mata dan peradangan.

3. Lebar Front frame atau bingkai tidak pas

Memilih ukuran kacamata itu harus disesuaikan dengan lebar wajah. Jika kacamata terlalu sempit, maka dapat menekan sisi kanan dan kiri kepala sehingga dapat menyebabkan sakit kepala atau iritasi kulit.

Selain itu pada bend yaitu bagian dari temple yang melengkung apabila tidak memilih yang pas, maka dapat membuat iritasi atau tidak naman pada belakang daun teliga.

Baca juga: bagian komponen kacamata

Demikian pembahasan singkat terkait tips memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah dan hal-hal apa saja yang membuat rasa tidak nyaman saat menggunakan kacamata. Apabila ada saran dan kritik bisa ditulis di bawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *