Bagian-Bagian Kacamata

  • Whatsapp
Bagian-bagian kacamata dan cara membersihkan kacamata dengan benar
Bagian-bagian kacamata

Bagian-bagian Kacamata dan cara membersihkannya – Kacamata merupakan benda yang pastinya tidak asing bagi kita terutapa bagi penderita rabun jauh dan rabun dekat. Bagi penderita rabun dekat, mata mereka tidak bisa fokus melihat benda yang jaraknya dekat sehingga memerlukan lensa plus. Sedangkan pada penderita rabun jauh, mata mereka tidak bisa fokus melihat benda pada jarak yang jauh sehingga perlu bantuan lensa minus.

Selain untuk membantu pengelihatan, benda yang satu ini juga berfungsi sebagai bagian dari penunjang penampilan seseorang. Orang yang berkacamata bisa terlihat lebih cantik, lugu, cerdas, rajin atau pintar. Namun apakah kamu tahu bagian-bagian kacamata itu?

Baca juga: Mata manusia dan kacamata

Alangkah baiknya, kita mengetahui komponen kacamata ini supaya menambah wawasan kita terkait benda yang tidak asing di kehidupan kita.

Daftar Isi

Bagian-bagian kacamata

  1. Bagian front frame merupakan bagian yang paling lebar dan mudah terlihat dari sebuah kacamata. Front frame terdiri dari beberapa bagian kecil yaitu eyewire/rim,  bridge, guard arm, nosepad dan End Pieces atau shield. Pada bagian ini, lensa mata dijepitkan agar tidak terjatuh. Dengan kata lain, frame berfungsi sebagai bingkai lensa mata. Selain itu frame juga berfungsi sebagai nosepad terutama bagi kacamata yang tidak memiliki nosepad.
  2. Sepasang eyewire/Rim yang berfungsi menahan lensa supaya tidak jatuh ke bawah.
  3. Nosepad merupakan bagian yang fungsinya menyangga bagian frame agar tidak terjatuh. Cara kerjanya yakni dengan menyantolkan kedua nosepad kanan dan kiri ke batang hidung.
  4. Lensa merupakan bagian yang paling utama yaitu membantu memfokuskan sinar yang masuk ke dalam mata sehingga bagi orang yang mengalami rabun bisa melihat objek dengan jelas.
  5. Temple merupakan tangkai yang terdapat pada bagian kiri dan kanan sehingga kita bisa mengaitkan kacamata ke daun telinga.
  6. End Pieces atau shield merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat meletakkan engsel pada frame sehingga memungkinkan temple bisa ditekuk atau dilipat.
  7. Engsel meruapakan bagian yang berfungsi agar temple bisa dilipat.
  8. Bridge atau Bar Bridge merupakan bagian yang berfungsi  menghubungkan kacamata bagian kiri dan kanan.
  9. Guard arm merupakan sepasang tangkai berukuran kecil tempat dipasangya nosepad.
  10. Ear pieces merupakan bagian ujung dari end pieces yang dibuat agar memberi kenyamanan ketika kacamata kita kaitkan ke daun telinga.
  11. Baut berukuran kecil untuk menghubungkan atau merekatkan bagian-bagian dari kacamata.
  12. Bend merupakan bagian dari temple yang melengkung.
  13. Shaft atau shank merupakan juga bagian dari temple yang lurus dimana biasanya dibuat untuk menulis merk kacamata.

Cara Membersihkan Lensa Dengan Benar

Untuk membersihkan lensa mata bisa dilakukan dengan tiga cara berikut ini.

  1. Bilaslah kaca dengan air mengalir. Kamu dapat menggunakan air kran yang ada di rumahmu. Jangan mengusap lensa pada saat belum dibersihkan dengan air mengalir. Hal ini dapat menyebabkan permukaan lensa menjadi rusak karena partikel-partikel debu akan bergesekan dengan permukaan lensa saat kamu melakukan menggosoknya dengan kain.
  2. Berilah sedikit sabun cuci piring di masing-masing lensa kemudian diamkan sebentar. Lalu gosok perlahan agar sabun menjadi merata. Setelah itu dibersihkan dengan air mengalir hingga bersih.
  3. Jangan membersihkan lensa menggunakan alkohol dan kapas. Tapi gunakanlah sabun cuci dan kain katun yang bersih.
  4. Setelah lensa bersih dan kering. Simpanlah di wadah kotak agar tidak terkena debu.

Jika kamu punya uang berlebih. Pembersihan kacamata bisa dilakukan di tempat servis yang biasanya menggunakan alat pembersih ultrasonik sehingga hasilnya lebih optimal.

Baca juga: Cara mengetahui kacamata yang cocok dengan bentuk wajah

Nah, demikian penjelasan singkat tentang bagian-bagian kacamata dan cara membersihkan lensa dengan benar yang bisa menjadi tambahan pengetahuan buat kamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *