Sejarah HAM di Indonesia

Kisah sejarah HAM di Indonesia bukan berasal atau diadopsi dari kisah-kisah bangsa lain melainkan berasal dari pengalaman bangsa Indonesia sendiri. Pengalaman yang ditulis dengan tinta darah perjuangan terjadi pada saat masa penjajahan Belanda maupun Jepang. Pada saat itu, hak-hak yang melekat pada masyarakat Indonesia banyak yang diabaikan sehingga yang ada hanyalah tindakan-tindakan tak bermanusiawi.

Bukan hanya itu, bila dilihat dari sejarah peradaban manusia, ternyata dapat diketahui bahwa tidak semua manusia itu beradap dan mampu menghargai manusia yang lain. Sebagian manusia tega melakukan kekerasan, mengganggu, merusak dan membunuh manusia yang lainnya yang tentu saja ini merupakan pelanggaran terkait hak asasi manusia. Jika ini dilakukan dalam skala kelompok ataupun negara, maka ini akan menjadi sebuah bentuk penjajahan. Dimulai darisinilah sejatinya sejarah hak asasi manusia itu.

Perjuangan HAM di Indonesia pertama kali dilakukan yaitu pada masa pra-kemerdekaan yang dilakukan oleh Raden Ajeng Kartini, 40 tahun sebelum Indonesia merdeka. Info ini diperoleh berdasarkan tulisan-tulisan RA. Kartini dalam bentuk surat yang berisi pemikirannya tentang pentingnya penegakan HAM di Indonesia (Baca juga: Macam-Macam HAM).

Lalu, bagaimana sejarah HAM di Indonesia pasca kemerdekaan?

Sejarah HAM di Indonesia pasca kemerdekaan dapat kita bagi menjadi tiga masa atau periode yaitu masa orde lama, masa orde baru dan masa reformasi.

A. Sejarah HAM di Indonesia pada masa Orde Lama

Perjuangan HAM pada masa ini dilakukan saat sidang BPUPKI dimana dua tokoh pada saat itu yaitu Mohammad Hatta dan Mohammad Sukiman membela HAM agar masuk dalam pembentukan UUD 1945. Namun pada akhirnya hanya sebagian saja penjabaran terkait HAM di UUD 1945. Penjabaran lengkapnya baru akan ada di Konstitusi RIS dan UUDS 1950.

B. Sejarah HAM di Indonesia pada masa Orde Baru

Pada masa ini, HAM dianggap sebagai pemikiran ala barat yang penerapannya perlu dibatasi. Akibatnya, meskipun pada 1993 ada lembaga Komnas HAM, kinerjanya dalam menegakan HAM di Indonesia tidak bisa bekerja dengan baik akibat adanya pengaruh politik.

C. Sejarah HAM di Indonesia pada masa Reformasi

Pada masa reformasi, penegakan HAM di Indonesia mulai digalakkan. Ini bisa dilihat dari dokumen-dokumen baru yang berisi tentang HAM sebagai bentuk penyempurnaan terhadap dokumen yang lebih lama. Misalnya adanya amandemen UUD 1945, Berbagai pasal di bawahnya juga di amandemen. Selain itu juga ada berbagai ketetapan pemerintah yang menjelaskan tentang HAM. Anda bisa membacanya lebih lengkap di artikel berjudul Hak Asasi Manusia di Indonesia.

[color-box]Cahyati AW dan Warsito Adnan, Dwi.2010. Kewarganegaraan 1. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
Yuliastuti, Rima dkk. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional dari PT. Penerbit Percada.[/color-box]

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *